Perbedaan Lantai Homogeneous Tile (Ubin Homogen) Dengan Ubin Keramik

Dewasa ini pilihan material epilog lantai semakin banyak. Bahan menyerupai keramik mungkin sudah sangat sering kita jumpai sebagai epilog lantai. Namun pernahkah Anda mengenal jenis lantai homogeneous tile ? Mari kita bandingkan kedua material ini.

Ubin Homogen (Homogeneous Tile)

Ubin homogen dianggap sebagai materi lantai terkuat yang tersedia secara komersial ketika ini. Ubin ini juga dikenal sebagai ubin porselen atau ubin porselen tanpa glasir. Terdiri dari materi ubin khusus dan tanah liat, ubin homogen dibuat pada suhu panas tinggi sampai 1500 derajat celcius.

Dewasa ini pilihan material epilog lantai semakin banyak Perbedaan Lantai Homogeneous Tile (Ubin Homogen) dengan Ubin Keramik
Homogeneous tile vs ceramic tile via ownself.me

Proses pemanasan yang besar lengan berkuasa menciptakan ubin homogen besar lengan berkuasa dan tahan air, itulah sebabnya mereka sebagian besar dipakai dalam proyek pemasangan ubin dan renovasi ubin. Ubin homogen paling baik dipakai untuk tujuan jangka panjang lantaran tidak menawarkan gejala kerusakan atau  jawaban pemakaian dibandingkan dengan keramik.

Dewasa ini pilihan material epilog lantai semakin banyak Perbedaan Lantai Homogeneous Tile (Ubin Homogen) dengan Ubin Keramik
Homogeneous vs ceramic kezcreative.com

Keunggulan Homogeneous Tile

  • Berikut ialah Keunggulan Homogeneous Tile (Ubin homogen) dengan Ubin Keramik :
    Dengan tingkat peresapan air yang jauh lebih rendah dan kepadatan yang lebih tinggi, Homogeneous tile terang merupakan ubin yang lebih keras dibandingkan dengan ubin Keramik, dan alhasil lebih tahan lama.
  • Permukaannya bisa dipoles kembali supaya reflektif bersinar menyerupai cermin, sementara keramik hanya bisa diglasir untuk membuatnya mengkilap dan lebih tidak tahan usang dibandingkan dengan permukaan yang dipoles.
  • Seluruh potongan homogeneous tile dibuat oleh materi yang sama dan oleh lantaran itu sanggup dibuat lingkaran (chamfer) di pecahan samping, tanpa menawarkan materi yang berbeda di bawah ubin, sementara lantai keramik terbuat dari tanah liat merah dengan lapisan tipis "pewarnaan" di permukaan. Merapikan tepi keramik akan memunculkan warna dasar merah di bawah glasir.
  • Jika terjadi kerusakan lantaran benda yang jatuh, Homogenous tidak akan meninggalkan garis retak besar dan tidak akan menawarkan materi / warna yang berbeda di bawah permukaan
  • Di antara 2 materi ini, lantai Homogeneous akan dipertimbangkan untuk lantai proyek bangunan komersial, lantaran ubin Keramik tidak akan bisa menahan jenis beban yang dihasilkan oleh kemudian lintas insan yang tinggi.


Kekurangan Homogeneous Tile

Berikut ialah Kekurangan Homogeneous Tile (Ubin homogen) dengan Ubin Keramik :
  • Homogeneous tile umumnya 30 - 50% lebih mahal daripada ubin keramik, apalagi homogeneus tile yang dipoles dengan ukuran lebih besar mungkin jauh lebih mahal.
  • Variasi ubin keramik jauh lebih banyak dengan tekstur yang lebih atraktif dibandingkan dengan ubin homogen
  • Ubin keramik lebih umum dipakai dan mempunyai variasi warna, nada, dan tekstur yang lebih luas
  • Ubin keramik dengan corak yang sama dengan homogeneous tile biasanya jauh lebih murah
  • Ubin keramik Lebih gampang untuk dikerjakan dibandingkan dengan ubin Homogeneous
  • Mungkin belum semua kawasan terjangkau oleh ubin homogen, namun keramik sudah
Di Indonesia, homogenous tile tersedia menyerupai merek Granito, Niro Granite, Essenza, Venus, Monalisa, Indogress dan banyak lagi yang lain. Sedangkan merek keramik menyerupai roman, mulia, herkules, ikad, asia tile dan lain-lain.

Dewasa ini pilihan material epilog lantai semakin banyak Perbedaan Lantai Homogeneous Tile (Ubin Homogen) dengan Ubin Keramik
Perbedaan Lantai Homogeneous Tile (Ubin Homogen) dengan Ubin Keramik

Demikianlah perbandingan antara Lantai Homogeneous Tile (Ubin homogen) dengan Ubin Keramik. Sekilas dari segi kualitas ubin homogen memang lebih baik, namun dari segi harga, motif dan ketersediaan ubin keramik masih lebih unggul. Makara semuanya dikembalikan lagi pada keputusan konsumen sebagai pihak yang akan menggunakannya.

Referensi :

  • http://www.tmtiling.com/what-are-homogeneous-tiles/
  • https://www.kanalinfo.web.id/perbedaan-keramik-dengan-homogenous-tile
  • https://www.tal.co.za/home/index.php?ipkArticleID=174

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perbedaan Lantai Homogeneous Tile (Ubin Homogen) Dengan Ubin Keramik"

Posting Komentar