Bentuk-Bentuk Energi Yang Dikonsumsi Dalam Bangunan Gedung.

Dear sahabat BT, bahagia dapat jumpa lagi. Hari ini aku ingin melanjutkan postingan aku terkait dengan Audit Energi pada Bangunan Gedung. Pembahasan hari ini akan masuk kepada Bentuk-bentuk Energi yang Dikonsumsi dalam Bangunan Gedung.


Bangunan gedung ialah bangunan yang didirikan dan/atau diletakkan dalam suatu lingkungan sebagian atau seluruhnya pada, di atas, atau di dalam tanah dan/atau perairan secara tetap yang berfungsi sebagai daerah insan untuk melaksanakan kegiatan, bertempat tinggal, berusaha, bersosial budaya, dan beraktifitas lainnya. (SNI 6196: 2011).
Credit Picture : pixabay.com (License: CC0 Public Domain)
Adapun jenis-jenis bangunan gedung pada umumnya  terdiri atas:
  1. Residential (Tempat Tinggal)
  2. Non Residential : Commercial: Hotel, Rumah Sakit, Pertokoan, Rental Office, dan lain-lain. dan Non Commercial: Kantor-kantor yang bersifat pelayanan menyerupai kantor pemerintah, bank, dan lain-lain.
Baca Juga : Prosedur dan Tatalaksana Audit Energi pada Bangunan Gedung

Sedangkan bentuk-bentuk energi yang dikonsumsi dalam bangunan gedung ialah sebagai berikut :
  1. Energi yang dikonsumsi dalam bangunan gedung sebagai berikut: a) Energi listrik: PLN, genset; b) Energi materi bakar: minyak diesel, gas; c) Energi air dalam hal ini air dipakai untuk menghasilkan energi berupa uap dari hasil kerja boiler, d) Energi yang berasal dari matahari yang dipakai untuk water heater.
  2. Peralatan-peralatan yang mengkonsumsi energi pada bangunan terdiri atas: a) Peralatan-peralatan untuk mengubah kondisi thermal: 1) Sistem penyegaran udara (AC), 2) Sistem ventilas. b) Peralatan-peralatan ; Untuk merubah kondisi visual/lighting (pencahayaan): lampu dan alat-alat kontrolnya. c) Peralatan untuk sistem transportasi: lift/escalator. d) Peralatan pendukung listrik lainnya: motor-motor listrik, computer, TV, dispenser, dan lain-lain. e) Peralatan yang mengkonsumsi materi bakar minyak dan gas: boiler, genset, dan lain-lain.
Demikian postingan aku tentang Bentuk-bentuk Energi yang Dikonsumsi dalam Bangunan Gedung semoga bermanfaat ! [BT]
Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bentuk-Bentuk Energi Yang Dikonsumsi Dalam Bangunan Gedung."

Posting Komentar