Taman Nasional Di Indonesia

Sahabat bangkusekolah.com, sebelum kita membahas mengenai taman nasional di Indonesia, kita bahas terlebih dahulu wacana konservasi. konservasi keanekaragaman hayati atau biodiversitas sudah menjadi janji internasional.


Objek keanekaragaman hayati yang dilindungi terutama kekayaan jenis tumbuhan (flora) dan kekayaan jenis binatang (fauna) serta mikroorganisme contohnya jamur dan bakteri. Perlu diingat bahwa yang termasuk tumbuhan tidak hanya tumbuhan berbunga yang sehari-hari kita lihat tetapi juga lumut dan paku-pakuan. Demikian juga dengan fauna, tidak saja meliputi binatang mamalia namun juga ikan, reptilia, burung dan serangga.


Tempat santunan keanekaragaman hayati di Indonesia telah diremikan oleh pemerintah. Lokasi santunan tersebut contohnya berupa Taman Nasional, Cagar Alam, Hutan Wisata, Taman Hutan Raya, Taman Laut, Wana Wisata, Hutan Lindung, dan Kebun Raya. Tempat-tempat tersebut mempunyai makna yang berbeda-beda meskipun fungsinya sama yaitu untuk tujuan konservasi.


1. Taman Nasional di Indonesia


Taman nasional yaitu daerah konservasi alam dengan ciri khas tertentu baik di darat maupun di perairan. Taman nasional mempunyai fungsi ganda, yaitu santunan terhadap system penyangga kehidupan dan santunan jenis tumbuhan dan binatang serta pelestarian sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Taman nasional juga penting untuk ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya, dan rekreasi alam. Biodiversitas di Indonesia yang unik dilindungi terutama di taman nasional.


 kita bahas terlebih dahulu wacana konservasi Taman Nasional di Indonesia


Beberapa taman nasional di Indonesia yaitu sebagai berikut:


a. Taman Nasional Gunung Leuser : terletak di provinsi Sumatera Utara dan Daerah spesial Aceh.

b. Taman Nasional Kerinci Seblat: terletak membentang di empat propinsi yaitu Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Bengkulu.

c. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan: terletak di Bengkulu dan Lampung.

d. Taman Nasional Ujung Kulon: terletak di ujung barat Pulau Jawa.

e. Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango: terletak di Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi.

f. Taman Nasional Kepulauan Seribu: terletak di kepulauan seribu.

g. Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru : membentang di Kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lampung, Jawa Timur.

h. Taman Nasional Meru Betiri : terletak di Jember selatan.

i. Taman Nasional Baluran: di ujung timur Pulau Jawa.

j. Taman Nasional Bali Barat: di kabupaten Jembrana dan Buleleng.

k. Taman Nasional Komodo : di Pulau Komodo, Rinca, Podan, Gilimotong dan pulau-pulau kecil lainnya.

l. Taman Nasional Tanjung Putting: terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

m. Taman Nasional Lore Lindu: terletak di Sulawesi Tengah.


2. Cagar Alam


Cagar Alam yaitu daerah suaka alam yang mempunyai ciri khas tumbuhan, satwa, dan ekosistem, yang perkembangannya diserahkan pada alam.


3. Hutan Wisata


Hutan wisata yaitu daerah hutan yang alasannya yaitu keadaan dan sifat daerahnya perlu dibina dan dipertahankan sebagai hutan, yang sanggup dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan, kebudayaan, dan rekreasi.


4. Taman Hutan Raya


Dimanfaatkan untuk koleksi tumbuhan dan hewan, alami atau non-alami, jenis orisinil atau pendatang, yang mempunyai kegunaan untuk perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, kebudayaan, dan rekreasi.


5. Taman Laut


Wilayah lautan yang mempunyai ciri khas berupa keindahan alam atau keunikan alam yang ditunjuk sebagai daerah konservasi alam.


6. Wana Wisata


Kawasan hutan yang disamping fungsi utamanya sebagai hutan produksi, juga dimanfaatkan sebagai objek wisata.


7. Hutan Lindung


Kawasan hutan alam yang biasanya terletak di daerah pegunungan yang dikonservasikan untuk tujuan melindungi lahan biar tidak tererosi dan untuk mengatur tata air.


8. Kebun Raya


Kebun raya merupakan kumpulan tumbuh-tumbuhan di suatu tempat yang berasal dari banyak sekali daerah yang ditanam untuk tujuan konservasi, ilmu pengetahuan dan rekreasi.


Itulah beberapa tempat santunan keanekaragaman hayati termasuk taman nasional di Indonesia. Semoga bermanfaat, terimakasih telah berkunjung ke bangkusekolah.com.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Taman Nasional Di Indonesia"

Posting Komentar