√ Pengertian Pranata Sosial Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Pranata Sosial Menurut Para Ahli - Pranata sosial berasal dari kata bahasa Inggris, yaitu social institution. Menurut Koentjaraningrat, pranata sosial ialah suatu sistem tata kelakukan dalam kekerabatan yang berpusat kepada acara aktivitas untuk memenuhi komplek-komplek kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat. Beberapa hebat sosiologi menjermahkan pranata sosial dengan istilah yang berbeda-beda. Ada yang mengemukakan forum kemasyarakatan, bangunan sosial, ataupun forum sosial. Berikut ini ialah pengertian pranata sosial dari para hebat sosiologi.


a. Koentjaraningrat
Lembaga sosial atau pranata sosial ialah suatu sistem tata kelakuan dan kekerabatan yang berpusat pada aktivitas-aktivitas khusus dalam kehidupan masyarakat. Pengertian ini menekankan pada sistem tata kelakukan atau normanorma untuk memenuhi kebutuhan (dalam buku Pengantar Sosiologi).


Pengertian Pranata Sosial Menurut Para Ahli √ PENGERTIAN PRANATA SOSIAL MENURUT PARA AHLI



b. Bruce J. Cohen
Pranata sosial ialah sistem pola-pola sosial yang tersusun rapi dan relatif bersifat permanen serta mengandung perilaku-perilaku tertentu yang kokoh dan terpadu demi pemuasan dan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat (dalam buku Sosiologi : Suatu Pengantar-Terjemahan).

c. Mac Iver dan Page
Pranata sosial ialah tata cara dan mekanisme yang telah diciptakan untuk mengatur kekerabatan antarmanusia yang berkelompok dalam suatu kelompok masyarakat (dalam buku A Text Book of Sociology).

d. Joseph S. Rucek dan Roland L. Warren
Pranata sosial ialah pola-pola yang memiliki kedudukan tetap untuk memenuhi banyak sekali kebutuhan insan yang muncul dari kebiasaan-kebiasaan dengan mendapat persetujuan dan cara-cara yang sudah tidak dipungkiri lagi untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan suatu struktur.

e. Alvin L. Berrtrand
Pranata sosial ialah kumpulan norma sosial (struktur-struktur sosial) yang telah diciptakan untuk melakukan fungsi masyarakat (dalam buku Sosiologi).

f. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt
Pranata sosial ialah suatu sistem norma untuk mencapai tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dianggap penting.

g. Summer
Lembaga sosial atau forum kemasyarakatan dipandang dari sudut kebudayaan ialah perbuatan, cita-cita, sikap, dan perlengkapan kebudayaan yang bersifat kekal. Tujuannya ialah memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Dari beberapa pendapat tersebut sanggup juga disimpulkan pengertian sosiologis bahwa forum sosial ialah sistem norma untuk mencapai tujuan tertentu yang oleh masyarakat dianggap penting. Sistem norma tersebut mencakup gagasan, aturan, tata cara kegiatan, dan ketentuan sanksi.


Sebelumnya mengenai Proses Terjadinya Hubungan Sosial ini sanggup menambah pengetahuan anda.



Di dalam perkembangannya, norma-norma tersebut berkelompok-kelompok pada banyak sekali kebutuhan manusia. Misalnya, kebutuhan akan pencaharian hidup menjadikan forum pertanian, dan industri. Kebutuhan akan pendidikan membuat sekolah dan pesantren. Kebutuhan jasmaniah insan menjadikan olahraga dan pemeliharaan kesehatan. Wujud kasatmata forum sosial atau forum kemasyarakatan ialah asosiasi (association). Sebagai contoh, sekolah dan pesantren ialah forum sosial, sedangkan Sekolah Menengan Atas Taruna Nusantara dan Pondok Pesantren Gontor merupakan asosiasi. Pemeliharaan kesehatan disebut forum sosial, sedangkan Rumah Sakit Bethesda merupakan asosiasi.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Pranata Sosial Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar