Ini Alasan Kenapa Burung Tidak Kesetrum Ketika Bertengger Di Kabel Listrik Bertegangan


Dear sahabat BT, pernahkah anda melihat burung sedang bertengger di kabel listrik bertegangan ?, tentu pernah dan tentunya sahabat akan bertanya-tanya ada apa gerangan dengan burung tersebut sehingga sama sekali tidak kesetrum listrik. 

Dalam teorinya listrik akan mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan rendah ibarat air yang mengalir dari daerah tinggi ke daerah yang rendah. Bumi atau tanah mempunyai tegangan rendah, maka listrik selalu mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konduktor. 

Manusia dengan body yang dianugrahkan sang pencipta kepada kita merupakan konduktor yang baik, sehingga bisa mengalirkan listrik dari sumber listrik ke bumi kalau kita tidak memakai bantalan kaki atau eksklusif menginjak tanah. 

Contoh kecil bisa kita lakukan percobaan kecil-kecilan sebagaimana yang pernah kita lakukan di sekolahan dulu. Bahwah teorinya listrik akan mengalir kalau ada rangkaian tertutup, sebuah lampu yang dihubungkan dengan sebuah battery  akan menyala kalau saklarnya dihubungkan. Artinya, terjadi perpindahan potensial dari kutub negatif ke kutub positif. Jika kutub yang dihubungkan sejenis, maka listrik tidak akan mengalir.

Nah bagaimana dengan burung ?. Burung berbeda dengan manusia, kalau di atas kita katakan bahwa insan dengan body yang ada kini merupakan konduktor yang baik, maka burung ialah sebaliknya, mereka bukan konduktor yang baik untuk ajaran listrik. Sel dan jaringan pada badan burung tidak lebih gampang dialiri arus listrik kalau dibandingkan dengan konduktor tembaga di mana burung tersebut sedang bertengger. 

Selain itu tidak adanya beda potensial pada satu buah kabel di mana burung tersebut bertengger. Berbeda kasusnya bila si burung bertengger pada dua buah kabel, maka secara eksklusif burung tersebut akan tersengat listrik dan mati.

Sumber gambar : scienceabc.com
Hal ini terjadi lantaran badan si burung akan menjadi jalan bagi arus listrik untuk mencapai tanah atau daerah dengan tegangan yang berbeda (kawat lain pada tegangan yang berbeda, misalnya). 

Inilah sebabnya mengapa kabel listrik cenderung dipasang tinggi di udara dengan banyak ruang antara kabel, biar tidak ada yang menyentuhnya atau kabel yang saling bersentuhan.

Nah dari klarifikasi di atas mudah-mudahan kita sudah bisa memahami Alasan Kenapa Burung Tidak Kesetrum Saat Bertengger di Kabel Listrik Bertegangan. Semoga bemanfaat. [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Burung Tidak Kesetrum Ketika Bertengger Di Kabel Listrik Bertegangan"

Posting Komentar