Laptop Mati Mendadak? Ini Solusinya!

Saat pertama kali membeli laptop, kau mungkin merasa senang sebab sanggup mempunyai barang yang kau inginkan. Tapi, seiring berjalannya waktu, laptop yang dimiliki seringkali tidak bekerja dengan baik, dan bahkan suka mati mendadak. Tentu saja, ini menjengkelkan sebab mengganggu kenyamanan di kala menikmati konten hiburan maupun menuntaskan pekerjaan.


Tenang, tak perlu menyimpulkan semua ini mutlak kesalahan pihak produsen laptop tersebut. Jika sering mengalami laptop mati mendadak, coba cari tahu penyebab dan solusi untuk mengatasinya berikut ini:


Bersihkan dari debu


Penyebab utama dari problem laptop mati mendadak yaitu overheat. Debu dan kotoran lain yang melekat dan menumpuk di sela-sela saluran udara sanggup menciptakan sirkuasi udara panas di bawah laptop menjadi terhambat. Tak hanya itu, kipas laptop yang terlalu kotor juga menciptakan kinerjanya tidak optimal untuk mencegah panas. Jika suhu laptop menjadi panas, maka sistem sensor panas laptop akan mematikan dirinya secara otomatis.


 kau mungkin merasa senang sebab sanggup mempunyai barang yang kau inginkan Laptop Mati Mendadak? Ini Solusinya!


Makanya, periksa saluran udara di penggalan bawah laptop dan kipas laptop di dalam bodi laptop. Bersihkan dari segala kotoran supaya sanggup mencegah problem laptop mati sendiri. Supaya lebih aman, kau sanggup membawa laptop ke kawasan service resmi untuk membersihkannya.


Baca juga: 5 Cara Bikin Keyboard Laptop Kamu Lebih Awet


Cek RAM


RAM memegang peranan penting dalam kinerja sebuah perangkat. Makanya, dikala laptop mendadak lemot, banyak pengguna melaksanakan upgrade RAM untuk meningkatkan performanya. Sayangnya, hal ini sanggup mengakibatkan problem baru. Saat kau melaksanakan upgrade RAM yang tidak sesuai dengan sistem laptop, maka tak hanya sanggup mengakibatkan RAM tidak sanggup diakses, tetapi juga menciptakan laptop bekerja lebih keras, sampai kesannya mengakibatkan laptop mati secara tiba-tiba.


 kau mungkin merasa senang sebab sanggup mempunyai barang yang kau inginkan Laptop Mati Mendadak? Ini Solusinya!


Solusinya, coba lepas kembali RAM tersebut. Usahakan untuk membeli RAM dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan laptop. Tetapi, kalau kau yakin laptop sanggup bekerja dengan baik sebelumnya, bawa dan periksa laptop di service center. Pastikan untuk menentukan service center resmi sehingga sanggup menyelidiki dan memperbaiki laptop dengan baik.


Beli adaptor charger baru


Ini yaitu problem yang paling berbahaya sebab sanggup mengakibatkan problem parah pada laptop. Charger rusak sanggup menghasilkan tegangan arus listrik yang tidak stabil, sehingga menciptakan laptop menjadi sangat panas dan kesannya mati sendiri. Jika dibiarkan saja, charger rusak sanggup berpotensi merusak laptop dan baterai dengan cepat.


Jika kau mengalami problem yang sama, disarankan supaya mengganti charger gres sesegera mungkin. Belilah di servis center resmi supaya mendapat pengganti charger yang sesuai dengan spesifikasi laptop.


Penggunaan laptop yang sesuai


Setiap laptop mempunyai spesifikasinya masing-masing. Makanya, jangan pernah memakai laptop dengan spesifikasi standar untuk acara gaming. Memaksakan laptop yang tidak sesuai dengan spesifikasinya justru menciptakan laptop gampang hang dan mati secara tiba-tiba. Solusinya, gunakan laptop yang sesuai spesifikasinya. Jika laptop memang cocok untuk kegiatan komputasi harian, maka jangan pernah dipaksa untuk memainkan game.


Bersihkan laptop dari virus


Beberapa jenis virus atau malware lain yang menyebar di laptop sanggup mengakibatkan kinerja laptop menjadi lambat, cepat panas, bahkan menciptakan laptop mati dengan sendirinya. Untuk mengatasinya, bersihkanlah laptop dari gangguan virus memakai software antivirus. Scan laptop dengan antivirus yang update secara rutin supaya tetap terproteksi dengan baik.


Intinya, sikap penggunaan yang sempurna sanggup menciptakan laptopmu menjadi panjang umur. Jika kau pernah mengalami problem ibarat ini, cobalah perbaiki kebiasaan tersebut dari sekarang!


Baca juga: 5 Hal Baru yang Bisa Dilakukan Saat Traveling Libur Panjang



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Laptop Mati Mendadak? Ini Solusinya!"

Posting Komentar