Cara Sederhana Menghitung Kebutuhan Ac

Sahabat BT, masih wacana AC (Air Conditioning). Kita pernah membahas wacana Sebelum Membeli AC, Pertimbangkan Hal Berikut. Nah, detailnya sebagai materi pertimbangan biar AC pilihan kita sanggup ideal yakni dengan mengetahui hitungan-hitungan sederhananya. Berikut ini klarifikasi wacana hal tersebut.

Kebutuhan akan AC sanggup diadaptasi dengan luas ruang. Di pasaran, AC untuk rumahan terkelompok dalam ukuran PK, mulai 1/2PK, 3/4PK, 1 PK, hingga 2PK. Sebagai patokan, AC 1 /2PK cocok untuk ruang maksimal seluas 15m², 3/4PK untuk ruang 20m², dan 1 PK untuk ruang 20m²-25m², sementara yang 2PK untuk ruang 30m²-35m².


Cara lain untuk menentukan kebutuhan AC sanggup dilakukan dengan menghitung angka BTU (britisch termal unit) yang biasanya tertera dalam spesifikasi AC tersebut. AC 1/2PK memiliki angka BTU sekitar 6.000BTU, 3/4PK 7.000BTU, 1 PK 9.OOOBTU, dan 2PK 18.000BTU.

Untuk mengetahui kebutuhan BTU sebuah ruang, pergunakan rumus: P (panjang ruang dalam meter) x L (lebar ruang dalam meter) x 500 BTU.

Jadi, jikalau contohnya ukuran ruang 3mx4m, maka kebutuhan BTU yakni 30×4x500=6000. Artinya, ruang ini sanggup didinginkan dengan AC 1/2PK.

Eit, satu lagi. Jangan lupa memperhatikan kebutuhan daya listrik. Ukuran PK besar biasanya menyedot listrik besar pula. Nah, saat memilih, perbandingkan kebutuhan daya AC ini dengan daya listrik yang tersedia di rumah. Jangan hingga tekor. Bisa-bisa AC terpasang sia-sia.

Demikian postingan kami tentang Cara Sederhana Menghitung Kebutuhan AC. Semoga bermanfaat ! [BT]

Sumber : Istimewa

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Sederhana Menghitung Kebutuhan Ac"

Posting Komentar