Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot

Salah satu jenis buah yang mempunyai warna menonjol dan menarik serta mempunyai bentuk yang paling unik ialah buah naga. Dilihat dari namanya saja sudah terlihat unik, buah yang mempunyai rasa enak ini mempunyai beberapa varian, ada buah naga yang daging buahnya berwarna merah tua, merah mudakuning, putih dan lain sebagainya. Khasiat dari buah naga ini sangatlah banyak yaitu mempunyai kegunaan untuk kesehatan badan dan juga kecantikan. Buah naga juga sanggup diolah menjadi beberapa makanan enak dan juga minuman segar. Untuk mendapat buah naga tidaklah susah, Anda sanggup menemukannya di beberapa toko buah terdekat Anda hingga swalayan atau minimarket sekalipun.


 yang mempunyai warna menonjol dan menarik serta mempunyai bentuk yang paling unik ialah  Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot
Buah naga merah.

Harga jual 1 buahnya saja sangat tinggi sanggup mencapai 12ribu per buah dan hal ini sanggup menjadi peluang besar bagi para petani buah terlebih kalau jumlah undangan di pasaran pun semakin meningkat. Namun, bagi Anda yang sekedar ingin mempunyai tumbuhan buah naga sendiri di rumah Anda sehingga Anda tidak perlu membelinya lagi dan hanya tinggal memetik saja maka Anda sanggup membudidayakannya dengan memakai pot. Cara menanam buah naga dalam pot sangatlah gampang dan Anda bagi Anda yang masih pemula jangan kuatir gagal lantaran ulasan kali ini akan membantu Anda untuk mengetahui pribadi bagaimana proses penanaman dan perawatannya. Bagi Anda yang sudah ingin tau dan segera ingin tahu maka pribadi saja simak ulasan di bawah ini.


Persiapan Sebelum Proses Tanam


Menyediakan Pot


Pertama sediakanlah pot sebagai wadah untuk menanam buah naga baik itu pot yang dibuat dari materi semen, tanah liat, plastik, atau bahkan drum bekas yang kemudian dipotong. Namun untuk mendapat hasil yang optimal maka sebaiknya Anda memakai pot yang terbuat dari tanah liat biar tumbuhan menjadi lebih ideal. Hal tersebut dikarenakan tumbuhan buah naga memerlukan perubahan suhu yang sangat drastis dari waktu pagi hingga malam hari pada ketika memasuki proses pembungaan. Dan ukuran pot yang akan dipakai ialah pot yang berukuran besar, semakin besar ukuran pot yang dipakai maka semakin baik pula pertumbuhan tumbuhan buah naga ini. Setidaknya ukuran pot minimal sekitar 40 cm.


Menyediakan Tiang Panjatan


Kedua sediakanlah tiang panjatan yang nantinya akan dipakai untuk menopang tumbuhan buah naga tersebut biar tidak roboh. Kaprikornus nanti tiang panjatan tersebut akan dililit oleh akar udara yang nantinya berfungsi untuk menopang dari beberapa cabang yang produksinya berat sehingga penggunaan tiang panjatan ini harus dibuat atau dipilih dari materi dasar yang kuat juga. Tapi hal yang harus diperhatikan ialah besar atau berat dari tiang panjatan yang kuat atau kokoh juga harus diubahsuaikan dengan pot yang dipakai dan jangan hingga pot yang dipakai tidak sanggup menahan tiang panjatan, jadi harus seimbang. Sebaiknya Anda memakai tiang panjatan yang dibuat dari materi dasar besi beton dengan ukuran diameter yang mencapai 8 – 10 cm.


 yang mempunyai warna menonjol dan menarik serta mempunyai bentuk yang paling unik ialah  Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot
Tiang panjatan buah naga sebaiknya terbuat dari beton biar benar-benar kuat menopang tumbuhan buah naga yang nantinya tumbuh besar.

Anda sanggup juga dengan memakai tiang panjatan yang terbuat dari balok kayu yang sangat kuat serta tahan usang lantaran nantinya usia dari tumbuhan buah naga ini sendiri sanggup mencapai puluhan tahun. Untuk ukuran tinggi tiang panjatan sanggup dipilih atau dibuat dengan ukuran sekitar 150 – 200 cm dan juga harus diubahsuaikan kembali dengan ukuran pot. Jika sudah menemukan tiang panjatan yang sesuai dengan kriteria maka kemudian Anda sanggup menambahkan kaki-kaki yang berfungsi sebagai penahan atau penguat tiang biar tidak gampang digoyahkan. Jika memakai tiang yang terbuat dari besi beton maka bab dasarnya sanggup diberi aspal supaya nantinya tidak gampang berkarat. Pada bab atas tiang ditambahkan piringan yang bentuknya ibarat stir kendaraan beroda empat guna sebagai penyangga cabang cabang dari tumbuhan buah naga yang masih produksi dan biasanya cabang tersebut jumlahnya banyak.


Menyediakan Media Tanam


Langkah yang ketiga sehabis menyediakan pot dan juga tiang penyangganya yaitu menyediakan media tanam yang sangat kuat penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan buah naga tersebut. Beberapa media tanam yang dibutuhkan ialah tanah, pasir, kompos, dan pupuk sangkar dengan memakai perbandingan 1 : 2 : 1 : 3. Anda juga sanggup menambahkan bubuk dari watu bata merah dengan jumlah secukupnya dan tambahkan juga dolomit atau kapur pertanian dengan jumlah 100 gram dan kemudian dicampur dengan keseluruhan materi tersebut. Jika sudah selesai maka siramlah seluruh media tanam tersebut dengan memakai air hingga kondisinya nanti menjadi jenuh dan sehabis itu gres diamkan media tanam tersebut selama 1 hari 1 malam.


