Teknologi Biometrik : Pengertian, Jenis Dan Kekurangan Serta Kelebihannya

Makin hari teknologi merupakan salah satu hal yang makin murah. Hal ini disebabkan lantaran banyak hal salah satunya ialah persaingan pasar. Persaingan pasar yang makin ketat menimbulkan orang berlomba-lomba membuat teknologi gres yang akan mempermudah hidup menjadi cepat berganti. Hal ini menimbulkan tren teknologi yang sudah pernah diciptakan menjadi cepat berganti dan menyebabkannya menjadi makin murah. Untuk salah satu teknologi komputer terkini yang sangat terkenal dan banyak diidam-idamkan ialah teknologi sensor biometrik. Apa itu? Bagaimana fungsinya? Apa kelebihan dan kekurangannya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa itu teknologi biometrik sensor?

Teknologi biometrik sensor merupakan teknologi yang sangat terkenal belakangan ini. Hal ini disebabkan lantaran teknologi ini membuat hidup menjadi lebih mudah. Selain menjadi lebih mudah, hidup dan proses digital menjadi semakin kondusif dengan penggunaan sensor ini. Sensor biometrik merupakan sensor yang akan dipakai untuk mengenali bagian-bagian badan insan tertentu. Biasanya penggalan badan yang dipakai ialah penggalan badan yang tidak sama antara satu orang dengan orang yang lainnya. Manusia memang mempunyai banyak penggalan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya sehingga dapat dipakai sebagai identitas. Mulai dari tampilan wajah, mata dan juga sidik jari dapat di anggap sebagai identitas yang dimiliki oleh setiap manusia. Identitas inilah yang lalu dimanfaatkan sebagai pengenalan digital sehingga otorisasi menjadi semakin aman.

Ada cukup banyak perusahaan dan juga produk yang ketika ini memakai teknologi biometrik untuk sensor ini. Hal ini merupakan salah satu kemajuan yang sangat pesat. Salah satu benda yang lekat pada hidup kita dan memakai sensor berteknologi tinggi ini ialah smartphone. Smartphone merupakan sebuah benda yang sangat pribadi. Oleh lantaran itu sekarang ada banyak produk smartphone yang memakai teknologi ini sehingga lebih aman. Lebih kondusif dalam artian bebas dibajak, dimainkan orang lain yang tidak diinginkan atau bahkan kondusif dari kehilangan. Jika anda memakai ponsel yang mempunyai sensor biometrik dan hilang, maka orang yang menemukannya tidak akan dapat mengubah settingan yang ada di ponsel anda dengan mudah. Hal ini memudahkan bagi anda yang ingin melacak keberadaan ponsel tersebut. Ketika ponsel tidak dapat dimatikan dan juga dioperasikan dengan cara yang lain, maka akan lebih gampang bagi anda untuk melaksanakan pelacakan terhadap ponsel anda. Hal ini akan sangat memudahkan bagi anda untuk dapat menemukan ponsel anda kembali.

Makin hari teknologi merupakan salah satu hal yang makin murah Teknologi Biometrik : Pengertian, Jenis dan Kekurangan serta Kelebihannya

Jenis sensor biometrik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis sensor biometrik yang dapat kita gunakan. Hal ini disebabkan lantaran badan insan dibentuk memang tidak sama satu dengan yang lainnya. Hal ini menimbulkan ada banyak jenis sensor biometrik yang dapat ditemukan atau dimanfaatkan untuk pengenalan atau otorisasi. Apa saja jenis sensor biometrik tersebut? Mari simak ulasan berikut ini.

Sensor pengenalan wajah
Salah satu sensor yang sangat terkenal dipakai untuk seonsor biometrik ialah sensor pengenalan wajah. Sensor pengenalan wajah merupakan sebuah sensor yang memanfaatkan penampilan wajah anda sebagai alat untuk otorisasi. Wajah satu orang dengan orang lain mungkin saja mirip. Apalagi ketika anda mempunyai kembaran. Akan tetapi meskipun ada kemiripan niscaya akan ada yang membedakan antara satu individu dengan yang lainnya. Contohnya ialah jarak antara alis satu dengan alis yang lain dan masih banyak lagi lainnya. Ya untuk rekognisi wajah yang akan di gunakan ialah ukuran-ukuran dan juga titik niscaya pada wajah anda. Sayangnya untuk pengenalan wajah ini merupakan salah satu jenis sensor biometrik yang sulit untuk di gunakan. Mengapa? Karena wajah mempunyai banyak ekspresi. Ketika referensi pengenalan yang kita buat mempunyai mulut yang berbeda dengan mulut kita ketika ini, maka perangkat yang dikunci dengan memakai sensor pengenalan wajah akan sulit untuk dibuka.

Sensor pengenalan iris
Salah satu identitas yang kita miliki sebagai seorang manusa ialah iris. Meskipun tampak sama, iris satu orang dengan orang yang lainnya berbeda. Hal inilah yang menimbulkan iris dapat dipakai sebagai salah satu alat untuk pengenalan atau otorisasi. Kelebihan yang dimiliki oleh pengenalan dengan memakai iris ialah posisi pastinya. Iris insan tidak akan berubah ketika kita berubah posisi. Hal ini menimbulkan pengenalan dengan memakai iris mempunyai resiko kesalahan yang lebih kecil. Sayangnya iris insan merupakan salah satu penggalan dari badan yang hidup. Ketika seseorang meninggal iris yang dimilikinya akan berubah dan tidak sama dengan irisnya ketika hidup. Hal inilah yang dapat menjadi salah satu kakurangan dari jenis sensor biometrik ini.

Sensor pengenalan sidik jari
Yang terkahir dan yang paling banyak dipakai sebagai biometrik sensor ialah sidik jari. Sidik jari merupakan salah satu identitas yang kita miliki. Pengenalan sidik jari merupakan salah satu jenis sensor yang paling banyak dipakai lantaran murah, murah dan juga beresiko rendah. Hal ini membuat teknologi ini menjadi teknologi komputer unik terbaru yang paling populer.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Teknologi Biometrik : Pengertian, Jenis Dan Kekurangan Serta Kelebihannya"

Posting Komentar