Jenis Flora Buah Yang Dapat Ditanam Dalam Pot

buahan setiap harinya sangat baik untuk kesehatan Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot


Konsumsi buah-buahan setiap harinya sangat baik untuk kesehatan. Tapi kalau disuruh membeli buah terus menerus niscaya akan boros pengeluaran. Bagaimana kalau Anda menanam buah sendiri di rumah? Mungkin banyak yang mengatakan: Mana bisa, saya tidak mempunyai lahan yang luas lho?


Tak perlu khawatir, Anda sanggup memanfaatkan teknik tabulampot atau menanam tumbuhan buah di dalam pot, sehingga kalau Anda ingin menanam buah-buahan, tidak mempunyai lahan yang luas tidak menjadi hambatan lagi.


Jenis Buah Apa Saja yang Bisa Ditanam di Pot?


Ada aneka macam jenis buah-buahan yang sanggup ditanam dengan memakai pot. Bahkan hampir semua jenis tumbuhan buah sanggup ditanam dengan memakai pot, asal minimal diameter potnya yaitu 50-60 cm (untuk jenis-jenis tumbuhan buah berbentuk pohon).


Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa jenis tumbuhan buah yang sanggup ditanam dalam pot, atau lebih tepatnya lazim ditanam di pot.


Tanaman Buah Jeruk


buahan setiap harinya sangat baik untuk kesehatan Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot


Tanaman buah jeruk mempunyai varietas yang banyak sekali. Ada jeruk manis, jeruk nipis, jeruk limau dan masih banyak lainnya. Hampir semua jenis jeruk sanggup dibudidayakan dengan metode tabulampot, terlebih lagi ukuran tumbuhan yang tidak begitu besar dan buahnya yang muncul beberapa dalam satu tumbuhan membuatnya tampil atraktif nan menarik.


Hal ini sering sekali terlihat ketika memasuki Tahun Baru Imlek (Lunar Chinese New Year). Kala itu, masyarakat Tionghoa sering sekali memajang tabulampot jeruk nagami, jeruk kalamansi (calamondin), atau jeruk lemon cui yang dimilikinya yang sudah berbuah sehingga tampil menawan. Oleh alasannya jeruk hias tersebut menjadi simbol atau khas Imlek, maka biasanya mereka disebut sebagai jeruk imlek.


Pilihlah bibit jeruk yang berkualitas, supaya karenanya manis dan produktif. Apalagi kalau Anda menanam buah jeruk untuk dijual lagi. Pemilihan bibit merupakan hal yang sangat penting. Lebih manis untuk memakai bibit dari okulasi alasannya mempunyai sifat yang sama dengan induknya.


Selain pemilihan bibit yang tepat, Anda juga harus memperhatikan media tanam. Media tanam yang manis akan menciptakan pertumbuhan tumbuhan buah jeruk semakin optimal. Anda sanggup memakai media tanam dengan adonan tanah, sekam dan pupuk kandang. Anda sanggup memakai perbandingan 1:1:1.


Jangan lupa untuk merawatnya dengan baik alasannya tumbuhan jeruk sangat gampang terjangkit hama penyakit, bahkan ada beberapa (banyak) jenis virus tumbuhan yang khusus menyerang buah jeruk. Ketahuilah dan waspada sedari dini.


Tanaman Buah Mangga


buahan setiap harinya sangat baik untuk kesehatan Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot


Saat ini ada aneka macam pohon mangga yang dibudidayakan dengan memakai metode tabulampot. Bahkan hampir semua petani mangga dikala ini menentukan membudidayakannya di dalam pot atau teknik tabulampot.


Mangga atau Mangifera indica, sangat gampang dibudidayakan dengan cara ini. Dibandingkan menumbuhkannya dari biji, mandapatkannya dari hasil okulasi atau cangkok jauh lebih efisien. Jika memakai biji, Anda membutuhkan waktu yang sangat lama semoga tumbuhan mangga Anda sanggup berbuah (kurun waktu 5 tahun lebih kira-kira), sedangkan kalau didapatkan dari cangkok/okulasi sanggup berbuah dalam kurang dari 2 tahun.


