10 Cara Meningkatkan Kecepatan Website Sampai 20%

Cara Meningkatkan Kecepatan Website,-


Kecepatan loading website menjadi salah satu faktor utama untuk menciptakan visitor Anda betah berlama-lama di website Anda.


Kenapa kita perlu meningkatkan kecepatan website?


Dalam dunia website, ada kata yang berjulukan “Bounce Rate” yang berarti bahwa calon visitor website Anda belum sempat membuka halaman website Anda secara penuh namun sudah menutup tab website Anda. Dan tentu saja itu akan berdampak pada nilai SEO website Anda.


Untuk melihat kecepatan website, Anda sanggup melihatnya di web gt-metrix ini dan input URL website Anda disana. Jika nilai website Anda dibawah 75-75 berarti Anda harus segera melaksanakan tune up pada website Anda.


Beberapa Cara Meningkatkan Kecepatan Website yang paling gampang dan efektif antara lain :


1. Hosting


Sudah tidak sanggup dipungkiri lagi, hosting ialah imbas utama dalam urusan kecepatan loading website. Pilih hosting secara bijak tetapi sesuai budget Anda.


Pada website ini saya menentukan hosting lokal dari provider dracoola.


2. Template / Theme


Template merupakan salah satu faktor utama yang bekerjasama dengan kecepatan suatu website, Template yang premium tidak selalu berbarengan dengan kecepatan loading yang cepat.


Justru lebih banyak fitur akan sanggup kuat drastis pada kecepatan website Anda, Pilih template yang ringan dengan tidak terlalu mengutamakan imbas visual sanggup mempercepat loading website Anda.


3. Optimasi Image


Dalam website ada 2 jenis meningkatkan secara optimal image, yaitu pre upload dan post upload (setelah upload). Dengan melaksanakan meningkatkan secara optimal image kita sanggup mengurangi page size secara signifikan.


Untuk meningkatkan secara optimal image pre upload, Saya biasanya memakai aplikasi Riot untuk kompres ukuran dan kualitas image secara drastis! Biasanya saya melaksanakan kompres hingga ukuran gambar menjadi 50kb atau bahkan dibawahnya.


Sedangkan untuk meningkatkan secara optimal post upload, Beberapa hal yang sanggup Anda optimalkan ialah :



  • Optimasi image Saya memakai beberapa plugin ibarat wp smush it yang berfungsi untuk melaksanakan meningkatkan secara optimal image sesuai ukuran layout website Anda.


Beberapa plugin alternatif yang sanggup Anda coba antara lain EWWW Image Optimizer, CW Image Optimizer, Imsanity and Hammy.



  • Penggunaan jquery image lazy load, lazy load ialah suatu fitur untuk menampilkan gambar hanya sesudah visitor hingga pada titik fokus gambar tersebut. Seperti yang saya gunakan pada website ini.Jika website Anda tidak memiliki fitur lazy load, Silahkan instal plugin lazy load image.


Silahkan baca penggunaan ekstensi gambar yang lebih baik pada artikel ini.


4. Optimasi Script


Anda tidak perlu paham mengenai script untuk sanggup melaksanakan meningkatkan secara optimal script dalam website, Terlebih bila Anda memakai platform wordpress.


Anda sanggup memakai 2 plugin :



2 Plugin diatas memiliki fungsi untuk mengurangi redundan (pengulangan) script dalam seuatu halaman website.


Note : Plugin diatas terkadang tidak kompatibel bila digabungkan dengan beberapa plugin yang (mungkin) Anda pakai, sehingga sanggup menjadikan website Anda blank putih.


Baca juga : Cara mengatasi website blank putih


5. Optimasi Widget


Optimasi widget disini tidak hanya memiliki arti untuk edit coding widget Anda, tetapi juga penggunaan widget dengan bijak. Sebab penggunaan widget yang berlebihan justru sanggup menciptakan website Anda lemot.



  • Optimasi coding widget



Untuk meningkatkan secara optimal coding widget, Anda sanggup mengubah 2 hal yaitu desain dan fitur.


Seperti yang saya terapkan pada website bacaanku.com ini, Saya melaksanakan edit isyarat widget pada tab yang aslinya berisi Popular post, Recent Post, Recent Comment, Tag menjadi Popular post dan Recent post saja.


Sedangkan untuk edit visual, saya menghilangkan imbas shadow pada tiap box dan mengurani border line tiap widget dan seluruh box container.



