Mengenal Rumus Keliling Bulat Dan Pola Soalnya


Dear sobat BT, bahagia sanggup jumpa lagi. Hari ini Om BT akan membuatkan perihal LINGKARAN. Pembahasan perihal bulat mungkin sudah terlalu sering kita dapatkan sewaktu masih sekolah dulu. Bicara perihal bulat berarti kita harus tahu bagaimana cara menghitung luas lingkaran, diameter bulat dan keliling lingkaran. Nah, pada hari ini Om BT akan fokus pada Keliling Lingkaran dengan judul Mengenal Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soalnya.

Saat kita sanggup tahu bagaimana cara menghitung keliling lingkaran, maka akan sangat  mempunyai kegunaan bagi kita. Karena aplikasi perihal bulat ini banyak kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, dikala kita membuat sebuah pola bulat pada seni kerajinan yang sedang kita kerjakan, atau dikala kita membuat lukisan yang bentuknya lingkaran, atau untuk memecahkan perkara kiprah matematika di kampus atau sekolah kita, ataupun persoalan-persoalan lainnya. 

Nah, kalau kita ingin tahu cara menghitung keliling lingkaran, ikuti langkah berikut :

1. Menghitung dengan Diameter (d)

Tuliskan rumus untuk mencari keliling bulat memakai diameter. Rumusnya sederhana: c = πd. Di sini "c" disni mewakili keliling lingkaran, dan "d" mewakili diameternya. Artinya, Anda sanggup mencari keliling bulat hanya dengan mengalikan diameter dengan pi. Masukkan π ke dalam kalkulator untuk memberi nilai 3.14 yang lebih tepat.

Selengkapnya coba lihat gambar di bawah :



Contoh Soal : 

Silahhkan masukkan nilai diameter ke dalam rumus dan hitung. Seandainya soalnya ibarat ini: Anda mempunyai kolam mandi air panas dengan diameter 8 meter, dan Anda ingin membangun pagar yang membuat ruang selebar 6 kaki sekitar kolam mandi. Untuk mencari lingkar pagar yang harus dibuat, terlebih dahulu Anda harus mencari diameter kolam mandi dan pagar, yang akan menjadi 8 kaki + 6 kaki + 6 kaki, yang akan menjelaskan seluruh diameter kolam mandi dan pagar. Nilai diameternya 8 + 6 + 6, atau 20 kaki. Sekarang hubungkan ke rumus, masukkan π ke dalam kalkulator, kemudian hitung: 

C = πd 

C = π x 20 

C = 62.8 kaki 

2. Menghitung dengan Jari-Jari (r)

Tuliskan rumus untuk mencari keliling bulat dengan memakai jari-jari. Jari-jari ialah setengah dari panjang diameter, sehingga diameter sanggup dianggap sebagai 2r. Ingatlah, rumus untuk mencari keliling bulat dengan jari-jari: C = 2πr. Dalam rumus ini, "r" merupakan jari-jari lingkaran. Sekali lagi, masukkan π ke dalam kalkulator untuk mendapat nilai angka lebih mendekati 3.14.

Selengkapnya lihat gambar di bawah :



Contoh Soal :

Masukkan jari-jari ke dalam rumus kemudian hitung. Untuk referensi ini, katakanlah Anda sedang memotong strip dekoratif kertas untuk membungkus pinggiran sebuah kue. Jari-jari masakan ringan bagus ialah 5 inci. Untuk mencari kelilingnya, cukup masukkan jari-jari ke dalam rumus:

C = 2πr

C = 2π x 5

C = 10π

C = 31.4 inci.

Demikian bahasan Om BT perihal Mengenal Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soalnya, semoga bermanfaat. [BT]

Sumber : wikihow

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengenal Rumus Keliling Bulat Dan Pola Soalnya"

Posting Komentar