Semua varietas bibit tumbuhan mangga sanggup dibudidayakan dengan tabulampot. Supaya pohon cepat berbuah, Anda harus melaksanakan perawatan secara rutin. Seperti penyiraman, pemangkasan batang daun, pemupukan dan masih banyak lainnya.


Tanaman Buah Rambutan


buahan setiap harinya sangat baik untuk kesehatan Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot


Tanaman buah rambutan merupakan salah satu buah yang banyak hidup di tempat tropis, termasuk Indonesia. Jika tidak menentukan bibit yang baik, pohon rambutan memang susah berbuah. Bahkan ada beberapa yang tidak berbuah sama sekali.


Bibit okulasi sanggup menjadi pilihan yang sempurna buat Anda. Untuk mempercepat proses pembungaan dan pembuahan Anda sanggup menyemprotkan pupuk untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah. Pemberian pupuk harus sesuai hukum alasannya kalau terlalu banyak akan mencemari tanah dan lingkungan.


Tanaman Buah Kelengkeng


buahan setiap harinya sangat baik untuk kesehatan Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot


Buah kelengkeng atau lengkeng mempunyai morfologi buah dengan biji yang keras daging buah berwarna putih dan kulit berwarna coklat. Banyak orang yang tidak sanggup sukses menanam buah kelengkeng dengan baik, bukan alasannya sulit mendapat benihnya, tapi buah kelengkeng sangat sulit berbuah.


Mungkin Anda juga pernah melihat pohon kelengkeng yang sudah tumbuh besar tapi tidak pernah berbuah sama sekali. Tapi herannya ada juga pohon kelengkeng yang masih kecil, namun sudah berbuah dengan lebat. Oleh alasannya pemilihan hibrida sangatlah penting. Anda sanggup menentukan bibit kelengkeng yang berkualitas.


Pemangkasan batang dan daun juga sangat mensugesti pertumbuhan buah dan bunga. Pohon kelengkeng biasanya batang dan daunnya tumbuh sangat cepat. Makara menciptakan pohonnya sangat rimbun. Anda harus rutin melaksanakan pemangkasan. Supaya tumbuhan fokus mengambil unsur hara untuk buah dan bunga.


Tanaman Buah Sawo


buahan setiap harinya sangat baik untuk kesehatan Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot


Tanaman sawo sanggup dibudidayakan dengan memakai biji (generatif), atau memakai metode vegetatif menyerupai stek, cangkok dan sambung. Jika Anda ingin menanam buah sawo di pot, lebih baik memakai bibit sawo dari metode vegetatif. Pohon sawo mempunyai bentuk yang besar dan buahnya tumbuh secara bergelantungan serta agak bergerombol.


Kulit buah berwarna coklat dan dagingnya juga berwarna coeklat. Didalamnya terdapat biji berwarna hitam. Pohon sawo cocok dibudidayakan di tempat dataran rendah. Intensitas cahaya yang cukup dan curah hujan yang tidak terlalu tinggi, menciptakan pertumbuhannya semakin efektif. Pada tahap awal Anda sanggup menanam pada pot yang ukurannya tidak terlalu besar.


Jika sudah berumur 1 atau 2 tahun, Anda sanggup memindahkannya di pot yang lebih besar. Pada dikala pergantian pot (repotting), jangan lupa untuk mengganti media tanam dan melaksanakan pemangkasan peremajaan.


Tanaman Buah Anggur


buahan setiap harinya sangat baik untuk kesehatan Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot


Budidaya buah anggur dengan memakai pot memang sudah banyak. Bahkan hanya dengan memakai pot kecil, Anda sanggup menanam buah yang harganya mahal ini. Buah anggur termasuk ke dalam tumbuhan merambat.


Tanaman ini selain banyak didapatkan bijinya dari stek atau cuttings, biasanya ditumbuhkan dari biji juga. Sebelum menanam pohon anggur, Anda harus melaksanakan persemaian terlebih dahulu. Proses persemaian memakan waktu sekitar 1-2 bulan. Persemaian sanggup dilakukan dengan memakai polybag, kemudian dipindahkan di pot.


Atau lebih bagusnya Anda sanggup membeli bibit anggur yang sudah jadi. Untuk rambatannya sanggup memakai bambu. Anda sanggup menanamnya di halaman rumah dan dibentuk menjadi pintu gerbang rumah, yang sekaligus membuat rumah terlihat lebih asri.


