Manfaat Daun Cocor Belibis Untuk Kesehatan

Tanaman Cocor Bebek disebut Miracle Leaf dalam bahasa Inggris, sedangkan sedangkan nama ilmiahnya Bryophyllum pinnatum. Tanaman ini merupakan jenis tumbuhan succulent (daun tebal dan berdaging). Tanaman ini merupakan orisinil Madagaskar, namun sekarang kerap dipakai di kawasan tropis dan sub-tropis sebagai tanaman hias dalam rumah. Terutama di China, Afrika, dan Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri, tumbuhan ini juga sering ditemukan. Kandungan zat bermanfaat cocor angsa yang utama ialah alkaloids, steroid, lipids dan berfungsi sebagai anti-radang, mengurangi pembengkakan, dan menghentikan pendarahan.


 disebut Miracle Leaf dalam bahasa Inggris Manfaat Daun Cocor Bebek untuk Kesehatan
Tanaman cocor bebek.

Komponen kimia lainnya yang ditemukan dalam ekstrak tanaman, menyerupai zat asam lemon dan asam apel, vitamin C, quercetin, diarabinoside, kaempferol dan glucoside. Sedangkan pada daunnya, terkandung asam malat, damar, zat lendir, kalsium oksalat, magnesium malat, asal formiat, dan tannin. Pada bidang holistik dan pengobatan herbal, daun cocor angsa untuk pengobatan sanggup untuk aneka macam penyakit berat maupun ringan. Tim ilmuwan dari Universitas Osaka, Jepang, menemukan adanya senyawa yang sanggup melawan sel kanker pada daun cocor bebek, yakni Bryopgikkian A. Sedangkan komponen Bufadienolide yang ada dalam cocor angsa mengandung byrophillin A, yang memperlihatkan manfaat anti-tumor bersamaan bersaldegenin-3-acetate and Bryophillin C, yang lebih kurang aktif. Namun, Bryophillin C mempunyai manfaat anti-serangga.


Pada dasarnya, semua serpihan tumbuhan cocor angsa sanggup dimanfaatkan sebagai obat, namun, daunnya lah yang paling umum, serpihan dari tumbuhan yang mengandung air dan berlendir. Lalu, apa saja penyakit yang sanggup diatasi daun cocor bebek, dan cara mengatasinya?



  • Wasir


Untuk menangani penyakit wasir, gunakan daun cocor bebek. Pertama-tama, basuh higienis daun, dan diamkan sampai kering. Setelahnya, Anda sanggup menumbuknya sampai menjadi bubuk. Ambil satu sendok debu tersebut, dan campur dengan air hangat dalam cangkir. Untuk meningkatkan khasiat dan memperbaiki rasanya, tambahkan satu sendok makan madu. Minum ramuan itu hangat-hangat tiga kali sehari, dan dalam beberapa hari, akan terlihat manfaatnya.



  • Nyeri lambung


Untuk mengatasi nyeri lambung, ambil lima daun cocor bebek, dan peras untuk mengambil sarinya. Tambah sedikit garam, kemudian minum air perasan tersebut.



  • Muntah darah


Umumnya, muntah darah terjadi ketika ada dilema perut yang cukup serius. Untuk mengatasinya, gunakan daun cocor bebek. Pertama-tama, ambil tujuh lembar daun cocor angsa dan lumatkan. Tambahkan gula merah, tim daun cocor angsa dan gula merah, dan minum selagi hangat.



  • Radang amandel


 disebut Miracle Leaf dalam bahasa Inggris Manfaat Daun Cocor Bebek untuk Kesehatan
Penyakit amandel ialah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada permukaan selaput lendir. Penyakit ini sangat menganggu lantaran berakibat demam dan sakit ketika menelan. Jika sudah parah, biasanya harus dilakukan proses operasi. Namun sebetulnya ada tumbuhan herbal yang sanggup dimanfaatkan untuk mengobatinya, salah satunya daun cocor bebek.

Ambil 10 lembar daun cocor bebek, lumatkan, dan kumur-kumur. Namun perlu diingat, radang amandel sanggup menjadi dilema serius, dan kalau sakit tidak mereda, konsultasikanlah dengan dokter Anda, lantaran di banyak kasus, amandel yang terus meradang harus diangkat.



  • Radang indera pendengaran luar


Ambil daun cocor angsa dan peras. Gunakan perasan itu sebagai obat tetes telinga.



  • Obat bisul


 disebut Miracle Leaf dalam bahasa Inggris Manfaat Daun Cocor Bebek untuk Kesehatan
Bisul merupakan pembengkakan pada area-area badan tertentu yang diakibatkan oleh bakteri. Bisul sangat mengganggu aktifitas lantaran memperlihatkan dampak sakit yang juga sanggup mengakibatkan demam.

Ambil sejumlah daun cocor angsa segar sebanyak 30-60 gram dan lumatkan. Ambil air lumatannya, tambahkan dengan madu, dan minum. Sedangkan, sisa air lumatan ditempelkan pada serpihan yang terasa sakit dan nyeri.



  • Sakit persendian (rheumatik)


Ambil daun cocor angsa sebanyak 4 lembar. Tambahkan 1 sendok makan adas, 2 jari gula enau, 2 jari pulosari dan 3 gelas air. Ambil panci dan rebus semua materi sampai air dalam panci berkurang menjadi 3/4-nya. Angkat dan biarkan sampai dingin. Setelahnya, saring dan minum ramuan itu 3/4 gelas 3 kali sehari.



  • Batu ginjal


Untuk penanganan dilema kerikil ginjal, Anda sanggup mengunyah 2-3 lembar daun cocor angsa atau memerasnya dan minum airnya. Minum dua kali dalam sehari.


Itulah penyakit-penyakit yang sanggup diatasi dengan daun cocor bebek. Namun, penggunaannya bukan berarti sanggup sembarangan. Jika dikonsumsi dalam takaran berlebihan akan berdampak pusing dan muntah-muntah. Sedangkan, perempuan hamil tidak boleh mengomsumsinya lantaran sanggup mengakibatkan janjkematian pada janin.


Klik disini untuk melihat produk bibit tumbuhan cocor angsa yang tersedia di toko online kami.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Daun Cocor Belibis Untuk Kesehatan"

Posting Komentar