5 Software Terkenal Untuk Arsitek Indonesia

Arsitek sebagai perancang bangunan kegiatannya identik dengan menggambar. Namun bukan sembarang gambar yang dihasilkan namun gambar yang siap dibangun oleh pelaksana baik oleh mandor maupun kontraktor.

Untuk menggambar desain bangunan, arsitek di Indonesia ketika ini sudah sangat jarang memakai mesin gambar ala zaman dahulu. Mesin gambar manual yang cukup rumit hari ini sudah tergantikan software komputer yang lebih simple, cepat dan efektif.

Para pengembang software berlomba-lomba membuat agenda CAD (Computer Aided Design) untuk memudahkan para perancang menyerupai arsitek dalam mewujudkan gagasannya baik dalam bentuk 2D maupun 3D plus animasi.

Berikut ini merupakan formasi software yang sering digunakan oleh para arsitek di Indonesia dalam mewujudkan ide-idenya, simak hingga terakhir.

1. Sketch Up

 Arsitek sebagai perancang bangunan kegiatannya identik dengan menggambar 5 Software Populer untuk Arsitek Indonesia
Sketch Up

Google pernah membeli hak dari perangkat lunak ini, perangkat lunak kini menjadi terkenal dan banyak digunakan oleh arsitek maupun desainer interior dalam mengerjakan proyek.

Sketch Up memungkinkan pengguna dengan cepat dan gampang membuat desain bangunan dalam bentuk 3D. Meskipun fitur yang tidak terlalu canggih menyerupai seakan-akan perangkat lunak lain, namun Sketch Up disukai berkat pertolongan sumber daya model 3D online yang bisa diakses secara gratis.

Dengan kehadiran Plugin komplemen pada sketchup, kini perangkat lunak ini menjadi salah satu aplikasi favorit para arsitek. Sketch Up juga bisa dipadukan dengan perender Vray yang bisa membuat hasil modeling terlihat begitu realistis dengan imbas material dan pencahayaan yang mendekati asli.

Perangkat lunak ini juga merupakan yang terbaik bagi para siswa yang mencari perangkat lunak yang sanggup menghasilkan desain 3 dimensi dalam waktu singkat dan untuk orang-orang gres memulai karier arsitektur mereka.

Official Site : http://www.sketchup.com/

2. Archicad

 Arsitek sebagai perancang bangunan kegiatannya identik dengan menggambar 5 Software Populer untuk Arsitek Indonesia
Archicad

Sebuah perangkat lunak all-in-one (satu untuk semua) yang sanggup digunakan dalam mengerjakan proyek-proyek 2D maupun 3D. Dapat digunakan oleh desainer pemula dan mahasiswa arsitektur.

Software ini pada dasarnya sangat user friendly (mudah dipakai). Dengan hanya satu aplikasi ini, desainer pemula dan arsitek sanggup dengan gampang memaksimalkan kinerja dalam menggambar.

Archicad juga mempunyai hampir semua fitur aplikasi yang tidak dimiliki perangkat lunak lain. Namun yang paling penting yang dimiliki Archicad yaitu efisiensi dalam merancang.

Selain itu, software ini juga banyak digunakan dalam distributor arsitek di luar negeri alasannya yaitu efisien dan cepat. Hasil kerja yang sinkron antara 2d dan 3d yang sulit dikerjakan aplikasi lain. Koleksi library juga banyak dan beberapa situs online menyediakannya secara gratis.

Official Site : https://www.myarchicad.com

3. AutoCAD Architecture

 Arsitek sebagai perancang bangunan kegiatannya identik dengan menggambar 5 Software Populer untuk Arsitek Indonesia
AutoCAD

Nah, kalau yang satu ini yaitu software yang biasa digunakan oleh para arsitek profesional dalam mendesain, alasannya yaitu software ini sangat cocok dan bisa memenuhi kebutuhan para arsitek profesional.

Disamping itu, juga alasannya yaitu efisiensi dan kelebihan-kelebihan lain yang tidak dimiliki software pesaingnya. Salah satunya dalam menggambar detail yang rumit dengan akurasi yang tinggi serta terukur.

Dalam hal membuat gambar 2D yang sangat diharapkan kontraktor maupun tukang di lapangan, AutoCAD lah jagonya. Gambar yang dihasilkan sangat teliti dan detail, sehingga bisa eksklusif diproduksi di lapangan.

Official Site : https://www.autodesk.com/products/autocad/

4. Revit Architecture


Perangkat lunak ini juga sangat sesuai dengan kebutuhan arsitek dan para perancang. Aplikasi ini sanggup memudahkan para desainer untuk membuat desain berkualitas tinggi yang akurat.

Software ni merupakan solusi terbaik jikalau kita mencari fungsi dalam aplikasi yang cepat, gampang dan efisien tentunya.

Official Site : https://www.autodesk.com/products/revit/architecture

5. 3D Studio Max

 Arsitek sebagai perancang bangunan kegiatannya identik dengan menggambar 5 Software Populer untuk Arsitek Indonesia
3DS Max

3DS Max sejatinya yaitu agenda untuk membuat modeling 3D super detail dan realistik. Meskipun fungsi utamanya bukan hanya pada bidang arsitektur, namun hasil 3D yang maksimal membuat para perancang meliriknya.

3DS Max juga merupakan salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan kini ini, alasannya yaitu beberapa alasan menyerupai penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa untuk animasi, modelling, rendering, dan games serta plugin untuk desain arsitektur yang banyak.

Official Site : https://www.autodesk.com/products/3ds-max/

Nah, demikianlah 5 formasi software yang terkenal dan sering digunakan oleh para arsitek di Indonesia. Jika kau yaitu seorang arsitek yang menginginkan hasil gambar yang maksimal, kau wajib mencoba salah satu software tersebut.

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "5 Software Terkenal Untuk Arsitek Indonesia"

Posting Komentar