Panas (Kalor) Dalam Ilmu Fisika

Dear sobat BT, bagi pelajar SD atau SMP/SLTP yang mencari acuan wacana Ilmu Fisika dapat ditengok postingan-postingan OM berikut ini.

Hari ini kebetulan sangat panas he he he, OM akan membuatkan wacana Panas (Kalor) dalam Ilmu Fisika, mudah-mudahan dapat bermanfaat :

Panas atau sering disebut juga bahang, atau dalam bahasa fisikanya disebut dengan kalor ialah energi yang berpindah akhir perbedaan suhu. Satuan SI untuk panas ialah joule.

Panas bergerak dari kawasan bersuhu tinggi ke kawasan bersuhu rendah. Setiap benda mempunyai energi dalam yang berafiliasi dengan gerak acak dari atom-atom atau molekul penyusunnya.


Energi dalam ini berbanding lurus terhadap suhu benda. Ketika dua benda dengan suhu berbeda bergandengan, mereka akan bertukar energi internal hingga suhu kedua benda tersebut seimbang. Jumlah energi yang disalurkan ialah jumlah energi yang tertukar. Kesalahan umum untuk menyamakan panas dan energi internal. Perbedaanya ialah panas dihubungkan dengan pertukaran energi internal dan kerja yang dilakukan oleh sistem. Mengerti perbedaan ini diperlukan untuk mengerti aturan pertama termodinamika.

Untuk penerapan sederhanya silahkan disimak gambar di bawah :


Demikian postingan OM tentang Panas (Kalor) dalam Ilmu Fisika. Semoga bermanfaat ! [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Panas (Kalor) Dalam Ilmu Fisika"

Posting Komentar