Kenali Ciri Hard Disk Bermasalah Dan Cara Mengatasinya

Hard disk sanggup dipakai sebagai perangkat penyimpanan data-data penting, baik tugas-tugas pekerjaan, foto, film, hingga game favorit spAcer. Artinya, sebagai pengguna kau pun harus sanggup mengantisipasi seandainya terjadi kerusakan pada hard disk yang bikin kau kehilangan data-data penting tersebut. Jadi, lebih baik kau selalu mengecek kinerja perangkat ini sebelum hard disk rusak.


SpAcer tak perlu khawatir, hard disk yang bermasalah rupanya sanggup diketahui menurut ciri-ciri yang ditunjukkan. Inilah ciri-ciri bila hard disk rusak lengkap dengan solusi yang sanggup kau lakukan untuk mengatasi kerusakannya. Let’s check it out!


Sistem mulai melambat


Kinerja sistem yang mulai melambat merupakan peringatan dini adanya gejala permasalahan pada perangkat hard disk. Umumnya hal ini akan terlihat dikala kau tengah mengakses sistem untuk membuka suatu program, mencari file, maupun menyimpan dokumen. Pada beberapa kasus, perangkat ini bahkan mengalami kelambatan secara keseluruhan. Jika hal ini terjadi pada hard disk, maka segera lakukan pengecekan.


Hard disk mengeluarkan bunyi bising


Sebagai pengguna tentunya kau sanggup mengenali munculnya bunyi bising dari dalam hard disk yang tiba-tiba muncul. Kalau kau mendengar suara-suara ini dikala memakai perangkat, maka kemungkinan ada sesuatu yang salah pada hard disk mu. Sebaiknya, hentikan pemakaian untuk sementara waktu semoga menghindari kerusakan yang lebih parah. Ketika hard disk mengeluarkan bunyi bising yang tidak biasa, segera matikan perangkat sebelum mati total.


File rusak


Ciri hard disk bermasalah selanjutnya ditunjukkan dengan file-file yang mendadak rusak dan tidak sanggup dibuka meskipun kau tidak melaksanakan apa-apa. Ketika menghadapi duduk kasus ini, biasanya kau akan mencoba untuk memperbaiki dengan menjalankan agenda deteksi virus. Sayangnya, file rusak tersebut tidak terjadi akhir serangan virus. Hal yang perlu segera dilakukan yaitu mematikan perangkat dan mengecek hard disk tersebut.


Blue Screen


Pernahkah kau mengalami perangkat tidak mau booting atau bahkan mengalami blue screen? Padahal kau sudah install ulang tetapi duduk kasus tersebut belum juga teratasi. Nah, kalau masalah yang dialami ibarat ini, sanggup jadi hard disk kamu bermasalah. Tak perlu panik, kau sanggup menghentikan pemakaian perangkat sesegera mungkin.


 sanggup dipakai sebagai perangkat penyimpanan data Kenali Ciri Hard Disk Bermasalah dan Cara Mengatasinya


Bagaimana Cara mengatasi hard disk bermasalah?


Apabila hard disk menandakan keempat ciri-ciri tadi, kau sanggup mencabut hard disk kamu yang terindikasi sedang bermasalah. Sambungkan hard disk ke komputer lain yang kondisinya masih normal. Selanjutnya, jalankan fitur Check Disk yang ada pada Windows untuk mencari kesalahan, file rusak, dan bad sector pada perangkat yang sanggup menyebabkan masalah.


Cara tersebut belum sepenuhnya sanggup menyembuhkan hard disk kamu, namun cukup membantu melaksanakan backup data sehingga file-file penting tidak hilang begitu saja. Setelah keseluruhan data sudah dicadangkan, lakukan reset atau pemformatan hard disk dari awal dengan memakai software yang banyak dijual di internet, salah satunya SpinRite.


Lakukan pengecekan ulang


Setelah melaksanakan format ulang perangkat hard disk kamu, lakukan pengecekan ulang dengan memakai pinjaman software Acronis Drive Monitor. Apabila hasilnya hard disk kamu normal kembali, berarti yang rusak yaitu software di dalamnya. Sebaliknya, bila hasil tes dari hard disk kau tidak kembali normal, maka sanggup dipastikan hard disk itulah yang mengalami kerusakan. Dengan demikian hard disk tidak sanggup diperbaiki dan kau harus membeli yang baru.


SpAcer, pahami gejala saat hard disk rusak, ya. Jika terjadi, pastikan pula kau mengatasi permasalahan hard disk dengan benar semoga kerusakan tidak menyebar ke komponen yang lain.


Baca juga: Tips Memilih Mechanical Keyboard dan Switch untuk Gaming



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kenali Ciri Hard Disk Bermasalah Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar