Penetralan Dengan Cara Pembumian Pada Instalasi Listrik Kapal


Listrik di kapal memegang peranan penting dalam operasional kapal, terutama untuk pengoperasian peralatan-peralatan pendukung. Seperti hal listrik di darat, listrik di kapal pada prinsipnya sama dengan di darat. Hanya saja diatas kapal ada beberapa keadaan khusus. Ini berkaitan dengan lingkungannya yang khusus pula sehingga memerlukan persyaratan tertentu. Termasuk dalam sistem penetralan dan pembumiannya.   


Dengan sedikit pengecualian pada desain kelistrikan di kapal, di mana untuk mengamankan instalasi dengan mengisolasi bab netral pada sistem tegangan menengah. Ini bertentangan dengan sistem yang ada di darat. Sistem isolasi ini terutama dipakai untuk menghindari resiko pada operasional pelayanan utama menyerupai mesin kemudi dan peralatan-peralatan penting di kamar mesin terhadap kegagalan pada sistem pembumian (earthing). Pada netral earthing bentuk padat, tahap menuju terjadinya kegagalan sistem pembumian berupa korsleting yang pada tahap membahayakan menimbulkan digunakannya sekring pelindung (Circuit Breaker). Pada saklar bentuk motor kegagalan saklar ini mungkin terjadi untuk fase tunggal dan kemungkinannya menimbulkan habis terbakar kecuali bisa melindungi peralatan-peralatan yang ada.


Pada sistem isolasi dengan 1 pembumian, kegagalan yang terjadi tidak menimbulkan terputusnya suplai arus tetapi meningkatnya peringatan pada sistem deteksi kebocoran pembumian. Sehingga menunjukkan kesempatan bagi operator untuk mencari dan memperbaiki kerusakan yang terjadi. Saklar biasanya mempunyai kemampuan menghentikan/menghambat sampai tanda kegagalan pembumian berhenti. Selanjutnya, sumber kegagalan pada bab sirkuit mungkin sulit untuk ditemukan. Dengan sistem pembumian kegagalan sirkuit secara otomatis diatasi dengan pengoperasian peralatan pencegah sehingga lokasi dari kegagalan sanggup diketahui. [Buku Ajar Listrik Kapal]

Referensi :

1. Harington, Roy L.; [1992]; “Marine Engineering”; SNAME; New York. 
2. Watson, George Oliphant; [1983]; “Marine Electrical Practice”; Butterworth & Co.; London.  

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penetralan Dengan Cara Pembumian Pada Instalasi Listrik Kapal"

Posting Komentar