Cara Menciptakan Pupuk Buatan Untuk Padi Biar Subur Dan Panen Berhasil


Pupuk merupakan salah satu unsur pendukung yang diharapkan bagi hampir semua tanaman, termasuk padi. Jenis pupuk yang biasa dipakai bagi padi berasal dari materi kimia maupun buatan produsen pupuk yang belum terang dan cocok diberikan secara teratur. Hal ini melatarbelakangi pentingnya pembuatan pupuk secara berdikari khususnya untuk padi.





Sebagai awal mula masakan pokok masyarakat, padi menjadi prospek baik bagi pemula yang ingin bercocok tanam. Dari waktu ke waktu, pertumbuhan padi menjadi aspek penting secara berkelanjutan yang dipengaruhi oleh aneka macam faktor. Maka Anda sanggup mengontrol faktor ini dengan memberi perlakuan baik bagi padi khususnya pupuk yang berdampak faktual dalam jangka panjang.
Baca juga : Cara Menggunakan Pupuk Mutiara Pada Tanaman Cabe





Hadirnya pupuk organik menjadi solusi atas kelangsungan panen padi. Bagaimana tidak, pupuk yang terbuat dari materi organik bisa menawarkan hasil panen memuaskan serta menjaga tanah lebih baik dari pupuk kimia. Terlebih lagi, Anda tidak perlu bergantung dengan permainan harga pupuk kimia alasannya yaitu sudah mempunyai simpanan pupuk sendiri.
Baca Juga : Jenis Pupuk Hantu dan Kegunaannya Bagi Kesuburan Tanaman





Untuk itulah klarifikasi mengenai cara menciptakan pupuk buatan untuk padi sangat penting disimak sebagai berikut ini:





Alat dan Bahan





Terdapat bermacam-macam metode yang sanggup dipilih namun kali ini Anda sanggup mencoba salah satu metode yang memakai alat dan materi sebagai berikut:





  • 5 buah maja atau labu kaye
  • 20 liter urin kambing / kelinci / sapi / kerbau
  • 30 liter air beras
  • Drum atau tong plastik
  • Selang plastik
  • Botol berisi air tawar




Langkah menciptakan pupuk





Berikut ini merupakan langkah mengolah alat dan materi menjadi pupuk yang sempurna bagi padi:





1. Mengolah materi organik





Langkah awal yang perlu dilakukan ialah mengolah semua materi organik secara tepat. Pertama, Anda sanggup menghaluskan buah maja kemudian memasukkannya ke dalam wadah berupa drum atau tong plastik.





Setelah menciptakan buah maja berukuran lebih kecil, Anda perlu menambahkan air beras dan urin hewan. Ketika menambahkan materi cairan, Anda harus melaksanakan pengadukan secara merata.
Baca Juga : Cara Membuat Pupuk dari Kaldu Ikan yang Belum Banyak Diketahui.










2. Menyimpan pupuk





Ketika bakal pupuk telah siap, Anda mulai sanggup menyimpannya selama 15 hari. Sebaiknya, pupuk dalam wadah disimpan secara rapat dengan plastik biar terhindar dari hujan maupun bahaya hama.





Langkah berikutnya ialah menghubungkan selang berdiameter 0.5 cm dengan botol berisi air tawar.
Baca Juga : Cara Membuat Pupuk dari Tulang Ikan yang Belum Banyak Diketahui





3. Memanfaatkan pupuk





Setelah pupuk siap, Anda sanggup menyemprotkannya pada duan padi pada pagi atau sore hari. Proses ini membutuhkan air tawar untuk mengencerkan pupuk sejumlah kadar tertentu. Setiap 400ml pupuk, Anda membutuhkan 14 liter air tawar.





Penyemprotan pupuk tidak sebarang waktu melainkan pada usia 10, 20, 30, dan 40 hari kemudian dilanjutkan pada fase generatif.
Baca juga : Cara Membuat Pupuk dari Limbah Ikan yang Pasti Belum Kamu Tahu





Setelah memahami cara menciptakan pupuk buatan untuk padi, Anda akan bisa menerapkannya dengan benar. Keberhasilan pupuk terhadap padi akan menimbulkan waktu luang Anda menjadi lebih produktif dan bernilai. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah mulai berinisiatif untuk mencobanya?



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Pupuk Buatan Untuk Padi Biar Subur Dan Panen Berhasil"

Posting Komentar