Sifat Sifat Cahaya

Sahabat Bangkusekolah.com, kali ini kita akan membahas mengenai sifat sifat cahaya yang akan dibagi menjadi dua kategori utama yaitu cahaya berinteraksi dengan materi atau zat dan perambatan sifat cahaya. Cahay termasukgelombang, oleh alasannya ialah itu perambatan cahaya hampir sama dengan gelombang-gelombang lainnya contohnya gelombang air dan gelombang suara.


Langsung saja kita bahas secara mendetail yuk!


Sifat Sifat Cahaya


A. Interaksi Cahaya dengan Bahan atau Zat


Cahaya bisa berinteraksi dengan atom-atom di dalam suatu bahan. Interaksi yang dilakukan cahaya dengan atom menjadikan benda bergetar. Frekuensi cahaya yang mengenai dan struktur elektron dalam atom akan mensugesti besar kecil getaran elektron.


Ada tiga kemungkinan yang bisa terjadi dikala cahaya berinteraksi dengan suatu bahan, yaitu cahay sanggup diteruskan, cahaya sanggup dipantulkan dan cahaya sanggup diserap oleh bahan. Dari ketiga kemungkinan ini, cahaya bisa terjadi sendiri-sendiri maupun gabungan. Misalnya ada sebagian cahaya yang dipantulkan dan ada sebagian cahaya yang diserap oleh suatu bahan.


– Bahan tembus cahaya


Bahan yang bisa meneruskan cahaya menyerupai udara, lensa dan air. Bahan yang bisa dilalui cahaya disebut benda tembus cahaya (transparent). Kamu masih bisa melihat benda-benda di depanmu ketika benda yang tembus cahaya didekatkan ke mata kamu.


– Bahan tak tembus cahaya


Ketika gelombang cahaya dipantulkan oleh suatu bahan, maka kita sanggup melihat benda tersebut dengan jelas. Kita bisa melihat suatu benda alasannya ialah benda tersebut memantulkan cahaya. Bahan-bahan berwarna gelap lebih sedikit memantulkan cahaya dibandingkan dengan materi yang berwarna terang. Bahan-bahan yang sanggup menyerap atau memantulkan cahaya disebut benda tak tembus cahaya (opaque). Contoh benda yang tak tembus cahaya yaitu badan manusia, buku, meja, cermin dan sebagainya. Kita benda tak tembus cahaya didekatkan ke mata kita, kita sama sekali tak bisa melihat benda-benda disekitar kita.


– Bahan buram


Selain ada bahan-bahan tembus cahaya dan tak tembus cahaya, ada bahan-bahan yang bisa meneruskan sebagian cahaya tetapi memantulkan dan menyerap sebagian cahaya lainnya. Bahan-bahan menyerupai ini disebut materi buram (transculent).


 yang akan dibagi menjadi dua kategori utama yaitu cahaya berinteraksi dengan materi atau z Sifat Sifat Cahaya


B. Perambatan Cahaya


Christian Huygens (1678) menemukan teori pertama yang menjelaskan gerak gelombang pada tiga dimensi. Huygens beropini bahwa puncak gelombang cahaya berbentuk permukaan-permukaan menyerupai kulit bawang.


– Model Gelombang Huygen


Huygen menyatakan bahwa setiap titik pada permukaan gelombang juga berperilaku sebagai sebuah sumber gelombang bulat gres yang lebih kecil, yang disebut wavelet. Konstruksi gelombang yang diajukan oleh Huygens ini bisa menjelaskan kenapa gelombang cahaya cenderung akan memancar ketika keluar dari sebuah lubang kecil, bukannya berupa sebuah berkas sinar.


– Interferensi


Interferensi terjadi ketika dua gelombang bertemu. Ketika puncak gelombang bertemu dengan puncak gelombang lainnya maka akan membentuk gelombang yang lebih besar yang disebut interferensi konstruktif. Sedangkan interferensi konstruktif merupakan insiden bertemunya sebuah gelombang dengan lembah gelombang yang lain, kedua gelombang ini akan cenderung saling meniadakan sehingga menghasilkan gelombang yang lebih kecil atau bahkan sama sekali tidak ada.


– Difraksi


Difraksi merupakan memancarnya cahaya yang melalui celah sempit. Misalnya ketika genteng rumah bocor atau berlubang, kau bisa melihat bahwa akan ada cahaya yang masuk ke rumah pada siang hari. Jika lubang tersebut besar, maka cahaya matahari yang masuk akan berupa berkas garis lurus.


Itulah pembahasan mengenai sifat cahaya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk sahabatbangkusekolah.com. Jangan lupa lika dan share ke teman-teman ya.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sifat Sifat Cahaya"

Posting Komentar