Mengenal Konsep Dasar Jaringan Distribusi Listrik

Senang jumpa lagi sahabat, hari ini aku ingin menyebarkan isu perihal dunia kelistrikan. Tentunya kita semua sudah tahu manfaat listrik yang ada sekarang, terutama listrik yang masuk ke rumah kita masing-masing. Kita bisa memasak memakai rice cooker karena listrik, kita bisa mencar ilmu dan beraktivitas dengan lancar alasannya lampu penerangan kita dari listrik, nonton tv, menjalankan pompa air, mendinginkan makanan/minuman dengan refrigerator itu alasannya listrik. Tapi kemungkinan, kita belum semua tahu dari mana dan menyerupai apa listrik bisa masuk ke rumah kita. Nah berikut ini klarifikasi tentang Mengenal Konsep Dasar Jaringan Distribusi Listrik.

Credit Picture : pixabay.com (License: CC0 Public Domain)
Sistem penyaluran tenaga listrik dari pembangkit tenaga listrik ke konsumen (beban), merupakan hal penting untuk dipelajari. Mengingat penyaluran  tenaga listrik ini, prosesnya  melalui  beberapa tahap, adalah  dari pembangkit  tenaga listrik penghasil energi listrik, disalurankan  ke jaringan transmisi (SUTET) pribadi ke gardu induk. Dari gardu induk tenaga listrik disalurkan ke jaringan distribusi primer (SUTM), dan melalui gardu distribusi pribadi ke jaringan distribusi sekuder (SUTR), tenaga listrik dialirkan ke konsumen.

Dengan demikian sistem distribusi tenaga listrik berfungsi membagikan tenaga listrik kepada pihak pemakai melalui jaringan tegangan rendah (SUTR),  sedangkan  suatu   kanal   transmisi  berfungsi  untuk menyalurkan  tenaga  listrik bertegangan  ekstra tinggi ke pusat-pusat  beban dalam daya yang besar (melalui jaringan distribusi).
Sistem Distribusi Tenaga Listrik
Tenaga listrik yang dihasilkan  dan dikirimkan  ke konsumen  melalui Pusat Pembangkit  Tenaga Listrik,  Gardu  Induk, Saluran  Transmisi,  Gardu Induk,  Saluran  Distribusi, dan kemudian ke beban (konsumen tenaga listrik). Berikut gambar yang bisa menjelaskan asal muasal listrik bisa hingga ke konsumen, lebih khusus ke rumah-rumah kita :


Sistem  pembangkit  (generation  plant)  terdiri  dari satu atau lebih unit pembangkit  yang  akan mengkonversikan  energi  mekanik  menjadi  energi listrik  dan  harus  mampu  menghasilkan  daya listrik  yang  cukup  sesuai kebutuhan  konsumen.  Sistem transmisi berfungsi  mentransfer  energi listrik dari unit-unit  pembangkitan  di aneka macam  lokasi  dengan  jarak yang jauh ke sistem distribusi, sedangkan sistem distribusi berfungsi untuk menghantarkan energi listrik ke konsumen, menyerupai ditunjukkan pada gambar  di bawah ini :


Diagram Satu Garis Distribusi Tenaga Listrik
Demikian klarifikasi singkat dari konsep dasar jaringan distribusi listrik, agar bermanfaat terutama bagi teman-teman teknik elektro. [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengenal Konsep Dasar Jaringan Distribusi Listrik"

Posting Komentar