Kenapa Bunga Tomat Rontok: Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Menanam tomat di pekarangan rumah memang menyenangkan. Anda sanggup mengonsumsi tomat untuk keperluan langsung atau membagikannya kepada tetangga. Namun, terkadang tumbuhan tomat yang ditanam terus mengalami kerontokan bunga.


Anda tidak perlu khawatir dalam hal ini, lantaran para petani tomat pun sering mengalami kerontokan bunga pada tumbuhan tomat yang diusahakannya. Anda perlu memahami kenapa bunga tomat rontok supaya tumbuhan tomat sanggup berbuah dengan baik.


Morfologi bunga tomat


Bunga tumbuhan tomat berukuran kecil dan merupakan bunga hermaprodit dengan diameter sekitar 2 cm. Bunganya berwarna kuning dan mempunyai bentuk menyerupai terompet. Kelopak bunga tomat berjumlah 5 buah dengan warna hijau berbentuk merucing yang terdapat pada pangkal bunganya.


Bunga tomat mempunyai tangkai yang pendek. Mahkotanya berjumlah 6 dan berbentuk bintang. Benang sari bunga tomat mengelilingi putik dengan jumlah 6 buah. bunganya terletak menggantung dan tumbuh dari batang tumbuhan tomat yang masih muda.


Penyebab kerontokan bunga tomat


Rontoknya bunga tomat sanggup terjadi di isu terkini hujan ataupun kemarau. Penyakit rontok bunga ini sering disebut dengan blossom drop. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kenapa bunga tomat rontok, yaitu:



  1. Suhu udara


Pembentukan serbuk sari sangat dipengaruhi oleh kelembaban udara. Suhu dan kelembaban udara yang ekstrim sanggup menimbulkan terganggunya proses pembentukan serbuk sari.


Serbuk sari menjadi sangat lengket, sehingga sulit lepas ke udara. Saat bunga tidak berhasil dalam proses penyerbukan, maka bunga pun akan rontok.



  1. Kadar hara N berlebihan


Kelebihan unsur hara N sanggup terjadi lantaran dukungan pupuk yang berlebihan. Hal ini menimbulkan pertumbuhan daun yang berlebihan, sehingga menurunkan kemampuan tumbuhan untuk memproduksi bunga.



  1. Hama dan penyakit


Serangan hama dan penyakit menyerupai penyakit bercak daun (leaf spot) sanggup menimbulkan kerontokan bunga.


Cara mengatasi kerontokan bunga tomat


Ada beberapa cara mengatasi kerontokan bunga tomat, yaitu:



  1. Pemilihan varietas


Pilihlah varietas yang sesuai dengan tinggi dataran dan iklim kawasan Anda menanam. Anda sanggup membaca keterangan pada kemasan sebelum membeli benih dengan teliti.



  1. Pemupukan


Berikan pupuk nitrogen sesuai dengan kebutuhan tanaman. Jangan menunjukkan pupuk N secara berlebihan atau kekurangan. Tanaman tomat yang kelebihan pupuk nitrogen tidak hanya akan mengalami kerontokan bunga, tetapi juga menjadi rentan terhadap serangan penyakit menyerupai virus dan jamur patogen.


Kelebihan pupuk nitrogen juga akan menimbulkan tanah menjadi masam. Semprotlah tumbuhan tomat dengan pupuk daun atau buah setiap 1 ahad sekali untuk mencukupi kebutuhan unsur hara mikro. Jangan hingga tumbuhan kekurangan unsur kalsium (Ca).


Anda sanggup mempelajari cara menciptakan pupuk nitrogen sendiri dengan materi limbah kotoran hewan dan cara menciptakan pupuk perangsang bunga dan buah untuk tumbuhan tomat yang Anda rawat.



  1. Penyiraman yang tepat


Penyiraman yang sempurna bertujuan supaya tumbuhan tomat tidak kekurangan air atau kekeringan. Jika budidaya dilakukan pada isu terkini kemarau, maka siram tumbuhan tomat 2 kali dalam seminggu atau diubahsuaikan dengan kebutuhan.  








  1. Memperhatikan penanaman pada isu terkini hujan


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila Anda menanam tomat pada isu terkini hujan, yaitu:




  1. Sinar matahari yang cukup


Tanaman tomat sanggup tumbuh dengan baik apabila mendapat sinar matahari yang cukup. Pilihlah lahan yang tidak ternaungi tumbuhan lain biar tumbuhan tomat tidak kekurangan sinar matahari.



  1. Pengendalian hama dan penyakit


Rontoknya bunga tomat sanggup disebabkan oleh hama kutu-kutuan menyerupai tungau, thrips, dan apids. Anda sanggup mengendalikan hama dengan insektisida menyerupai curacron, agrimec, demolish, samite, alfamex atau bamex.


Selain hama, rontoknya bunga tomat sanggup disebabkan oleh penyakit yaitu virus gemini. Tanaman tomat yang terinfeksi virus ini tidak sanggup menghasilkan buah secara maksimal, lantaran bunga rontok dan tidak sanggup membentuk bakal buah. Cara mengatasi penyakit pada tumbuhan tomat yang terkena virus gemini ialah dengan cara mengendalikan vektornya, yaitu kutu kebul.


Pengendalian kutu kebul sanggup dilakukan dengan insektisida menyerupai demolish, bamex, samite, alfamec, agrimec atau Pegasus. Gunakan insektisida sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Penggunaan insektisida yang berlebihan hanya akan menimbulkan tumbuhan keracunan dan kerontokan bunga tomat.


Inilah klarifikasi mengenai alasan kenapa bunga tomat rontok dan cara yang sanggup dilakukan untuk mengatasi kerontokan tersebut. Anda sanggup menerapkannya pada tumbuhan tomat yang Anda miliki. Jika Anda tertarik dengan cara menanam tomat, maka Anda sanggup mempelajari cara menanam tomat dengan sistem hidroponik. Semoga bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kenapa Bunga Tomat Rontok: Penyebab Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar