Membuat Obat Nyamuk Alami Sederhana

Membuat obat nyamuk alami sederhana baik cair maupun bakar sanggup dibentuk secara gampang di rumah. Kali ini akan diberikan beberapa inspirasi untuk menciptakan obat nyamuk alami yang gampang juga ampuh. Biasanya, orang lebih tahu dan tertarik dengan penggunaan daun serai serta materi dari kulit jeruk. Ini dikarenakan adanya sebuah produk lotion yang didesain untuk mengusir nyamuk dan terdapat kandungan ekstrak serai di dalamnya. Intinya, nyamuk paling tidak suka dengan aroma serai.


Alasan mengapa nyamuk tidak suka yaitu sebab serai mengandung dipentena, nerol, farsenol metil heptenon, mirsena, geraniol, sitral dan sitronela. Diketahui bahwa zat-zat tersebut sangat ditakuti oleh serangga, ibarat semut dan nyamuk. Selain itu, materi ini pun sangat kondusif dan sanggup dijadikan obat nyamuk semprot yang ramah lingkungan, bahkan tidak akan beracun bagi manusia.


Membuat Obat Nyamuk Alami Sederhana Ramah Lingkungan


Obat Nyamuk Alami dari Serai


Membuat obat nyamuk alami sederhana baik cair maupun bakar sanggup dibentuk secara gampang di rum Membuat Obat Nyamuk Alami Sederhana



  • Daun serai yang sudah disiapkan sanggup dipotong-potong hingga menjadi sangat kecil dan pastikan bahwa irisannya hingga menjadi halus.

  • Potongan serai tersebut lalu sanggup dijemur hingga benar-benar kering. Bila cuaca mendung dan tidak ada matahari, potongan serai sanggup dengan gampang dioven.

  • Sekitar kurang lebih 1 ons potongan serai yang sudah kering sanggup direndam dengan air sejumlah 25 ml selama 24 jam. Bila tidak ada inspirasi seberapa banyak 25 ml itu, kira-kira sekitar 1/8 gelas kaca.

  • Hasil rendaman sanggup lalu disaring dan airnya diambil, sementara sisa serai atau ampasnya boleh dibuang.

  • Masukkan airnya ke dalam botol bersih.

  • Untuk cara menggunakannya, silahkan ekstrak serai diencerkan lebih dulu dengan perbandingan 1:3. Kaprikornus intinya, yang diencerkan dengan air yaitu 25 ml ekstrak serai dicampur dengan air hingga menjadi 100 ml.

  • Siapkan botol penyemprot yang sanggup dijadikan wadah untuk cairan tersebut.

  • Bila sudah siap pakai, ruangan yang ingin disemprot sanggup pribadi disemprot memakai cairan tersebut. Ruangan perlu ditutup selama kurang lebbih 15 menit.

  • Setelah disemprot, ruangan pun menjadi bebas nyamuk dan tidak berapa usang sudah sanggup dipakai kembali.


Obat Nyamuk Alami dari Kulit Jeruk


Membuat obat nyamuk alami sederhana baik cair maupun bakar sanggup dibentuk secara gampang di rum Membuat Obat Nyamuk Alami Sederhana


Salah satu cara menciptakan obat nyamuk sederhana yaitu dengan memanfaatkan materi kulit jeruk yang sangat gampang ditemukan. Sudah dibuktikan secara ilmiah bahwa kulit jeruk memang sangat efektif menciptakan nyamuk tidak berani dekat-dekat. Ini dikarenakan adanya zat kimia yang disebut dengan limonen, terdapat di dalam kulit jeruk.



  • Kulit jeruk yang sudah disiapkan sanggup pribadi disayat biar balasannya sanggup memanjang.

  • Kemudian hasil sayatan kulit jeruk sanggup dijemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

  • Salah satu ujung kulit yang sudah dinyatakan kering sanggup dibakar. Asap dari pembakaran tersebut sangat efektif dalam menciptakan nyamuk pergi jauh-jauh.

  • Cara menciptakan obat nyamuk bakar ini cukup simpel sebab kita hanya perlu mengambil kulit jeruk, potong-potong hingga bentuknya menjadi persegi dan mempunyai ukuran sekitar 2×3 sentimeter.

  • Potongan kulit jeruk sanggup dipasang ke dalam pembakar anti nyamuk mat dan asapnya akan mengusir nyamuk.


Obat Nyamuk Alami dari Lotus


Membuat obat nyamuk alami sederhana baik cair maupun bakar sanggup dibentuk secara gampang di rum Membuat Obat Nyamuk Alami Sederhana


Lotus juga rupanya diketahui mempunyai efektivitas tinggi dalam mengusir nyamuk ibarat yang dinyatakan oleh penelitian dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine. Tidak hanya berfungsi sebagai pengusir nyamuk, lotus pun sanggup membunuh nyamuk hanya dengan menanamnya di penggalan halaman rumah. Bila ingin menciptakan sebuah obat yang sanggup dipakai untuk menyemprot ruangan, ekstrak lotus sanggup dijadikan solusi terbaik.


Obat Nyamuk dari Minyak Lavender dan Ragi


Membuat obat nyamuk alami sederhana baik cair maupun bakar sanggup dibentuk secara gampang di rum Membuat Obat Nyamuk Alami Sederhana


Karena adanya kandungan minyak atsiri yang ada di dalam lavender, nyamuk pun dibentuk tidak berkutik dan sanggup diusir secara lebih mudah.



  • Beli saja minyak lavender di toko obat yang paling akrab dengan rumah, tentu saja minyak lavender ini berbentuk cair.

  • Minyak sanggup dilarutkan dengan menambahkan air kurang lebih 10% dari minyak lavender. Setelah larut, coba berikan tambahkan ragi secukupnya saja.

  • Jika cairan obat nyamuk tradisional ini sudah jadi boleh pribadi tuangkan ke dalam botol atau wadah biasa.

  • Bila sudah siap, larutan sanggup ditaruh di ruangan yang ingin dijauhkan dari nyamuk. Wadah atau botol sanggup dibiarkan dalam keadaan terbuka biar nyamuk sanggup dengan gampang menangkap aroma yang tidak mereka sukai.


Obat Nyamuk dari Daun Kayu Putih


Membuat obat nyamuk alami sederhana baik cair maupun bakar sanggup dibentuk secara gampang di rum Membuat Obat Nyamuk Alami Sederhana


Kayu putih yang biasanya kita kenal dalam bentuk minyak memang sangat berguna dalam mengusir nyamuk sebab ada aroma dari kayu putih yang tidak disukai oleh nyamuk.



  • Daun kayu putih yang telah disiapkan sanggup diremas-remas atau ditumbuk hingga daunnya menjadi halus.

  • Bila sudah jadi, balurkanlah ke kulit biar nyamuk tidak berani mendekat.

  • Atau, sanggup juga dengan menciptakan adonan setengah gelas air yang ditambah dengan minyak kayu putih asli.

  • Campuran tersebut lalu sanggup dituang ke dalam botol semprotan.

  • Gunakan untuk menyemprot penggalan ruangan yang sering ada nyamuknya.


Demikian beberapa resep ampuh yang sanggup dicoba di rumah dalam menciptakan obat nyamuk alami sederhana. Berkaitan dengan pembahasan ini, baca juga artikel kami tentang Cara ampuh mengusir nyamuk di kamar secara sederhana dan tanaman pengusir nyamuk.


Informasi mengenai flora pengusir nyamuk lainnya sanggup Anda lihat disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Membuat Obat Nyamuk Alami Sederhana"

Posting Komentar