√ Batas Wilayah Pertumbuhan

Batas Wilayah Pertumbuhan - Akibat luasnya wilayah Indonesia maka pembangunan industry memakai dua macam pendekatan, yaitu pendekatan sektoral dan regional. Dengan memperhatikan potensi sumber daya yang terbesar di wilayah Indonesia, pemerintah membentuk kesatuan wilayah industry dengan urutan sebagai berikut


 Akibat luasnya wilayah Indonesia maka pembangunan industry memakai dua macam pendekat √ BATAS WILAYAH PERTUMBUHAN

a. Wilayah Pusat Pertumbuhan Industri (WPPI), yaitu suatu benteng alam yang terdiri atas beberapa daerah yang berpotensi untuk tumbuh dan berkembangnya acara industri dan mempunyai keterkaitan ekonomi yang bersifat dinamis alasannya ialah didukung oleh sistem perhubungan yang mantap.
b. Zona industri, ialah wilayah di dalam WPPI yang mempunyai daya ikat Istimewa dalam acara ekonomi pada umumnya dan acara industry khususnya dalam batasan jarak tertentu.
c. Kawasan industri, ialah kompleks tertentu bagi banyak sekali industri dasar yang berperan sebagai pendorong pertumbuhan zona industri. Kegiatan industri kecil terdapat di dalam dan di luar tempat industri.
d. Lingkungan/pemukiman industri kecil, yaitu wilayah atau tempat berlangsungnya acara industri kecil.
e. Sentral industri kecil, yaitu tempat sentra dalam acara industri kecil.


 Akibat luasnya wilayah Indonesia maka pembangunan industry memakai dua macam pendekat √ BATAS WILAYAH PERTUMBUHAN


Indonesia terbagi ke dalam delapan WPPI dengan potensi sebagai berikut.
a. WPPI Sumatera bab utara, berlandaskan pada potensi sumber daya alam.
b. WPPI Sumatera bab selatan (termasuk Banten) berlandaskan pada potensi ekonomi kerikil bara, minyak bumi, timah, dan mineral industri, menyerupai koalin dan kapur.
c. WPPI Jawa dan Bali (tanpa Banten), berlandaskan pada prasarana yang baik, tenaga kerja yang terampil, sumber energi, dan sistem pertanian yang maju.
d. WPPI Kalimantan bab timur, berlandaskan pada potensi gas dan kerikil bara.
e. WPPI Sulawesi, berlandaskan pada potensi pertanian, perikanan, nikel, aspal, kapur, dan kayu.
f. WPPI Batam dan Kalimantan Barat, berlandaskan letak strategis, potensi hasil hutan, dan gas alam.
g. WPPI Indonesia Timur bab selatan, berlandaskan potensi sumber daya alam, budaya dan tenaga terampil untuk industri kecil.
h. WPPI Indonesia Timur bab utara, berlandaskan pada potensi hasil laut, hutan, dan mineral

Hadirnya pusat-pusat pertumbuhan akan menarik tenaga kerja yang dilihat dari arus mobilitas penduduk dari desa ke kota maupun antarprovinsi. Mobilitas penduduk dari pedesaan menuju kota besar di Indonesia menunjukkan angka yang terus meningkat sejalan dengan pesatnya pertumbuhan kota. Pengaruh pusat-pusat pertumbuhan itu secara umum mempunyai multidimensi, contohnya persebaran sumber daya, perkembangan ekonomi, dan perubahan sosial budaya masyarakat.



Versi materi oleh Dibyo S dan Ruswanto


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Batas Wilayah Pertumbuhan"

Posting Komentar