Komponen Biotik

Pengertian Komponen Biotik


Komponen Biotik yakni komponen yang terdiri dari tumbuhan, hewan, insan dan mikroorganisme. Sedangkan menurut peranan dalam ekosistem, komponen biotik di bagi menjadi produser, consumer, dan pengurai.


Komponen Biotik yakni komponen yang terdiri dari tumbuhan Komponen Biotik


1. Produser


Produser yakni semua organisme yang berhijau daun atau mempunyai klorofil. Produser mencakup organism bersel satu menyerupai ganggang, tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan biji. Produser mampumengubah zat anorganik menjadi zat organic dengan pemberian cahaya alasannya mempunyai klorofil. Zat anorganik yang dibutuhkan untuk berfotosistesis yaitu CO2 dan H2O, yang akan diubah menjadi zat organik, yaitu gula yang selanjutnya bisa diubah menjadi amilum.


Organisme yang mempunyai klorofil dikenal sebagai produser alasannya bisa memproduksi zat organic. Organisme ini disebut sebagai autotrof alasannya lantaran bisa menyusun zat organik. Atotrof berasal dari kata autos yang artinya sendiri dan trophein yang artinya makanan. Melalui reaksi anabolisme, gula yang terbentuk dari proses fotosintesis sanggup dirubah menjadi senyawa lain. Misalnya gula diubah menjadi amilum, lemak, protein dan vitamin. Jadi, produser sanggup menyediakan masakan bagi makhluk hidup di sekitarnya.


2. Konsumer


Konsumer yakni makhluk hidup yang tidak bisa memproduksi zat organik. Contohnya yaitu manusia, binatang dan tumbuhan yang tidak mempunyai zat hijau daun( klorofil). Contoh tumbuhan yang tidak berklorofil yaitu tali putri. Kelompok makhluk hidup memerlukan zat organik dari produser. Heterotrof yakni sebutan bagi makhluk hidup yang tidak bisa menghasilkan zat organic. Hewan dan tumbuhan yang tidak berklorofil membutuhkan zat organic dari produser sehingga makhluk hidup ini disebut sebagai konsumer.


Herbivora yakni kelompok pemakan tumbuhan secara langsung. Hewan yang termasuk herbivore yaitu kambing, ulat, sapi, kuda dan sebagainya. Sedangkan binatang yang memakan herbivore disebut karnivor. Hewan tersebut memakan daging, misalnya binatang harimau, serigala, dan buaya. Predator yakni binatang yang menangkap dan memangsa binatang lain untuk menjadi makanannya. Misalnya saja kucing yakni predator bagi tikus. Herbivor, karnivor dan predator tergolong sebagai konsumer.


Ada beberapa tingkatan konsumer. Konsumer tingkat 1 yaitu binatang yang eksklusif memakan produser. Lalu, binatang yang memakan consumer 1 disebut sebagai consumer 2. Konsumer 3 yakni binatang yang memakan consumer 3, dan seterusnya. Contohnya: padi – tikus- ular – elang. Padi disebut sebagai produsen. Tikus disebut sebagai konsumen 1, ular disebut sebagai konsumen 2, dan elang disebut sebagai konsumen 3.


3. Pengurai


Pengurai sering disebut juga sebagai decomposer. Pengurai yakni mikroorganisme yang berperan sebagai pengurai badan makhluk hidup lain yang mati. Contoh pengurai yakni jamur dan bakteri. Jamur dan basil akan menguraikan makhluk hidup yang mati atau sampah. Bangkai binatang yang mati akan membusuk. Setelah membusuk, bangkai tersebut akan diuraikan oleh bakteri. Zat-zat yang ada dalam bangkai tersebut akan diurai menjadi gas H2S, CO2, air dan mineral. Segala macam zat tersebut akan diserap oleh tumbuhan. Misalnya saja hasil dari penguraian daun bacin akan menjadi pupuk kompos yag mempunyai kegunaan untuk menyuburkan tanaman.


Selain ketiga jenis makhluk hidup di atas, ada juga jenis parasit. Parasit yakni sebutan yang diberikan untuk makhluk hidup yang memerlukan badan inangnya untuk bertahan hidup. Tubuh inang yang dipakai oleh makhluk hidup benalu akan mati. Contohnya yakni tumbuhan tali putrid yang hidup di atas pohon inang. Lama kelamaan, pohon inang akan mati alasannya sari- sari makanannya diserap oleh tali putri tersebut. Secara perlahan, tumbuhan inang akan mati.


Baca juga contoh komponen abiotik.


Demikian pembahasan mengenai komponen biotik, agar bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa di share ya… Thanks.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Komponen Biotik"

Posting Komentar