Pengertian Instalasi Listrik

Senang dapat jumpa lagi sahabat, hari ini aku ingin mengembangkan info wacana dunia kelistrikan. Info ini mungkin mempunyai kegunaan bagi teman-teman mahasiswa teknik elektronika khususnya jadwal studi teknik listrik yakni wacana definisi atau pengertian Instalasi Listrik

Credit Picture : pixabay.com (License: CC0 Public Domain)
Menurut aku ini penting dipahami bukan hanya sekedar untuk memenuhi tugas-tugas yang diberikan oleh dosen anda, namun lebih dari itu semoga kita dapat tahu betul menyerupai apa Instalasi Listrik itu tentunya dimulai dari definisi atau pengertian Instalasi Listrik itu sendiri.  


Instalasi listrik adalah suatu bab penting dalam sebuah bangunan gedung yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga listrik dari instalasi pengusaha ketenagalistrikan ke titik-titik beban. Menurut Sugandi, I dkk., (2001) “pada hakekatnya instalasi listrik bangunan merupakan penyalur energi listrik…, jadi berfungsi sebagai penghantar”. 

Penyaluran tenaga listrik harus sesuai dengan peraturan yang telah distandarisasi oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) dengan menerbitkan Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) sebagai panduan umum (rujukan) instalasi listrik. 


Seperti yang dijelaskan pada PUIL 2000 (1.1), adapun maksud dan tujuan Persyaratan Umum Instalasi Listrik ialah semoga pengusahaan instalasi listrik terselenggara dengan baik, untuk menjamin keselamatan insan dari ancaman kejut listrik, keamanan instalasi listrik berserta perlengkapannya, kemanan gedung serta isinya dari kebakaran akhir listrik, dan pertolongan lingkungan. 

“Pihak-pihak yang terkait dengan instalasi listrik menyerupai pemilik, perencana, kontraktor, pengawas, produsen perlengkapan, pengawas keselamatan kerja, pengawas bangunan, penguji, penghuni, operator (jika ada), pemadam kebakaran, asuransi, harus diperhatikan kepentingannya” (Sugandi, I dkk., 2001: 4). 

Demikian warta  tentang definisi atau pengertian Instalasi Listrik semoga bermanfaat ! [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Instalasi Listrik"

Posting Komentar