Tanaman Buah Strawberry


buahan setiap harinya sangat baik untuk kesehatan Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot


Buah strawberry merupakan salah satu jenis buah yang dibudidayakan dengan memakai teknik tabulampot, terutama alasannya pohon strawberry ukurannya pendek dan tidak besar, hanya butuh pot yang berdiameter kecil.


Jika Anda melihat di perkebunan strawberry (yang paling banyak dibudidayakan yaitu tanaman buah strawberry california), sebagian besar niscaya memakai pot. Strawberry dikembangbiakan dengan memakai sulur. Sulur merupakan bab tanam yang tumbuh merambat menyerupai akar. Anda tinggal menanam sulur strawberry ke media tanam yang sudah disediakan.


Media tanam strawberry memakai adonan tanah, pupuk sangkar dan sekam. Perbandingannya 1:1:1. Pada pot buah strawberry bab permukaannya diberi arang sekam. Supaya pada dikala tumbuhan strawberry berbuah, buahnya tidak pribadi menyentuh tanah.


Buah strawberry cocok dibudidayakan pada tempat dataran tinggi, tapi bahwasanya sanggup menyesuaikan diri di dataran rendah apabila ditanam dari biji silahkan cek disini untuk melihat petunjuk.


Tanaman Buah Jambu


buahan setiap harinya sangat baik untuk kesehatan Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot


Ada beberapa jenis tanaman jambu di Indonesia. Ada jambu air, jambu biji, dan masih banyak lainnya. Setiap jenis pohon jambu mempunyai karakteristik yang sedikit berbeda-beda, terutama dibedakan dari hasil buahnya, ada yang berbiji besar, berbiji kecil, struktur buah berair, dll.


Tapi semua jenis varietas jambu sanggup dibudidayakan dengan memakai pot. Dibandingkan memakai benih biji, lebih baik memakai benih hasil okulasi. Anda sanggup melaksanakan stek atau okulasi pada pohon jambu induk yang produktif. Produktif disini sanggup dilihat dari hasil buahnya pertahun, tidak pernah terjangkit penyakit, dan lainnya.


Proses okulasi dan stek hingga tumbuh tunas gres biasanya membutuhkan waktu 1-2 bulan. Kemudian Anda pindahkan ke polybag, tumbuhan selama 1 bulan gres dipindah pada pot yang berukuran besar. Buah jambu sangat gampang berbuah, jadi lebih gampang perawatannya dan direkomendasikan untuk pemula.


Tanaman Buah Durian


buahan setiap harinya sangat baik untuk kesehatan Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot


Dulu masih sangat sulit menemukan pohon durian yang dikembangkan dengan memakai media pot. Tapi kini sangat gampang menemukan pohon durian yang ditanam di dalam pot. Pohon durian mempunyai karakteristik batang yang besar. Akarnya pun jenis akar tunggang. Anda sanggup membudidayakan durian dengan bibit biji atau hasil teknik vegetatif.


Untuk menanam pohon durian dalam pot, Anda harus memakai pot yang besar. Misalnya pot drum, hal ini dikarenakan akar pohon durian yang berukuran besar. Supaya pohon durian cepat berbuah, Anda harus melaksanakan perawatan dengan baik dan benar. Ada aneka macam bibit durian yang ada di toko kami ini. Ada durian musang king, durian duri hitam, durian merah, dan jenis-jenis durian lainnya.


Itulah beberapa jenis buah yang sanggup ditanam dengan memakai pot. Sebenarnya masih aneka macam jenis buah yang sanggup ditanam di dalam pot, hanya saja alasannya keterbatasan tempat bahasan kami hanya menampilkan yang paling sering saja. Sekarang tidak ada alasan malas untuk menanam buah alasannya lahan sempit 😀 Anda sanggup menanam buah apapun di halaman rumah Anda dengan memakai pot. Untuk cara budidaya tabulampot selengkapnya sanggup dibaca disini.


Lihat juga aneka bibit tumbuhan buah lainnya yang kami jual disini.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jenis Flora Buah Yang Dapat Ditanam Dalam Pot"

Posting Komentar