Elemen Biaya Utama Perusahaan Manufaktur

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian agar orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue yaitu seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue sanggup nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini sanggup bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel perihal Elemen Biaya Utama Perusahaan Manufaktur, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Elemen perusahaan manufaktur
Ada 3 elemen biaya utama perusahaan manufaktur :
  1. Biaya Bahan Langsung;
  2. Biaya Tenaga Kerja Langsung;
  3. Biaya Overhead Pabrik.

1. Biaya Bahan Langsung

Bahan pribadi merupakan materi pokok yang dipakai dalam proses produksi dan menjadi bab utama dari barang jadi yang dihasilkan. Bahan pribadi ini dengan gampang dan secara pribadi dihubungkan dengan barang jadi yang dihasilkan. Biaya atas materi baku yang dipakai dalam proses produksi yaitu biaya materi langsung.

Contoh biaya materi pribadi :

kulit dipakai untuk menciptakan sepatu. Biaya atas kulit yang dipakai dalam proses pembuatan sepatu selama satu periode tertentu yaitu biaya materi pribadi periode tersebut.

2. Biaya Tenaga Kerja Langsung

Karyawan yang secara pribadi ikut mengerjakan materi baku untuk mengkonversikannya menjadi barang jadi disebut tenaga kerja langsung. Biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja yang menangani secara pribadi proses produksi yaitu biaya tenaga kerja langsung. Biaya ini secara pribadi sanggup dihubungkan dengan barang jadi yang dihasikan.

Contoh biaya tenaga kerja pribadi :

Upah yang dibayarkan kepada tukang yang mengerjakan pembuatan sepatu di pabrik sepatu. 

3. Biaya Overhead Pabrik

Overhead pabrik ialah biaya-biaya manufaktur selain materi pribadi dan tenaga kerja langsung. Biaya ini tidak sanggup dihubungkan secara pribadi dengan barang yang dihasilkan.
Overhead mencakup :
  • Bahan tidak langsung;
  • tenaga kerja tidak langsung;
  • dan biaya overhead lainnya. 

Biaya materi tidak pribadi

Bahan tidak pribadi sanggup berupa materi yang hanya dipakai sejumlah kecil saja, menyerupai lem yang dipakai dalam pembuatan sepatu. Bahan tidak pribadi sanggup juga berupa perlengkapan pabrik yang terdiri dari barang atau materi yang dipakai dalam proses produksi tetapi tidak merupakan bab dari barang jadi.

Contoh biaya materi tidak pribadi
Contohnya yaitu minyak pelumas yang dipakai untuk mesin-mesin pabrik.

Biaya tenaga kerja tidak langsung

Tenaga kerja tidak pribadi yaitu karyawan yang tidak secara pribadi mengerjakan proses konversi materi baku menjadi barang jadi. Biaya yang dikeluarkan untuk karyawan menyerupai ini yaitu biaya tenaga kerja tidak pribadi yang merupakan bab dari overhead pabrik.

Contoh biaya tenaga kerja tidak langsung
Contohnya yaitu honor dan upah yang dibayarkan kepada petugas manajemen gudang bahan, petugas kebersihan pabrik, pengawas pabrik dan lain sebagainya.

Biaya overhead pabrik lainnya

Overhead pabrik lainnya mencakup unsur biaya menyerupai biaya listrik dan air untuk keperluan pabrik, pemeliharaan bangunan pabrik dan mesin pabrik, penyusutan bangunan dan mesin pabrik dan sebagainya.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur (kelas 3 semester 5 dan 6)
Saya sarankan untuk membaca juga :

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Elemen Biaya Utama Perusahaan Manufaktur"

Posting Komentar