Apkah Statistika Dan Statistik Itu Sama ???



          Ditinjau dari asal kata, statistika berasal dari bahasa latin, yaitu “status” atau “statista” yang mempunyai arti “negara”. Sebab, istilah statistika pada mulanya diartikan sebagai kumpulan angka-angka mengenai hal-hal yang berkaitan dengan negara, contohnya : jumlah penduduk, mobilisasi rakyat dalam angkatan bersenjata, penarikan pajak dan pembayaran upah buruh. Pada era ke-17 dan ke-18 ada tiga peristilahan yang bersaing, yaitu : political arithmetic, publisistika dan statistika. Namun, pada pertengahan era ke-18 dari ketiga istilah tersebut yang masih bertahan ialah istilah statistika, maka istilah itu yang dipakai hingga sekarang.
          Sejalan dengan perkembangan zaman istilah statistika tidak hanya dipakai untuk kepentingan negara saja, tetapi mulai banyak dipakai diberbagai bidang kehidupan termasuk aktivitas penelitian di bidang pendidikan, pertanian, ekonomi, sosial, kedokteran, farmasi, biologi, fisika, teknik, antropologi dan psikologi.
          Dari hasil penelitian tersebut, sering diminta adanya laporan berupa suatu uraian atau klarifikasi mengenai dilema yang diteliti. Data yang telah terkumpul baik berupa angka, gambar dan uraian kata terlebih dahulu dipelajari, dianalisis atau diolah menurut pengolahan tersebut barulah dibentuk klarifikasi atau kesimpulan.
          Prosedur ini ternyata membutuhkan adanya pengetahuan tersendiri yang biasanya dinamakan statistika. Dengan demikian, statistika ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari cara mengumpulkan, mengolah, menyajikan, serta menganalisis data dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh dengan tujuan untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif.
          Sedangkan, statistik merupakan terjemahan dari “statistic” dalam bahasa Inggris yang sanggup diartikan sebagai data, angka, tabel, grafik yang menggambarkan suatu persoalan. Misalnya: statistik pertanian, statistik pendidikan, statistik penduduk, statistik ekspor-impor dan statistik pendapatan penduduk.

Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Apkah Statistika Dan Statistik Itu Sama ???"

Posting Komentar