Menyediakan Bibit Buah Naga


Hal yang terakhir yang paling penting yang harus Anda persiapkan ialah menyediakan bibit buah naga. Mengapa pemilihan bibit itu penting? Hal tersebut dikarenakan bibit akan tumbuh dengan kualitas yang tinggi dan tentu akan menurunkan sifat dari induknya kalau saja bibit yang dipakai ialah bibit yang sehat dan terbebas dari hama atau penyakit. Jika yang ditanam ialah bibit yang kondisinya kurang baik maka Anda akan kesulitan untuk menumbuhkannya dan materi bibit tersebut tidak akan tumbuh dan justru mati.


 yang mempunyai warna menonjol dan menarik serta mempunyai bentuk yang paling unik ialah  Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot
Pemilihan bibit buah naga menjadi salah satu penentuan baik tidaknya kualitas tumbuhan buah naga yang nantinya akan tumbuh. Kaprikornus disarankan biar menentukan hibrida yang sehat, kuat dan segar.

Maka sangat disayangkan sekali kalau Anda bekerja lebih keras lagi hanya lantaran salah menentukan jenis bibit yang unggul. Oleh alasannya ialah itu, diawal sebelum proses tanam berlangsung, Anda harus menyediakan bibit buah naga terlebih dahulu. Untuk bibit buah naga yang unggul sebaiknya Anda pilih dengan ukurannya yang besar dan berasal dari batang yang usianya tua. Pilihlah bibit yang mempunyai warna hijau renta agak keabu-abuan dan tentunya harus sehat serta terbebas dari segala jenis hama dan juga penyakit. Ukuran panjang bibit yang ideal ialah 30 cm minimalnya. Bibit buah naga yang unggul tentunya diperoleh dari cara menyemai buah naga yang benar.


Proses Penanaman Bibit Buah Naga


Pilih bibit yang sesuai dengan kriteria di atas dan kemudian tanam di sekitar tiang panjatan yang lebih awal dibenamkan dengan memakai ukuran kedalaman sekitar 10 cm. Jangan memakai ukuran kedalaman yang terlalu dalam biar tidak menyebabkan tumbuh kembang buah naga menjadi kurang bagus. Jika sudah ditanam maka media tanam sanggup ditekan kembali biar nantinya bibit tidak roboh. Setelah itu, lakukanlah penyiraman pada media tanam dengan memakai air dan letakkanlah pot pada kawasan yang terbuka namun tidak terkena intensitas cahaya secara langsung.


Proses Pemeliharaan Tanaman Buah Naga


Hal yang harus diperhatikan dan sangat penting ialah proses pemeliharaan tumbuhan buah naga. Untuk merawat tumbuhan buah naga di pot dan di ladang tidak jauh berbeda dan proses yang dilakukan juga sama yaitu mulai dari pemupukan, penyiraman, hingga pemangkasan cabang yang tidak lagi digunakan.


 yang mempunyai warna menonjol dan menarik serta mempunyai bentuk yang paling unik ialah  Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot


Hal yang harus diperhatikan kembali yaitu diperhatikan bab cabang tumbuhan yang harus melekat dengan tiang secara baik sehingga benar benar tidak akan gampang roboh. Dan untuk menguatkannya, Anda sanggup mengikatkan batang tumbuhan buah naga tersebut pada tiang penyangga dengan memakai tali atau juga kawat yang kemudian dibuat menjadi angka 8. Namun pengikatan ini juga dihentikan dilakukan dengan kencang biar nantinya tidak merusak bab batang tumbuhan buah naga tersebut dan seiring dengan pertumbuhannya maka cabang dari tumbuhan buah naga ini akan tumbuh membesar.


Itulah beberapa info yang sanggup Anda ketahui mengenai cara menanam buah naga dalam pot. Cara dan proses penanamannya tentu sangat sederhana terlebih kalau memakai wadah pot sehingga Anda akan lebih gampang ketika hendak mempraktikkannya. Tehnik perawatannya pun tidak sulit dan Anda sanggup memakai waktu senggang Anda untuk memperhatikan tumbuhan buah naga dalam pot yang Anda miliki. Sebagai tips, biar tumbuhan buah naga Anda cepat berbuah, Anda sanggup membacanya dalam artikel kami yang berjudul cara menanam buah naga biar cepat berbuah.


Tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja, namun tumbuhan buah naga dalam pot juga sangat menarik dan sanggup dijadikan sebagai hiasan rumah. Jadi sangat menguntungkan sekali kalau Anda mencoba untuk menanamnya. Menanam buah naga sendiri lebih menghemat pengeluaran ketika hendak mengonsumsinya ketimbang hanya membeli saja secara langsung. Terlebih kalau kita tahu bagaimana proses penanaman, perawatan, hingga masa panennya datang maka barulah Anda sanggup meluaskan budidaya Anda tersebut yang awalnya dimulai dari memakai pot sanggup saja diluaskan lagi memakai ladang.


Selain buah naga, kami juga menyediakan aneka tumbuhan buah lainnya. Silahkan lihat banyak sekali produknya disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot"

Posting Komentar