Cara Menciptakan Bonsai Bambu Kuning

Bonsai ialah seni kerajinan bercocok tanam yang bermula dari negeri Sakura, yaitu Jepang. Dari segi kata, bonsai juga berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari kata bon (盆) yang berati pot dangkal dan (sai, 栽) yang berarti penanaman. Kaprikornus bonsai merupakan tumbuhan yang ditanam di dalam pot dangkal. Karena wadah yang dipakai untuk menanam ialah wadah atau pot dangkal, otomatis tumbuhan yang ditanam dikerdilkan terlebih dahulu. Banyak tanaman-tanaman yang di alam aslinya sanggup tumbuh sampai berpuluh-puluh meter namun dibuat bonsainya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan miniatur tanaman-tamanam raksasa tersebut. Hasil yang diberikan sangat menarik, manis dan penuh nilai estetik. Tak heran kalau di pasaran, bonsai dibanderol dengan harga selangit.


Bonsai ialah seni kerajinan bercocok tanam yang bermula dari negeri Sakura Cara Membuat Bonsai Bambu Kuning
Bonsai bambu yang ditanam berumpun ibarat gaya hidup pohon bambu kuning di alam aslinya.

Salah satu bonsai unik yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan ialah bonsai bambu. Mendengar kata bonsai bambu, mungkin Anda sedikit kebingungan. Karena intinya bambu banyak dipakai dalam kerajinan furniture, mirip menciptakan kursi, daerah tidur, atau lemari. Bambu juga banyak dimanfaatkan sebagai materi dasar menciptakan rangka bangunan dan pagar halaman. Performa bambu yang tumbuh merumpun sebagai pohon yang kokoh dan menjulang membuatnya agak tidak mungkin untuk dibuat menjadi bonsai.


Bonsai ialah seni kerajinan bercocok tanam yang bermula dari negeri Sakura Cara Membuat Bonsai Bambu Kuning
Bonsai bambu kuning yang batangnya sudah dimodifikasi mirip naga. Bonsai ini diberi nama bonsai naga emas.

Dari 1.100 spesies tumbuhan bambu, memang tidak semuanya yang sanggup dibuat menjadi bonsai. Bambu yang sanggup dijadikan tumbuhan bonsai ialah jenis bambu hias, salah satunya bambu kuning atau Phyllostachys sulphurea. Tanaman asal Cina yang dijuluki yellow running bamboo ini memiliki batang dan ranting berwarna kuning emas. Terlihat begitu kontras dengan daun-daun hijaunya yang keluar dari ruas-ruas ranting. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara menanamnya menjadi tumbuhan bonsai? Cara menciptakan bonsai bambu kuning sanggup Anda simak di bawah ini.



  • Siapkan pot dengan ukuran yang sesuai untuk tumbuhan bonsai. Untuk menentukan pot bonsai yang tepat, sanggup Anda baca artikelnya disini.

  • Setelah itu, isi pot dengan media tanam berupa tanah yang lempung, pasir sungai dan kompos.

  • Dengan hati-hati, ambil tunas bambu kuning yang masih kecil untuk dipindahkan pada pot bonsai yang telah disediakan. Ambil tunasnya yang tunggal atau dalam keadaan berumpun. Tekan-tekan tanahnya supaya tunas bambu tidak roboh.

  • Kemudian semprot atau percikkan air ke seluruh media tanam dengan hati-hati. Jangan membuatnya tergenang, hanya untuk membuatnya lembab saja.

  • Letakkan wadah pot pada daerah yang sanggup menjaga kelembabannya selama 7 hari berturut-turut. Hal ini sanggup dilakukan dengan membungkus tumbuhan beserta potnya dalam kantong plastik besar atau dalam miniatur rumah kaca.

  • Letakkan tumbuhan bonsai bambu Anda pada daerah dengan intesitas cahaya yang kurang atau tidak terlalu terang.

  • Penyiraman dilakukan 3 kali sehari ketika trend panas. Penyiraman sering dilakukan namun dengan takaran yang rendah. Semprot atau percik-percikan air untuk membasahi media tanam. Untuk tumbuhan bonsai, penyiraman memakai air hujan atau air suling lebih direkomendasikan.

  • Berikan pupuk secara berkala. Tak lupa semprotkan pembasmi hama tumbuhan supaya bonsai Anda terhindar dari hama dan penyakit.


Tanaman bambu Anda akan tetap berada dalam kondisi kerdil alasannya ialah adanya pembatasan perkembangan akar oleh pot yang dangkal. Selain itu, mencabut daun yang belum terbuka penuh secara rutin juga akan membantu menciptakan tumbuhan Anda tetap tumbuh mini. Lakukan terus perawatan sampai menerima tampilan bonsai bambu kuning yang menakjubkan. Semoga artikel ini sanggup menginsprisari Anda kedepannya. Thanks 😀


Baca juga: Ciri-ciri dan Karakteristik Tanaman Bonsai


Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menciptakan bonsai sendiri di rumah? Dapatkan aneka peralatan bonsai, mirip kawat bonsai, gunting dan juga catok bonsai, serta banyak sekali tumbuhan yang sanggup dijadikan bonsai hanya di bibitbunga.com.


Selamat mencoba!! 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Bonsai Bambu Kuning"

Posting Komentar