√ Tauco Kecipir: Hidangan Unik Enak Nan Sehat! Begini Cara Membuatnya!

 merupakan salah satu tumbuhan dari suku polong √ Tauco Kecipir: Sajian Unik Lezat Nan Sehat! Begini Cara Membuatnya!Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus (L.) D.C.) merupakan salah satu tumbuhan dari suku polong-polongan (fabaceae) yang merupakan bab dari ordo fabales. Kecipir berasal dari indonesia bab timur.


Tanaman kecipir termasuk tumbuhan yang gampang di tanam di manapun, di hampir seluruh kawasan nusantara. Sehingga tidak heran tumbuhan ini mempunyai beberapa nama di tiap daerah, antara lain di Sumatera dikenal sebagai kacang botol atau kacang belingbing, kacang embing (Palembang), jaat (Sunda), kelongkang (Bali), cipir (Jawa Tengah dan Jawa Timur), kaceper (Madura), serta biraro (Ternate).


Tanaman kecipir merupakan tumbuhan tahunan, tumbuh menjalar di atas tanah atau merambat pada tumbuhan lain, bunganya bisa menyerbuk sendiri. Tanaman ini merupakan tumbuhan pangan multimanfaat. Daun, bunga, polong muda, biji, dan umbinya biasa diolah menjadi materi kuliner kaya zat gizi.


 merupakan salah satu tumbuhan dari suku polong √ Tauco Kecipir: Sajian Unik Lezat Nan Sehat! Begini Cara Membuatnya!Seperti bunga gambas dan bunga turi, bunga kecipir juga enak dimakan mentah sebagai salad atau lalap, direbus, maupun digoreng. Rasanya enak menyerupai jamur.


Bunganya sanggup diolah menjadi bumbu, rempah-rempah, permen, dan materi pewarna alami. Protein bunga kecipir (5,6 g) lebih besar dari jantung pisang (1,6 g) dan bunga gambas (1,3 g) per 100 gramnya.


Daun kecipir konon sanggup digunakan sebagai obat sakit mata, sakit telinga, dan bisul. Daun, khususnya yang berwarna hijau gelap kaya akan provitamin A. Proteinnya (5,07,6 g) lebih tinggi dari daun singkong (6,9 g), bayam (3,6 g), daun talas (4,1 g) per 100 gramnya.


Umbi kecipir rasanya agak manis, daging berwarna putih gading, berserat kokoh menyerupai apel, tetapi berbau kurang sedap. Protein umbinya (10,9 g) lima kali lebih tinggi dari kentang dan gadung serta ubi jalar dan sepuluh kali dari protein ganyong.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



 merupakan salah satu tumbuhan dari suku polong √ Tauco Kecipir: Sajian Unik Lezat Nan Sehat! Begini Cara Membuatnya!Polong muda sanggup dimakan mentah (sebagai lalap), direbus, atau dicampur sayuran lain sebagai sayur asam, sayur lodeh, urap, karedok, pecel, gado-gado. Juga sanggup diolah dengan cara ditumis atau dioseng. Di Bangladesh, polong muda digoreng dan dimakan dengan ikan atau daging.


Seratus gram polong muda mengandung vitamin A (340-595 SI), zat besi (0,2-12,0 mg), vitamin C (21-37 mg), serta vitamin dan mineral penting lain. Sebagai sayuran, polong muda tak hanya unggul dalam gizi, cita rasanya juga khas.


Biji kecipir bau tanah komposisi gizinya paling baik, meski lebih banyak digunakan sebagai benih ketimbang materi pangan. Mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral cukup tinggi dibanding polong muda, umbi, dan daunnya.


Protein dan karbohidrat biji kecipir bahkan mengungguli kacang tanah dan hampir setara kacang kedelai. Biji kecipir mengandung protein sangat baik. Asam aminonya hampir sama dengan kedelai, sumber protein nabati paling baik. Namun, protein pada biji kecipir juga kekurangan asam amino menyerupai sistein, methionin, triptofan, sehingga pemanfaatan protein oleh badan kurang efisien.


