4 Cara Cerdas Melacak Laptop Yang Hilang

Tidak ada orang yang mau kehilangan laptop. Selain kerugian finansial, spAcer juga berisiko kehilangan seluruh data berharga yang ada di dalamnya. Terlebih kalau kau tidak pernah melaksanakan backup data sebelumnya, kau niscaya akan pribadi merasa panik dan tak tahu harus berbuat apa. Kabar baiknya, kau bisa melacak laptop kau yang hilang, spAcer. Jangan pribadi berputus asa, ya.


Lacak IP Address Menggunakan Gmail atau Dropbox


Apabila laptop kau dicuri orang, kau bisa memakai Gmail atau Dropbox untuk melacak IP address sang pencuri laptop. Ketika kau melaksanakan login ke Gmail atau Dropbox melalui komputer mana pun, maka kau juga masuk ke IP address yang digunakan. Kedua layanan tersebut pun akan menampilkan IP address terakhir yang dipakai oleh akun kamu.


Tidak ada orang yang mau kehilangan laptop 4 Cara Cerdas Melacak Laptop yang Hilang


Pada Gmail, kau bisa menemukannya di bab kanan bawah bertuliskan “Details”. Sedangkan, pada Dropbox, kau bisa segera masuk ke bab Settings > Security. Apabila sang pencuri memakai laptopmu, IP address yang tercatat kemungkinan merupakan milik mereka dan kau bisa melacak keberadaannya.


Baca Juga: Tips Mengatasi Laptop yang Tersiram Air


Prey


Cara selanjutnya untuk melacak laptop yang hilang ialah dengan memakai aplikasi Prey. Agar aplikasi ini sanggup bekerja, kau harus melaksanakan install terlebih dulu. Kamu bisa install secara gratis, tetapi kau hanya akan mendapat tiga fitur utama Prey. Jika memang cocok, pribadi saja upgrade ke paket personal dengan biaya sekitar Rp 67.000 per bulan atau paket home seharga Rp 200.000 per bulan.


Saat laptop hilang, Prey yang telah ter-install akan memperlihatkan notifikasi begitu terhubung ke koneksi internet. Cara install-nya sangat mudah. Pertama, kau harus membuka website Prey di http://preyproject.com melalui laptop kamu. Lalu buat akun biar bisa login. Jika sudah, pilih sajian “Add New Device” dan tentukan jenis perangkat yang ingin kau lindungi.


Tidak ada orang yang mau kehilangan laptop 4 Cara Cerdas Melacak Laptop yang Hilang


Selanjutnya, install program Prey yang diunduh pada laptop. Buka aktivitas tersebut dan pilih Existing User jika sudah punya akun. Secara default, Prey akan memperlihatkan update tentang posisi laptop selama sepuluh menit sekali. Namun, kau sanggup mengubah pengaturan Prey Configuration dan menetapkan jangka waktu update pelacakan lokasi dalam hitungan menit. Sekarang, laptop kau sudah mempunyai GPS biar aman, spAcer!


Baca juga: Memahami Tren Laptop Tipis di Industri Gadget


Lojack for Laptop


Sama menyerupai Prey, kau juga perlu melaksanakan install aplikasi Lojack pada laptop biar nantinya beliau bisa pribadi bekerja kalau laptop dicuri. Setelah sukses install Lojack, perangkat lunak laptop akan segera terkunci di BIOS yang kompatibel. Tidak hanya melacak posisi laptop yang hilang, Lojack juga akan mengirimkan tim penyidik untuk mendapat kembali laptop kamu. Jika Lojack tak berhasil menemukannya, mereka akan membayar ganti rugi sampai sekitar Rp 13 juta.


Tidak ada orang yang mau kehilangan laptop 4 Cara Cerdas Melacak Laptop yang Hilang


Di samping melaksanakan pelacakan, Lojack pun bisa menjaga data dan dokumen yang ada di laptop kau secara aman. Jadi, pencuri laptop tak akan bisa menghapus data dan dokumen yang ada dalam drive laptop kamu. Jika berminat langganan aplikasi Lojack, kau perlu menyiapkan uang sekitar Rp 198 ribu untuk langganan per tahunnya.


LockItTight


Aplikasi satu ini memungkinkan kau untuk melacak posisi laptop sekaligus memata-matai orang yang mencuri laptop kamu. Dengan begitu, kau pun bisa menemukan lokasi sang pencuri secara mudah. Kamu bahkan bisa melaksanakan screen capture semua kegiatan pencuri dengan memakai webcam yang tertanam pada laptop, termasuk melihat situs apa saja yang beliau buka dari laptop kamu.


Tentunya kau harus melaksanakan install terlebih dulu, spAcer. Kamu bisa install secara gratis, tetapi kau hanya akan mendapat saluran ke lima fitur utama. Jika ingin mendapat fitur lengkap, kau hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 26 ribu per bulannya untuk berlangganan.


Tidak ada orang yang mau kehilangan laptop 4 Cara Cerdas Melacak Laptop yang Hilang


Segera install aplikasi-aplikasi di atas ya, spAcer. Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga dan mempersiapkan diri. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? Jika laptop mendadak hilang, jangan pernah mengalah untuk mendapatkannya kembali. Keempat cara tersebut sanggup membantumu melakukannya.


Baca juga: Pawbo, Perangkat Menyenangkan untuk Hewan Peliharan kamu!



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "4 Cara Cerdas Melacak Laptop Yang Hilang"

Posting Komentar