Retak Rambut Pada Beton : Penyebab Dan Solusinya

Retak rambut pada beton biasanya diamati ketika beton gres jadi dan kemunculannya disebabkan oleh fenomena susut material beton itu sendiri. Sesuai namanya, retakan ini sangat kecil, sekitar 0,003 inci (0,08mm) lebarnya dan sangat dangkal (hanya permukaan).

Retak rambut pada beton biasanya diamati ketika beton gres jadi dan kemunculannya disebabkan Retak Rambut pada Beton : Penyebab dan Solusinya
Retak Rambut pada Beton : Penyebab dan Solusinya

Penyebab Retak Garis Rambut di Beton

Penyebab utama di balik timbulnya keretakan garis rambut pada beton ialah susut plastis yang menipiskan kelembaban dari beton segar dalam kondisi plastisnya.

Penyebab keretakan ini sanggup muncul lantaran faktor suhu udara, suhu beton, kelembaban relatif dan kecepatan angin pada permukaan beton. Faktor-faktor ini sanggup menjadikan tingkat penguapan yang tinggi baik dalam cuaca panas maupun dingin.

Faktor-faktor lain yang mempercepat kemungkinan retaknya garis rambut ialah :

  • Kehilangan air lantaran perembesan oleh tanah dasar, bekisting atau agregat.
  • Pengikatan dan sedimentasi
  • Kelalaian dalam pengerjaan yang buruk
  • Reaksi kandungan Alkali-Agregat.
  • Jenis dan isi semen Portland dan materi semen pemanis (fly ash, silica fume, dll.)
  • Jenis dan tingkat takaran pencampuran materi kimia.
  • Operasi konstruksi menyerupai operasi screeding dan finishing.


Pencegahan Retak Rambut pada Beton

Ada banyak metode dan teknik untuk mencegah retak jenis ini jikalau terjadi kehilangan kelembaban yang cepat lantaran cuaca panas dan angin pada beton.

  • Penggunaan nozel kabut untuk menjenuhkan udara di atas permukaan berton.
  • Penggunaan terpal plastik untuk menutupi permukaan antara finishing akhir.
  • Penggunaan pemutus angin untuk mengurangi kecepatan angin
  • Pelindung matahari untuk mengurangi suhu permukaan.
  • Pemrosesan tanah dasar dan bekisting
  • Memastikan bahwa kelebihan air dihilangkan sebelum menempatkan beton.
  • Menerapkan penghambat penguapan yang sanggup disemprotkan.
  • Gunakan serat mikro dalam adonan beton untuk meningkatkan kapasitas tarik beton
  • Memulai proses pengawetan sesegera mungkin sesudah selesai.


Perbaikan Retak Garis Rambut di Beton

Langkah-langkah yang dilakukan dalam perbaikan retak rambut pada beton ialah sebagai berikut:

1. Membersihkan Retak

Ini merupakan langkah pertama dan terpenting dalam perbaikan retakan garis rambut pada beton. Pemeriksaan retakan dilakukan dan jikalau ada minyak atau noda yang menembus retakan dan mengubah warna beton, noda harus diatasi sebelum memperbaiki retakan.

2. Pemilihan Sealant

Sealant ialah materi pengisi yang menembus ke dalam celah. Sealant yang ideal harus mempunyai tegangan permukaan rendah dan viskositas rendah. Dua karakteristik ini memungkinkan cairan sealer menembus jauh ke dalam celah beton.

Bahan-bahan perbaikan retak untuk beton sering kali ialah nat semen yang dimodifikasi polimer, gala silikon atau lateks, atau epoksi. Semen yang dimodifikasi polimer ialah materi khas yang dipakai untuk mengisi lubang kecil dan lubang pada beton selama pembuatan. Jika sanggup retak terjadi sebelum beton dicor, materi ini sering merupakan materi yang dipakai untuk memperbaikinya.

3. Aplikasi Sealant

Sealer yang dipilih diterapkan pada retakan dengan memakai alat pembersih karet dan / atau dalam kombinasi dengan rol. Proses aplikasi harus dilakukan setidaknya 5-10 menit untuk memastikan penetrasi sealant masuk ke dalam celah.

4. Pengeringan (Curing)

Curing yang sempurna harus dipastikan untuk menuntaskan pengerasan sealant. Semakin hangat suhunya, semakin cepat pengeringannya, jikalau diturunkan suhunya, semakin usang waktu yang dibutuhkan.

5. Tindakan pencegahan

Memperbaiki keretakan garis rambut sanggup jadi sulit lantaran menciptakan hilang retakan tersebut membutuhkan keterampilan, kesabaran, latihan dan mata yang anggun untuk pencocokan warna. Salah satu definisi dari retakan garis rambut ialah retakan yang belum dibuka.

Itu berarti, ada sangat sedikit ruang untuk mengisinya dengan apa pun kecuali cairan dengan viskositas sangat rendah. Karena sebagian besar retakan rambut pada beton tidak memengaruhi integritas struktural, mengisi dan menyembunyikan retakan ialah tujuan utama perbaikan ini.

Demikianlah mengenai Retak Rambut pada Beton, Penyebab dan Solusinya. Semoga sanggup membuka wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih.
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Retak Rambut Pada Beton : Penyebab Dan Solusinya"

Posting Komentar