Bentuk-Bentuk Sikap Garang

Mengenai bentuk-bentuk agresif, banyak pendapat yang berbeda di kemukakan oleh para andal Baron dan Byrne 1997 menyatakan bahwa sikap bernafsu sanggup dibedakan menjadi dua yaitu: bernafsu fisik dan bernafsu verbal. Agresif fisik yakni sikap bernafsu yang dilakukan dengan cara melukai atau menyakiti badan. Adapun bernafsu lisan yakni bernafsu yang dilakukan dengan mengucapkan kata-kata kotor ataukasar.

Sears, Freedman dan Peplau membagi bernafsu menjadi tiga jenis yaitu bernafsu anti sosial, bernafsu pro sosial, bernafsu sanksi.

Perilaku Agresif
Agresif anti sosial yakni bernafsu yang terdiri dari perbuatan kriminal yang punya alasan terang dan melanggar norma-norma sosial ibarat membunuh, menyerang dan perkelahian antar geng atau perbuatan yang melanggar norma sosial. Agresif prososial yakni bernafsu yang didasari oleh norma-norma sosial atau aturan ibarat seorang hakim menjatuhi eksekusi penjara pada seorang tersangka. Agresif hukuman yakni bernafsu yang tidak diharuskan dalam norma sosial tapi tidak melanggar, contohnya seorang yang memukul orang lain dengan maksud untuk mempertahankan diri.

Bentuk sikap bernafsu berdasarkan Deluh dalam penelitiannya dia memakai bentuk sikap bernafsu yang umum yang digambarkan dalam bentuk sebagai berikut:
a.  Menyerang secara fisik
b.  Menyerang dengan kata-kata
c.  Mencela orang lain
d.  Mengancam, melukai orang lain
e.  Permusuhan, perampokan
f.  Bersorak-sorak, berteriak-teriak atau bicara keras pada ketika yang tidak pantas.


Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bentuk-Bentuk Sikap Garang"

Posting Komentar