Komponen Dan Pengertian Neraca Pembayaran

Pengertian Neraca Pembayaran


Halo sahabat bangkusekolah, berikut ini kita akan membahas pengertian neraca pembayaran. Neraca pembayaran adalah suatu catatan ringkas dan sistematis dari semua transaksi ekonomi internasional suatu negara dengan negara lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya selama satu tahun).


Yang termasuk di dalam transaksi ekonomi internasional adalah:

a. Pemindahan hak milik atas suatu barang dari negara yang satu ke negara yang lain.

b. Transaksi jasa antara negara yang satu dengan negara yang lain.

c. Perubahan susunan nilai utang piutang antara negara yang satu dengan negara yang lain.

d. Kekayaan penduduk negara yang bersangkutan di negara lain.


Jadi transaksi ekonomi itu sendiri mencakup : transaksi barang dan jasa, transaksi utang piutang, transaksi unilateral, transaksi modal, dan transaksi moneter. Neraca pembayaran berbenetuk scontro terdiri atas dua bab (dua sisi), yaitu sisi debet dan sisi kredit. Sisi debet dipakai untuk mencatat transaksi-transaksi yang mengakibatkan kewajiban bagi suatu Negara untuk melaksanakan pembayaran ke luar negeri ( Negara lain), dan sisi kredit dipakai untuk mencatat transaksi yang mengakibatkan suatu Negara memperoleh pembayaran dari Negara lain ( di luar negeri).


Transaksi yang dicatat disisi debet disebut transaksi debet dan akan diberi tanda (-), sedangkan transaksi yang dicatat disisi kredit disebut transaksi kredit dan akan diberi tanda (+).


Setiap negara selalu menciptakan neraca pembayaranpada setiap tahunnya. Hal ini dilakukan untuk sanggup mengetahui kegiatan ekonomi internasional yang terjadi di Negara-negara tersebut.


 berikut ini kita akan membahas pengertian neraca pembayaran Komponen dan Pengertian Neraca Pembayaran


Komponen Neraca Pembayaran :


A. Neraca Transaksi Berjalan (current account)


Neraca transaksi berjalan mencatat semua transaksi ekspor dan impor barang, perbandingan nilai ekspor dan impor barang, pendapatan investasi, pembayaran cicilan pokok utang luar negeri, serta saldo kiriman dan transfer uang dari dan ke luar negeri yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta. Jadi, A – B + C, dikurangi transaksi D yakni pembayaran bungan dan cicilan utang.


Selanjutnya hasil pengurangan itu ditambah dengan transaksi E, yakni saldo netto atas kiriman dan transfer uang, baik dari pemerintah maupun swasta, termasuk kiriman uang yang dikirim oleh warga Negara Indonesia yang bekerja di luar negeri. Misalnya: TKI Indonesia yang bekerja di Arab Saudi atau Malaysia mengirimkan uang ke kampong halamannya di Indonesia.


B. Neraca Transaksi Modal (capital account)


Neraca transaksi modal mencatat nilai investasi eksklusif pihak swasta ajaib (foreign direct investment), tunjangan utang luar negeri yang diberikan oleh perbankan swasta international, serta tunjangan dan hibah dari Negara lain atau lembaga-lembaga donor menyerupai IMF dan Bank Dunia.


Arus masuk dari dana-dana itu kemudian dikurangi transaksi arus keluar modal. Saldo neraca modal dengan demikian, dihitung sebagai G + H – I – . Sama halnya dengan neraca transaksi berjalan, saldo aktual merupakan surplus sedangkan saldo yang negative disebut sebagai defisit neraca modal.


C. Neraca Tunai ( cash account) atau Neraca Cadangan International ( international reserve account)


Pada dasarnya, pos ini hanyalah transaksi penyeimbang yang angka-angkanya menjadi menjadi lebih kecil atau diturunkan kalau total pengeluaran pada neraca transaksi berjalan dan neraca modal melebihi total penerimaan.


Komponen ini sama dengan transaksi M, yakni suatu transaksi yang mencatat kesalahan dan pembatalan untuk mengakomodasi selisih-selisih statistic. Bedanya transaksi L melibatkan perubahan kekayaan sedangkan transaksi M sekedar perubahan angka-angka di atas kertas.


Setelah membaca materi di atas, diperlukan sahabat bangkusekolah.com mengerti perihal komponen dan pengertian neraca pembayaran. Yuk like dan share!



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Komponen Dan Pengertian Neraca Pembayaran"

Posting Komentar