√ “Serabi Kinca”, Serabi Kuah Enak Khas Tanah Sunda!

Bagi anda yang orisinil orang Bandung Jawa Barat mungkin sudah tidak abnormal dengan jajanan pasa √ “Serabi Kinca”, Serabi Kuah Lezat Khas Tanah Sunda!Bagi anda yang orisinil orang Bandung Jawa Barat mungkin sudah tidak abnormal dengan jajanan pasar yang satu ini. Yap, serabi kinca!. Serabi khas jawa barat ini berbeda dengan serabi yang banyak dikenal pada umumnya. Perbedaan utamanya yakni adanya kuah yang dibentuk khusus untuk menikmati serabi ini.


Berbicara mengenai serabi, ada berbagai macam serabi yang ada di Indonesia. Mulai dari Serabi Solo, Serabi Jakarta, Serabi Kinca atau serabi Bandung, Serabi Mataram dan banyak lagi.


Jika dilihat dari sejarahnya, bahwasanya belum ada yang sanggup memastikan bagaimana kisah terciptanya dan siapa yang pertama kali menciptakan camilan anggun yang menyerupai martabak mini ini. Hanya saja, bila melihat dari asal usul, kata ‘serabi’ berasal dari bahasa Sunda yaitu “sura”, berarti besar. Oleh sebab itu, di Bandung banyak yang menyebutnya surabi.


Sementara itu , dalam bahasa Jawa, serabi disebut dengan nama surobi. Ada yang menyebutkan asal serabi dari India dan ada pula yang menyebut serabi Indonesia terpengaruh oleh budaya panekuk asal Belanda.


Umumnya, serabi kinca dimakan dengan kuah santan atau kuah kinca. Tetapi di zaman serba modern ini serabi juga sudah dimodernisasi dengan suplemen topping. Serabi sanggup ditambahkan dengan topping menyerupai keju, cokelat, stroberi, durian, sosis, telur bahkan irisan daging ayam

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Cara memasak serabi juga terbilang unik dan masih sangat tradisional. Dengan memakai tungku serta wadah tanah liat campuran serabi dimasak di atas arang. cara memasak ini sanggup menciptakan potongan bawah serabi terasa renyah dan wangi, serta potongan dalamnya empuk.


Nah buat kau yang bukan penduduk bandung dan sekitarnya, gak usah galau gak sanggup merasakan kelezatan serabi kinca!. Kamu juga gak perlu jauh-jauh dating ke Bandung dulu. Buat sendiri aja yuk! Gak susah kok. Ini resepnya.


Bagi anda yang orisinil orang Bandung Jawa Barat mungkin sudah tidak abnormal dengan jajanan pasa √ “Serabi Kinca”, Serabi Kuah Lezat Khas Tanah Sunda!Bahan-Bahan:



  • 200 gr tepung beras putih

  • 1 sdt ragi instan

  • 3 sdt gula pasir

  • 560 ml santan encer

  • 2 butir telur

  • 1/2 sdt garam halus

  • 2 sdm air pandan suji / 3 tetes pasta pandan


Cara Membuat:



  • Campur tepung beras, ragi instan dan gula pasir, aduk rata. Masukkan telur dan santan bertahap sambil diaduk rata. Saring bila perlu.

  • Tambahkan garam dan air suji, aduk rata. Diamkan selama 2 jam.

  • Panaskan cetakan serabi. Tuang campuran hingga 3/4 penuh, biarkan terlihat matang berlubang-lubang, tutup. Matangkan sempurna. Angkat dan sisihkan.

  • Buat kinca dari gula jawa, santan encer dan daun pandan, masak hingga mendidih dan gula larut. Kemudian saring.

  • Sajikan serabi dengan siraman kuahnya.


Bagi anda yang orisinil orang Bandung Jawa Barat mungkin sudah tidak abnormal dengan jajanan pasa √ “Serabi Kinca”, Serabi Kuah Lezat Khas Tanah Sunda!


Harga serabi sendiri terbilang sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 8.000-an per porsinya. Jika kau berkesempatan jalan-jalan ke Bandung, terdapat satu jalan yang khusus menjual serabi yaitu di Jalan Setiabudi. Pastikan kau menyempatkan waktu mampir kesana.


Jika kau sudah sanggup menciptakan serabi kinca, gak ada salahnya loh kau buat perjuangan serabi kinca. Di luar tempat bandung, serabi kinca sanggup menjadi salah satu alternatif perjuangan yang layak untuk diperhitungkan. Hal ini mengingat di luar bandung perjuangan serabi kinca relatif masih sedikit kompetitor.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Seperti prinsip bisnis pada umumnya, pastikan produkmu mempunyai kualitas yang baik dengan penampilan yang menarik juga. Untuk serabi kinca, kau sanggup memakai box untuk kemasannya. Dijamin makin menyempurnakan produkmu.


Semoga bermanfaat dan salam sukses!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ “Serabi Kinca”, Serabi Kuah Enak Khas Tanah Sunda!"

Posting Komentar