Rentang Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Ada banyak sekali macam spektrum gelombang elektromagnetik. Semuanya mempunyai frekuensi dan panjang gelombang yang berbeda-beda. Berikut ini urutan rentang spektrum gelombang elektromagnetik dari yang terkecil sampai frekuensi terbesar:



  1. Gelombang Radio

  2. Gelombang Televisi

  3. Gelombang Mikro (radar)

  4. Sinar Inframerah

  5. Sinar Tampak (cahaya)

  6. Sinar Ultraviolet

  7. Sinar-X

  8. Sinar Gamma


Kamu bisa melihat gambar spektrum gelombang elektromagnetik yang ada di bawah ini.


Ada banyak sekali macam spektrum gelombang elektromagnetik Rentang Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Rumus menghitung gelombang elektromagnetik yaitu :


c = f x ג


Artinya,

c = gelombang elektromagnetik

f = frekuensi

ג = panjang gelombang


1. Gelombang Radio


Gelombang radio sanggup dihasilkan oleh serangkaian elektronik yang disebut osilator. Pemancar gelombang radio yaitu antena dan diterima kembali oleh antenna. Tinggi rendah antenna menghipnotis luas tempat yang mendapatkan bunyi yang dipancarkan oleh antena tersebut. Kita tidak bisa mendengar gelombang radio secara langsung, namun yang kita dengar yaitu bunyi hasil dari perubahan gelombang tersebut.


2. Gelombang televisi


Gelombang televisi berbentuk lurus. Gelombang ini tidak bisa dipantulkan oleh lapisan-lapisan atmosfer. Jika dibandingkan dengan gelombang radio, gelombang televisi lebih tinggi.


3. Gelombang Mikro


Gelombang mikro atau microwave dengan frekuensi 3 GHz sanggup berfungsi untuk alat komunikasi, radar, dan memasak.


Radar mempunyai kependekan dari Radio Detection and Ranging. Radar mempunyai fungsi sebagai pemancar dan akseptor gelombang elektromagnetik. Jika selang waktu antara pengiriman pulsa ke target dan penerimaan pulsa pantulan dari target yaitu ∆t, maka jarak target ke sentra radar s, adalah


S = (c x∆t )/2


Radar bisa digunakan untuk mendeteksi adanya pesawat terbang yang menuju atau meninggalkan Bandar udara. Radar tersebut bekerja mendeteksi dengan cara berputar ke segala arah. Dengan adanya radar menciptakan cuaca jelek bukanlah penghalang pendaratan pesawat.


4. Sinar Inframerah


Sinar inframerah tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Manfaat sinar ini yaitu menciptakan pesawat dan satelit di udara bisa mengambil gambar dari atas dengan pertolongan sinar inframerah ini.


5. Sinar Tampak


Sinar tampak nama lainnya yaitu cahaya. Dengan begitu, sinar ini merupakan sinar yang mempu membantu penglihatan kita. Panjang gelombang sinar ini yaitu antara 430 nm – 690 nm.


6. Sinar Ultraviolet


Sinar ultraviolet atau sinarungu dihasilkan oleh beberapa molekul dan beberapa atom. Sebagian besar atom memancarkan sinar dengan frekuensi yang kahas pada tempat sinar tampak dan sinar ultraviolet. Frekuensi yang dimiliki oleh sinat ultraviolet yaitu antara 〖10〗^15Hz – 〖10〗^16Hz. Matahari merupakan sumber adanya sinbar ultraviolet. Lapisan ozon yang ada di bumi bisa menyerap sinar ini. Akan tetapi, adanya lubang pada lapisan ozon menimbulkan sinar ini bisa mencapai bumi. Akibatnya, makhluk hidup bisa terancam oleh sinar ultraviolet ini.


7. Sinar-X


Wilhem Conrad Rontgen merupakan seseorang yang menemukan sinar-X. Dengan begitu, sinar x disebut juga sebagai Rontgen. Panjang gelombang sinar x sangat pendek yaitu rentang 〖10〗^16Hz – 〖10〗^20Hz. Bidang kedokteran dan bidang industri memanfaatkan sinar x sebab sinar ini mempunyai beberapa fungsi antara lain, mendeteksi organ-organ dalam tubuh, sanggup digunakan memotret posisi tulang dalam badan dan sebagainya.


8. Sinar Gamma


Sinar ini mempunyai frekuensi antara 〖10〗^20Hz – 〖10〗^25Hz. Sinar ini dihasilkan oleh inti-inti atom yang tidak stabil.


Itulah urutan rentang spektrum gelombang elektromagnetik dari yang terkecil sampai frekuensi terbesar yang bisa sobat bangkusekolah.com pahami. Jangan lupa like dan share ya.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Rentang Spektrum Gelombang Elektromagnetik"

Posting Komentar