Kenapa Tanaman Cabe Tiba-Tiba Layu Dan Cara Menanganinya

Ada beberapa faktor yang bisa menciptakan tumbuhan cabai bisa layu secara tiba Kenapa Tanaman Cabai Tiba-Tiba Layu dan Cara MenanganinyaAda beberapa faktor yang bisa menciptakan tumbuhan cabai bisa layu secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja yaitu sebuah hal yang sangat paling ditakuti oleh setiap petani, apalagi pada ketika datangnya animo hujan.


Ketahui juga oleh anda Cara Agar Bunga Durian Tidak Rontok  dan juga Tips Agar Bunga Hortensia Cepat Berbunga.


Adanya tingkat curah hujan yang tinggi dan juga tingginya kelembaban sangat menghipnotis setiap perkembangbiakan dan penyebaran penyakit tumbuhan menjadi lebih cepat. Ada dua penyebab utama yang menciptakan tumbuhan cabai layu mendadak diantaranya layu fusarium dan juga layu Bakteri.


Kedua kondisi tersebut menjadikan tumbuhan cabai mengalami sebuah keadaan yang sama yakni  bisa menciptakan cabai akan layu bahkan mati. Akan tetapi tanda-tanda yang ditimbulkan bisa berbeda mengacu pada belahan dari tumbuhan yang diserang, bahkan organisme penggangu tumbuhan bisa menyerang belahan yang ada di dalam tanah.


Untuk bisa mengatasi dua penyebab utama yang bisa menciptakan tumbuhan cabai layu, ada baiknya jikalau anda mengetahui penyebab, tanda-tanda dan juga cara penanganan dari kedua penyebab utama yang menciptakan cabai layu sebagai berikut.


Layu Disebabkan Fusarium


Cabai yang mendadak layu bisa disebabkan oleh sebuah penyakit layu fusarium, melalui adanya cendawan jenis Fusarium oxysporum. Apabila tumbuhan sudah terinfeksi penyakit ini, sudah dipastikan tumbuhan tidak akan bisa untuk diobati, bahkan penyebaran yang cepat bisa menciptakan cabai jadi gagal panen.


Apalagi jenis penyakit ini bisa berada di animo hujan ataupun juga animo kemarau. Beberapa kondisi tumbuhan bisa diserang oleh jenis penyakit ini diantaranya ibarat dengan kondisi tumbuhan yang gres melalui pembibitan, tumbuhan muda dan juga tumbuhan yang sudah berproduksi.


Gejala dari Serangan Fusarium


Pada ketika penyakit ini menyerang jikalau terjadi pada pembibitan maka pucuk dari tumbuhan mendadak layu bahkan bisa mati. Hal ini juga bisa dilihat pada kondisi tumbuhan muda dan juga tumbuhan yang sudah remaja bisa dilihat dari sebuah perbedaan keadaan dimana pada siang layu dan pada malam terlihat segar kembali.


Hal ini bisa terjadi selama tujuh hari, dan pada hasilnya tumbuhan cabai bisa menjadi kering dan juga bisa mati. Apabila anda memperhatikan akarnya maka akan tampak berwarna kecoklatan dan sudah membusuk, dan jikalau pada pangkal batang dibelah akan daerah sebuah warna coklat kehitaman. Hal tersebut mengindikasikan bahwa pembuluh pengangkut pada tumbuhan sudah rusak.


Adapun cara untuk mengendalikannya anda bisa mengikuti banyak sekali langkahnya teat sebagai berikut :



  • Pastikan anda memperhatikan pengolahan lahan yang tepat

  • Memperhatikan sanitasi yang baik untuk tanaman

  • Menggunakan benih unggul supaya tahan terhadap fusarium

  • Pastikan untuk memakai mulsa plastik

  • Sesegera mungkin musnahkan tumbuhan yang telah terinfeksi

  • Gunakan trichoderma untuk perawatan

  • Anda bisa memakai fungisida berbahan aktif untuk alternatif penanganan ibarat dengan memakai benomil atau metalaksil 







Layu Disebabkan Bakteri


Jenis basil yang bisa menciptakan tumbuhan cabai bisa mati dan layu secara tiba-tiba yaitu jenis basil pseudomonas solanacearum. Karena sifat  parasit dari basil tersebut, maka banyak sekali area dari tumbuhan bisa terjangkit nanah diantaranya seperti  pada belahan akar, pangkal batang, daun, tunas dan juga pada belahan batang tumbuhan cabe.


