Cara Menanam Sengon Yang Baik Dan Benar

Cara menanam sengon yang baik dan benar sanggup dilakukan dengan gampang dan salah satu hal yang sangat diharapkan yakni modal dan tekat yang niat lalu perhatikan juga proses penanaman dan perawatannya. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara menanam sengon yang baik dan benar maka anda sanggup menyimak info berikut ini.


 yang baik dan benar sanggup dilakukan dengan gampang dan salah satu hal yang sangat diperluka Cara Menanam Sengon Yang Baik Dan Benar
Budidaya pohon sengon atau albasia sanggup menunjukkan laba besar yang sangat menjanjikan.

Salah satu jenis tanaman pohon yang sering dimanfaatkan kayunya guna pembuatan banyak sekali macam furniture yakni tumbuhan pohon sengon atau yang juga disebut dengan albasia. Jenis kayu dari jenis pohon sengon ini rupanya mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dan hal ini tentunya membuka peluang yang sangat besar bagi petani sengon. Pohon kayu ini bisa tumbuh sehat dengan ketinggian yang mencapai 30 – 45 meter dan adapun ukuran diameter batangnya sebesar 70 – 80 cm.


Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa kayu sengon sanggup diolah menjadi beberapa furnitur atau perabotan rumah tangga dan bahkan kertas yang ada di sekeliling anda pun dibentuk dari tumbuhan pohon sengon ini. Kaprikornus prospek akan budidaya sengon sangatlah menguntungkan alasannya sekali panennya tentu penghasilan dari penjualannya juga sangat tinggi. Belum lagi pada setiap tahunnya, jumlah kebutuhan akan sengon sanggup mencapai 500.000 m3.


Menyiapkan Bibit Sengon


 yang baik dan benar sanggup dilakukan dengan gampang dan salah satu hal yang sangat diperluka Cara Menanam Sengon Yang Baik Dan Benar
Menyemai biji sengon pada polybag kecil. Satu polybag diberi satu biji sengon.

 yang baik dan benar sanggup dilakukan dengan gampang dan salah satu hal yang sangat diperluka Cara Menanam Sengon Yang Baik Dan Benar
Bibit pohon sengon atau albasia.

Untuk menanam pohon sengon ini memang dibutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran. Didalam tehnik pembudidayaan pohon sengon memakai biji diharapkan jumlah biji yang sanggup diadaptasi dengan luas lahan yang digunakan. Agar nantinya biji lebih cepat berkecambah maka anda harus merendam benih atau biji sengon tersebut pada air mendidih dalam waktu 15 – 30 menit. Jika sudah maka dinginkan selama 1 hari didalam air dingin.


Lokasi Yang Tepat Untuk Sengon


Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam proses penanaman sengon ini yakni lokasi sengon. Sebaiknya anda memakai lokasi yang darat serta mempunyai sumber air yang sangat terjangkau. Anda juga harus memastikan bahwa kondisi tanah pada lahan tersebut sangat subur serta terbebas dari kandungan tanah liat. Usahakan untuk menentukan lahan yang lokasinya dengan dengan jalan angkut, hal ini biar memudahkan jalan masuk jalan pada ketika proses pengangkutan di masa panen nanti.


Mempersiapkan Lahan Sengon


Sebelum proses penanaman sengon dilakukan tentunya anda harus mempersiapkan lahan tanam terlebih dahulu. Pertama anda sanggup membersihkan lahan biar terbebas dari gangguan yang sanggup menghambat pertumbuhan pohon sengon menyerupai rumput atau hama dan lain sebagainya. Jika sudah maka gemburkan lahan dengan cara membajak atau juga mencangkul. Hal ini dilakukan biar struktur tanah menjadi lebih baik.


Proses Penanaman Sengon


 yang baik dan benar sanggup dilakukan dengan gampang dan salah satu hal yang sangat diperluka Cara Menanam Sengon Yang Baik Dan Benar


Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu menciptakan ajir tanam dengan memanfaatkan bambu atau juga kayu. Ajir ini nantinya berfungsi untuk memudahkan proses penanaman bibit sengon jadi tidak perlu lagu mencari lokasi peletakkan bibit alasannya sudah diberi tanda atau ajir terlebih dahulu. Setelah itu buatlah lubang dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm. Lalu anda sanggup memindahkan biji dari daerah persemaian ke daerah penampungan bibit yang lalu dipindah lagi pada daerah penanaman sengon. Cara pemindahan ini harus dilakukan dengan sangat hati hati biar tidak terjadi kerusakan pada bibit sengon.


Proses Perawatan Sengon


 yang baik dan benar sanggup dilakukan dengan gampang dan salah satu hal yang sangat diperluka Cara Menanam Sengon Yang Baik Dan Benar
Perawatan pada pohon sengon harus terus dilakukan biar sanggup tumbuh maksimal dan menghasilkan kayu sengon yang berkualitas.

Agar pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan pohon sengon ini sanggup berjalan dengan lancar maka anda harus melaksanakan proses perawatan yang baik dan benar. Adapun beberapa perawatan yang sanggup dilakukan yakni penyulaman, penyiangan, pemangkasan, pendangiran, dan penjarangan. Penyulaman yakni proses mengganti tumbuhan sengon yang kondisinya lemah atau bahkan mati dengan tumbuhan sengon yang sehat. Penyiangan yakni proses pembasmian tumbuhan yang berada disekitar sengon biar tidak menghambat tumbuh kembangnya. Kemudian ada pemangkasan yang memotong bab cabang sengon yang tidak lagi berfungsi. Pendangiran yakni proses penggemburan tanah biar struktur tanah kembali baik. Dan yang terakhir yakni penjarangan yaitu penebangan pohon sengon untuk menambah ruang.


Proses Panen Sengon


Hal yang paling dinantikan tunggu oleh petani sengon yakni proses panen sengon. Pohon sengon sudah sanggup dipanen ketika usianya sudah mencapai 5 – 7 tahun. Pada usia yang sudah mencapai 7 tahun tersebut, kayu sengon sudah sanggup dipakai untuk menjadi alat pertukangan serta diolah menjadi kertas. Proses penebangan sengon juga sanggup dilakukan dengan memakai 3 tehnik yaitu tehnik takik balik, tehnik arah rebah, dan tehnik takik rebah.


Itulah beberapa info yang sanggup anda ketahui dari cara menanam sengon yang baik dan benar. Kini bila anda mempunyai modal yang cukup, jangan lagi resah untuk melarikan modal anda tersebut alasannya dengan membudidayakan sengon ini anda pun sanggup meraih untung yang besar. Terlebih bila anda juga mempunyai ikatan kerja dengan perusahaan pembuat perabotan rumah. Hal tersebut juga sanggup berjalan dengan tepat apabila proses penanaman pohon sengon dilakukan dengan tepat dan salah satu hal yang harus diperhatikan juga yakni proses perawatannya biar hasil panen sengon nantinya lebih menguntungkan.


Silahkan kunjungi situs kami di bibitbunga.com.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Sengon Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar