Cara Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto (Mudah Dan Menguntungkan)

Bagi anda dengan hobi memancing maupun sedang memelihara jenis burung tertentu pastinya su Cara Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto (Mudah dan Menguntungkan)Bagi anda dengan hobi memancing maupun sedang memelihara jenis burung tertentu pastinya sudah tidak gila dengan salah satu jenis serangga ini.


Semut rangrang merupakan salah satu jenis semut dengan ukuran lebih besar kalau disbanding dengan jenis semut lainnya. Karena ukuran tubuhnya inilah telurnya pun juga mempunyai ukuran lebih besar dan sanggup dibilang lebih besar kalau dibanding dengan telur semut lain.


Inilah mengapa telur semut rangrang menjadi buruan orang- orang, selain itu telur semut rangrang ini juga mempunyai beberapa manfaat khusus. Telur semut rangrang sangat bermanfaat bagi anda yang ingin memancing ikan di alam bebas maupun di bak pemancingan berbeda dengan  cara menciptakan pupuk organik cair dari daun Gamal, selain itu telur semut rangrang juga bermanfaat untuk pakan hewan. Ada beberapa jenis binatang mirip ikan dan burung dengan materi pakan telur semut rangrang.


Di pasar sendiri telur semut rangrang mempunyai nama sebutan yaitu “Kroto”, selain sanggup ditemukan di alam bebas kroto juga sanggup didapatkan dengan gampang di toko pakan binatang ataupun di pasar hewan. Secara ilmiah, semut rangrang penghasil kroto mempunyai nama ilmiah Oecophylla dan lebih dikenal sebagai weaver ant dalam bahasa inggris. Sama halnya dengan jenis semut pada umumnya, semut rangrang ini hidup dengan membentuk koloni.


Namun berbeda dengan jenis semut lain, semut rangrang penghasil kroto ini sangat temperamen dan suka menyerang apapun sehingga anda perlu berhati- hati kalau menjumpainya. Tidak jarang pula semut ini menggigit dan menciptakan insan terluka. Persebaran dari semut rangrang sangat luas mulai dari wilayah Turki, Asia Tenggara, hingga mencakup daratan Afrika. Kroto yang dihasilkan oleh semut rangrang sangat banyak sanggup mencapai ratusan ribu, dan inilah mengapa semut rangrang mempunyai kawasan persebaran sangat luas.


Karena keuntungannya tak jarang pula orang melaksanakan cara budidaya semut rangrang penghasil kroto berbeda dengan cara menciptakan pupuk organik untuk Lada, selain itu harga kroto di pasaran juga sedang tinggi disbanding dengan jenis serangga lain mirip jangkrik, belalang, dan kecoa. Bahkan ketika ini harga kroto di pasaran per kilonya sanggup mencapai hingga ratusan ribu.


Tentunya ini sanggup menjadi salah satu bisnis budidaya yang sangat menguntungkan. Dan bagi anda yang tertarik untuk melaksanakan cara budidaya semut rangrang penghasil kroto, anda perlu tau tips- tips supaya hasil panen anda melimpah.


Tips- Tips dalam Melakukan Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto



  • Beri pakan sesuai dan pakan harus disukai semut rangrang.

  • Beli bibit semut rangrang unggulan.

  • Tidak terlalu sering melihat media budidaya semut rangrang.

  • Jangan memasang lampu terlalu terang.


Di atas merupakan tips- tips yang perlu anda perhatikan dan anda juga sanggup melihat cara menciptakan kotoran kambing menjadi pupuk kompos berkualitas kalau anda ingin mendapat hasil panen melimpah nantinya.


Selain itu anda juga perlu memperhatikan kebutuhan serta memperhatikan persiapan yang perlu dilakukan dalam cara budidaya semut rangrang penghasil kroto. Dan berikut ini merupakan langkah- langkah sederhana dan mudah bagi pemula untuk membudidayakan semut rangrang.


Cara Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto



  1. Lokasi Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto


Untuk hasil maksimal, anda perlu menentukan lokasi yang sempurna dalam melaksanakan cara budidaya semut rangrang penghasil kroto. Pilihlah lokasi dengan suhu dan kelembaban mendekati hingga mirip dengan habitat aslinya.


Untuk suhu pada lokasi pastikan sebesar 260c – 340c, sedangkan untuk kelembabannya sanggup sekitar 62% – 90% dan pastikan juga lokasi gampang untuk dijangkau. Anda sanggup memakai halaman atau ruang kosong di rumah anda. 






 



  1. Media Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto


Langkah selanjutnya dalam cara budidaya semut rangrang penghasil kroto yaitu menciptakan media budidaya berupa rak- rak khusus sebagai media penangkaran. Pertama buatlah kerangka rak susun 2 tingkat dari bambu selebar 50 cm.


Untuk mencegah semut keluar dari media, siapkan mangkuk kecil dan masukkan setiap kaki rak ke dalamnya. Tuangkan sedikit oli dalam tiap mangku, atau anda juga sanggup memakai air biasa kalau tidak ada oli bekas.


Pastikan anda meletakkan rak jauh dari dinding supaya semut tidak kabur lewat tembok dan menciptakan sarang lain. 



  1. Bibit Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto


Setelah rak siap dipakai anda sanggup melihat cara menanam pisang Ambon di halaman rumah yang praktis, berikutnya yaitu meletakkan nampan- nampan kosong pada tiap kerangka rak dan saatnya untuk menyiapkan bibit semut rangrang. Ada dua cara untuk mendapat bibit semut rangrang siap budidaya.


Cara pertama yaitu dengan mencarinya eksklusif di alam, biasanya semut rangrang banyak dijumpai pada jenis pohon buah ataupun pohon bergetah manis. Jika anda ingin mencarinya langsung, anda perlu memakai peralatan untuk menghindari gigitannya.


Namun adapun cara gampang untuk mendapat semut rangrang yaitu dengan membelinya pada peternak semut rangrang lain. Selain lebih praktis, cara ini juga mempermudah semut rangrang untuk beradaptasi.



  1. Pakan Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto


Pemberian pakan tidak harus dilakukan setiap hari tetapi setiap pakan yang anda berikan akan habis. Ada beberapa jenis pakan untuk semut rangrang dan anda harus memberikannya secara berselang- seling.


Campuran gula dan madu sanggup diberikan dengan memasukkannya ke dalam piring- piring kecil dan diletakkan di dalam media begitu saja. Untuk perbandingan sempurna antara madu dan gula yaitu 2: 1.


Berikan juga pakan embel-embel berupa jangkrik, tulang ayam hancur, remah roti, dan ulat hongkong sebagai penambah nutrisi. Selain itu anda juga sanggup memperlihatkan pakan berupa potongan buah apel. 






 



  1. Penambahan Media Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto


Seiring waktu ketika jumlah semut rangrang semakin banyak, anda perlu memberi embel-embel media budidaya berupa nampan- nampan yang diletakkan secara zig zag pada belahan rak.


Anda sanggup meletakkannya pada belahan samping ataupun belakang rak dan pastikan untuk tidak melekat tembok. Jumlah nampan kosong tergantung dari banyaknya semut rangrang anda sanggup menyesuaikannya sendiri.



  1. Panen Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto


Bagi anda dengan hobi memancing maupun sedang memelihara jenis burung tertentu pastinya su Cara Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto (Mudah dan Menguntungkan)Panen kroto semut rangrang sanggup dilakukan setela 5- 6 bulan masa tebar benih sehabis kroto tahap pertama muncul.


Akan lebih baik kalau anda tidak memanen pada tahap pertama untuk memperbanyak koloni semut rangrang sehingga sanggup menghasilkan kroto lebih banyak nantinya.


Setelah memasuki masa 5- 6 bulan, anda sanggup memanen kroto setiap 20 hari sekali dengan cirri kroto siap panen yaitu berwarna putih. Setelah 20 hari berbeda dengan cara menanam Ubi Kayu di halaman rumah hingga panen, sarang semut akan penuh dengan telur kecil- kecil berwarna putih hampir ibarat beras.


Itulah informasi mengenai cara budidaya semut rangrang penghasil kroto yang sanggup kami sampaikan. Semoga informasi di atas sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda. selamat mencoba.






Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto (Mudah Dan Menguntungkan)"

Posting Komentar