  • Optimasi Jenis widget


Pada kepingan ini Anda harus melakukannya secara bijak kenapa demikian? Karena hal yang sering dilakukan oleh para blogger pemula ialah mereka sering menghabiskan banyak waktu untuk menciptakan website mereka “indah” tapi tidak memperhatikan kecepatan loading websitenya.


Sebagai pola widget facebook fanspage :


Jika Anda menciptakan widget facebook fanspage secara full image akan berdampak loading website yang lebih usang daripada widget casual, lihat pola gambar berikut :


Kecepatan loading website menjadi salah satu faktor utama untuk menciptakan visitor Anda betah 10 Cara Meningkatkan Kecepatan Website Hingga 20%
contoh widget facebook

Note : Percaya atau tidak, penggunaan widget facebook A sanggup memperlambat kecepatan website Anda hingga 3% dibandingkan dengan widget pada pola B!!


Maaf saya memakai pola widget dari website orang lain sebab memang saya sudah tidak memakai widget ibarat diatas.


Karena memang bila Anda memiliki template yang sudah memperlihatkan fitur widget social akan lebih baik menggunakannya dari bawaan template atau dari plugin social share.


6. Optimasi Database


Beberapa hal yang sanggup Anda meningkatkan secara optimal pada database Anda ialah dengan menghapus daftar revisi, jumlah komentar spam (trash), draft postingan yang tidak terpakai.


Untungnya, untuk melaksanakan meningkatkan secara optimal database tersebut, Anda cukup menginstal plugin WP-optimize untuk membersihkan file file sampah diatas.


7. Optimasi Homepage


Kelanjutan dari meningkatkan secara optimal widget pada point ke-5, pada tahap ini Anda sanggup melaksanakan beberapa meningkatkan secara optimal pada homepage Anda dengan beberapa hal berikut :



  • Kurangi jumlah postingan pada homepage (5-7 sudah cukup)

  • Hilangkan fitur social share pada tiap postingan homepage

  • Hapus widget yang tidak penting

  • Hapus/Deactive plugin yang tidak penting


8. Hindari Penggunaan Gambar Bergerak


Tidak sedikit blogger yang menyisipkan slide image pada websitenya, atau bahkan flash hingga video padahal hal tersebut justru sanggup meningkatkan page file yang amat besar!


Jika Anda lebih mementingkan kepuasan visitor ada baiknya Anda mengurangi fitur-fitru ibarat diatas.


Jika Anda termasuk google adsense publisher, Ada baiknya Anda block iklan bergerak pada adsense.


Silahkan baca : Cara block iklan google adsense untuk meningkatkan CTR


9. Penggunaan Cache


Ketika suatu browser membuka website Anda, browser tersebut membuka banyak sekali macam file ibarat gambar, CSS, Javascript, dan sebagainya.


Fungsi dari pengugnaan cache ialah website Anda mengirimkan alamat alamat dari file tersebut untuk di ingat oleh browser visitor yang pernah mengunjungi website Anda supaya saat visitor tersebut mengunjungi website Anda lagi, Browser mereka tidak perlu lagi mencari file tersebut.


Jika Anda memakai wordpress maka Anda sanggup dengan gampang memakai plugin cache ibarat yang saya gunakan pada website ini ialah Plugin WP Super cache.


10. Optimasi htaccess


Tidak banyak orang yang mengoptimalkan htaccess untuk meningkatkan kecepatan websitenya, Padahal penggunaan htaccess dengan maksimal akan sanggup sangat membantu website Anda, bahkan menghindari spam sekalipun.


Siilahkan baca optimasi htaccess untuk meningkatkan kecepatan website.


Jika Anda melaksanakan semua cara meningkatkan kecepatan website diatas, Dijamin Website Anda akan lebih cepat setidaknya 10 hingga 20% ibarat yang saya terapkan pada website ini.


Oleh sebab itu, segera lakukan 10 cara meningkatkan kecepatan website yang sudah disampaikan pada artikel ini, agar membantu.


[divider style=”double” top=”5″ bottom=”5″]

Sekian artikel kategori blogging mengenai Cara Meningkatkan Kecepatan Website kali ini, Semoga sanggup memberi pandangan gres kepada Anda, Terima Kasih.

Jika Ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan silahkan mengisi kolom komentar.


Silahkan Like Fanspage kami dan Share artikel ini Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.



Sumber https://bacaanku.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Cara Meningkatkan Kecepatan Website Sampai 20%"

Posting Komentar