Hati-Hati Jikalau Install Freeware Atau Software Gratisan

Bagi anda-anda yang suka otak-atik komputer lebih baik lebih berhati-hati dalam menginstal software gratisan atau istilah lainnya yakni Freeware. Mengapa? Karena biasanya software gratisan diisi satu paket dengan beberapa software tambahan, yang tentu saja tidak terjamin keamanannya (malware). Terlebih lagi kita tidak membutuhkan software-software perhiasan tersebut yang justru kerap kali menciptakan kita terganggu.

Biasanya kalau kita (terutama para end user) melakukan penginstalan suatu software, kita akan pribadi klik tombol Next, OK, Accept, Continue, atau I Agree tanpa membaca terlebih dahulu apa saja yang tadi telah kita setujui. Pokoknya pribadi klik aja biar proses penginstalan software terus berjalan.

Dan pada dikala simpulan penginstalan, kita akan mendapati beberapa kegiatan gres yang entah apa fungsinya bagi kita. Seringnya sih di browser kita akan terdapat search engine gres (bukan bawaan orisinil browser kita), banyak add-on di kafetaria browser, atau muncul pop up iklan yang sering menciptakan kita jadi jengkel. Akibatnya proses loading komputer kita jadi lebih berat dan kegiatan browsing kita jadi terhambat.

Seperti teladan berikut dikala penulis mencoba menginstall sebuah freeware CamStudio. Pada suatu tahap disitu terdapat opsi pilihan apakah kita mau menginstall kegiatan perhiasan yang ditawarkan. Untuk teladan kasus dibawah ini yakni kegiatan ByteFence dan Chromium, serta menimbulkan Yahoo sebagai search engine utama pada seluruh brower kita.

Jika kita menekan tombol Accept maka semua opsi itu akan pribadi terinstall pada kegiatan komputer kita. Maka dari itu kita harus tekan tombol Decline yang mengartikan bahwa kita menolak penginstalan software-software perhiasan tersebut.

 Karena biasanya software gratisan diisi satu paket dengan beberapa software perhiasan Hati-Hati Jika Install Freeware Atau Software Gratisan

Bahkan yang lebih mengherankan, ketika proses penginstalan CamStudio simpulan masih saja ditawari untuk menginstall sotware perhiasan yang sama. Hanya saja kata-katanya dirubah sedemikian rupa. (lihat gambar dibawah)

 Karena biasanya software gratisan diisi satu paket dengan beberapa software perhiasan Hati-Hati Jika Install Freeware Atau Software Gratisan

Biasanya banyak pengguna akan ragu-ragu bila ingin menekan tombol Decline dikarenakan khawatir software yang kita inginkan tidak sanggup terinstall alias dianggap batal diinstall. Kekhawatiran ibarat itu memang beralasan alasannya yakni penulis sendiri pernah mengalami bahwa suatu software tidak sanggup diinstall bila kita tidak menyetujui penginstallan software perhiasan yang disertakan. Padahal software perhiasan yang disertakan tidak ada hubungannya sama sekali dengan software utama.

Namun bila kita mau berpikir ulang, antara laba dan kerugian yang kita sanggup bila menyetujui penginstalan software perhiasan pastilah banyak kerugiannya.

Saran penulis, bacalah terlebih dahulu dengan teliti ketika anda melaksanakan proses penginstalan suatu software terutama freewaree. Jika anda berpikir "ah nanti kan software tambahannya sanggup di uninstall sendiri", maka penulis berani bilang bahwa anda sudah melaksanakan kesalahan yang fatal. Lebih baik berhati-hati daripada menyesal

Demikian artikel Hati-Hati Jika Install Freeware Atau Software Gratisan. Semoga bermanfaat.

Sumber http://sinichinet.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Hati-Hati Jikalau Install Freeware Atau Software Gratisan"

Posting Komentar