Ketahui juga oleh anda Cara Merawat Bunga Jambu Kristal dan juga Tips Agar Bunga Petai Tidak Rontok. Bakteri jenis ini bisa dengan cepat menginfeksi akar bahkan jikalau secara terus menerus dibiarkan bisa menciptakan akar tumbuhan busuk, kondisi inilah yang menciptakan cabai jadi layu.


Apalagi dengan sistem penyebaran nya  dibantu oleh air, jenis basil Pseudomonas solanacearum bisa denga n cepat berkembang dan menyerang banyak sekali kondisi tanaman, baik itu pada fase pertumbuhan, pembibitan dan juga tumbuhan cabai yang sudah dewasa.


Gejala dari Serangan bakteri


Pada ketika pertama kemunculan jenis basil pseudomonas solanacearum, maka bisa tampak belahan tumbuhan yang tiba-tiba layu, namun tidak secara keseluruhan dan hanya beberapa belahan ibarat  pucuk daun, daun bau tanah dan juga tunas. Akan tetapi pada tahap selanjutnya tumbuhan cabai akan terjangkit seluruhnya, bahkan cabai hanya bisa bertahan  sekitar 3 hari saja.


Ketahui juga Cara Agar Bunga Belimbing jadi Buah jikalau anda mempunyai tumbuhan belimbing. Adapun Perbedaan dengan serangan Fusarium yaitu pada ketika malam dan juga siang kondisi tumbuhan terlihat layu. Bakteri benalu menyerang dalam waktu yang usang dan sangat bahagia dengan kondisi tanah yang lembab apalagi dipenuhi oleh genangan air.


Adapun langkan pengendalian pada basil tersebut bisa anda lakukan dengan cara berikut :



  • Pastikan anda selalu menangani pengolahan lahan yang tepat

  • Selalu memperhatikan sanitasi

  • Menggunakan benih yang lebih unggul dan lebih kebal dari bakteri

  • Pastikan selalu melaksanakan proses pergiliran tanaman

  • Selalu memakai mulsa plastik apalagi pada animo hujan

  • Sesegera mungkin membuang tumbuhan cabai yang tampak sudah terinfeksi

  • Selalu melaksanakan penyemprotan bakterisida

  • Memperhatikan penggunaan PGPR 







Perbadaan dari Layu akhir Serangan Bakteri dan Fusarium


Perbedaan yang terlihat tentunya akan sangat sulit jikalau anda melihatnya secara sepintas akan tetapi anda harus memperhatikannya pada siang dan juga sore hari. Ketahui juga oleh anda Cara Agar Bunga Buah Naga Berbuah dan juga Cara Agar Bunga Seruni Cepat Berbunga. Adapun beberapa cara untuk membedakannya bisa anda lakukan diantaranya ibarat berikut



  • Apabila tumbuhan mendadak layu secara seluruhnya berarti tumbuhan cabai terserang

  • Apabila tumbuhan pada mulanya layu hanya terjadi di beberapa belahan tanaman, hal tersebut mengindikasikan bahwa tumbuhan cabai diserang

  • Cara selanjutnya dengan memotong belahan tumbuhan cabai yang sudah terinfeksi yang dicelup pada air berih

  • Apabila potongan tumbuhan keluar asap putih, berarti mengindikasikan bahwa tumbuhan telah bakteri

  • Apabila sebaliknya dan tidak terlihat keluar exudat, hal ini mengindikasikan tumbuhan cabai telah diserang Fusarium.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kenapa Tanaman Cabe Tiba-Tiba Layu Dan Cara Menanganinya"

Posting Komentar