Biji kecipir kaya akan asam amino lisin, mencapai 413-600 mg per 100 g N, sedangkan pada kedelai hanya 399 mg per 100 g N. Asam amino lisin berperan penting dalam proses pertumbuhan. Kandungan lisin pada biji kecipir sanggup digunakan untuk menutupi kekurangan lisin pada materi pangan pokok, menyerupai beras, jagung, dan umbi-umbian. Karena itu, biji kecipir sangat baik sebagai lauk banyak sekali hidangan.


 merupakan salah satu tumbuhan dari suku polong √ Tauco Kecipir: Sajian Unik Lezat Nan Sehat! Begini Cara Membuatnya!Salah satu produk olahan yang tepat untuk biji kecipir yakni tauco kecipir. Tauco merupakan salah satu jenis produk fermentasi yang telah usang dikenal dan disukai oleh sebagian masyarakat Indonesia. Karena tauco mempunyai rasa dan aroma yang khas maka tauco sering digunakan pula sebagai flavoring agent.


Tauco yakni bumbu kuliner berfungsi sebagai penyedap masakan alasannya busuk dan rasanya yang khas. Tauco berbentuk pasta yang berwarna kekuning-kuningan, rasanya agak asin. Biasanya tauco dibentuk dari biji kedelai (Glycine max) tetapi kali ini di buat dari materi dasar biji kecipir. Penasaran bagaimana rasanya? Mau tahu bagaimana cara pengolahannya? Berikut ini resep menciptakan tauco kecipir:


Bahan



  1. Biji kecipir 2 kg

  2. Jamur tempe 100 gram

  3. Garam dapur 5 kg

  4. Gula merah 500 gram

  5. Kecap, udang kering (udang kering), poka (bumbu kecap) kayu manis, dan daun salam secukupnya

  6. Air 21 liter


Alat



  1. Drum atau tong kayu

  2. Tampah (nyiru)

  3. Ayakan

  4. Panci

  5. Rak penjemuran

  6. Sendok kayu

  7. Tungku atau Kompor

  8. Kain Saringan atau kain blacu

  9. Rak botol

  10. Corong

  11. Botol dan tutup yang sudah disterilkan


Cara Pembuatan

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">




  1. Bersihkan biji kecipir kemudian rendam selama satu hari (24 jam), kemudian rebus hingga lunak (+ 1 2 jam);

  2. Kupas kulit biji kecipir, kemudian kukus selama 1 jam kemudian tiriskan dan dinginkan;

  3. Setelah itu lakukan peragian dengan jamur (bibit) tempe, Aduk hingga rata dan peram pada suhu kamar (25 0 30 0 C) selama 3 7 hari hingga seluruhnya ditumbuhi jamur (kapang);

  4. Jemur biji kecipir yang telah berjamur tersebut hingga kering. Hasil penjemuran ini disebut bungkil tauco;

  5. Rendam bungkil tauco dalam 20 liter air yang telah diberi garam (5 kg). Diamkan rendaman ini pada suhu kamar (25 0 30 0 C) selama 10 20 hari;

  6. Masukkan gula merah, udang kering atau udang kering, poka, kayu manis, dan daun salam ke dalam rendaman tersebut, kemudian masak hingga menjadi bubur;

  7. Jemur hingga menjadi pasta dan masukkan ke dalam botol yang sudah disterilkan.


Selain untuk dikonsumsi sendiri, tauco kecipir juga sangat berpotensi untuk kau jadikan bisnis. Tauco kecipir terbilang sangat langka, sehingga kompetisi bisa dibilang tidak begitu ketat. Tauco kecipir juga merupakan produk unik yang tidak banyak ditemukan dipasaran, sehingga akan semakin menarik minat konsumen untuk membeli. Bagaimana? Anda tertarik?


Catatan:

Pemberian ragi yang kurang atau lebih, sanggup menciptakan hasil tauco kurang sempurna



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Tauco Kecipir: Hidangan Unik Enak Nan Sehat! Begini Cara Membuatnya!"

Posting Komentar