Manfaat Bunga Lotus Bagi Kesehatan

Lotus atau seroja yaitu salah satu jenis tanaman air yang banyak ditemukan hidup di tempat rawa-rawa. Tanaman ini dikenal mempunyai bentuk yang unik dan bunga yang berwarna-warni. Hal ini yang menciptakan lotus atau seroja banyak ditanam di kolam-kolam untuk dijadikan tanaman hias. Selain menjadi tanaman hias, ternyata kita sanggup memanfaatkan hampir semua potongan flora lotus untuk dijadikan materi makanan.


 yang banyak ditemukan hidup di tempat rawa Manfaat Bunga Lotus Bagi Kesehatan


Di negara asalnya, India. Biji bunga lotus yang sudah renta diolah dijadikan tepung untuk menciptakan roti dan biji lotus yang muda diolah menjadi teh. Di jepang, potongan batang flora lotus biasanya dipotong-potong kemudian diolah menjadi sayuran atau tumisan. Sedangkan di Tionghoa, masyarakat memanfaatkan rimpang lotus dan mengolahnya menjadi materi masakan yang layak dikonsumsi.


Menurut penelitian, selain sanggup dimanfaatkan sebagai flora hias dan materi makanan. Tanaman lotus ternyata mengandung zat-zat yang baik bagi kesehatan manusia. Tanaman ini juga sanggup dipakai sebagai TOGA atau flora obat keluarga. Sebenarnya kami pernah menulis ihwal keindahan bunga lotus dan manfaat kelopak bunganya sebagai obat. Namun untuk dokumentasi lebih baik ihwal keseluruhan manfaat lotus (bukan bunganya saja), berikut yaitu manfaat-manfaat bunga lotus bagi kesehatan manusia:


Lotus sebagai antioksidan


Menurut penelitian, flora lotus mengandung bahan-bahan kimia menyerupai fenolat, alkaloid, tokoferol, flavonoid, fenolik, dan saponin yang berfungsi sebagai anti oksidan. Zat-zat anti oksidan ini sanggup membantu insan membersihkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh, mencegah penyebaran kuman, dan meningkatkan fungsi ginjal yang sanggup meningkatkan sistem kekebalan badan manusia. Akar lotus atau lotus root biasanya disebut akar tonjong mempunyai fungsi antioksidan yang luar biasa.


 yang banyak ditemukan hidup di tempat rawa Manfaat Bunga Lotus Bagi Kesehatan


Lotus sebagai pencegah diabetes


Etanol yang terdapat pada rimpang bunga lotus diketahui sanggup membantu badan mengkontrol gula darah. Sedangkan zat quercetin dan glikosida yang terdapat pada bunga lotus berdasarkan penelitian sanggup menghambat enzim yang menyebabkan komplikasi pada penderita diabetes


Lotus sebagai pencegah obesitas / kegemukan


Sejak zaman dulu, masyarakat di Cina mengkonsumsi ekstrak daun lotus untuk memperlancar proses metabolisme badan dan mencegah obesitas atau kegemukan pada badan manusia.


Lotus sebagai obat Hepatitis B


Zat aktif dalam bunga lotus menyerupai armepavine, merupakan zat yang mempunyai efek antifibrotic. Zat ini secara aktif sanggup mengurangi parameter metabolik dalam masalah fibrosis hati, sehingga pada alhasil dapat meringankan atau mengobati hepatitis B.


Lotus sebagai pencegah infeksi virus


Kandungan materi kimia yang terdapat pada flora lotus diketahui sanggup mencegah aneka macam macam penyakit yang disebabkan oleh virus, basil dan jamur. Salah satu materi kimia yang terdapat pada flora ini yaitu etanol yang diketahui sanggup membantu menghambat perkembangan virus herpes. Selain itu, kandungan flavonoid dari daun lotus sanggup membantu mencegah perkembangan virus HIV AIDS. Kandungan materi kimia alami lainnya yang terdapat dalam daun lotus sanggup mencegah jamur tumbuh dan hidup di dalam badan manusia.


Sebagai obat bagi aneka macam penyakit


Kandungan materi kimia pada lotus diketahui sanggup membantu mengobati beberapa penyakit yang sering menyerang manusia. Biasanya bagian-bagian bunga lotus diolah menjadi obat dalam atau obat luar untuk mengobati aneka macam penyakit seperti:



  1. Sakit jantung

  2. Sakit liver

  3. Darah tinggi

  4. Muntaber

  5. Disentri

  6. Panas dalam

  7. Mimisan

  8. Luka bernanah

  9. Batuk dan muntah darah


Tanaman lotus sanggup diolah secara manual menyerupai obat-obat tradisional China. Seiring berkembangnya zaman, sekarang ekstrak flora lotus sudah sanggup dikonsumsi dalam bentuk kapsul yang lebih mudah dan ekonomis. Tertarik tanam lotus? Baca disini cara menanamnya (dari biji, gampang kok).


Itulah manfaat-manfaat flora lotus bagi kesehatan manusia. Ternyata, selain berfungsi sebagai flora hias, lotus juga mempunyai manfaat lain yaitu menjadi materi masakan yang layak dikonsumsi dan obat bagi aneka macam penyakit. Semoga sedikit gosip di atas bermanfaat.


Kami menyediakan aneka bibit flora bunga lotus, bila berminat silahkan klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Bunga Lotus Bagi Kesehatan"

Posting Komentar