√ Fungsi Forum Sosial

Fungsi Fungsi Lembaga Sosial - Tinjauan norma-norma atau pendapat bagaimana semestinya orang bertindak merupakan suatu pokok bahasan terpenting ketika membicarakan forum sosial. Hal itu alasannya ialah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat melalui lembaga-lembaga sosial yang dibuat oleh masyarakat itu sendiri ada tuntutan bahwa prosedurnya harus sesuai dengan norma yang diakui bersama.

Dengan memerhatikan jenis norma yang menjadi landasan forum sosial, maka sanggup dijelaskan contoh perilaku, pendukung, dan peralatan yang dipergunakan oleh insan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehubungan dengan perjuangan insan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, maka forum sosial secara umum mempunyai fungsi berikut ini.


1. Memberikan aliran bagi anggota masyarakat, bagaimana mereka harus bertingkah laris di masyarakat, terutama yang menyangkut pemenuhan kebutuhan pokok manusia.

2. Menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan. Lembaga sosial bermaksud untuk menghimpun dan mempersatukan anggota-anggotanya semoga tercipta integrasi dalam masyarakat. Namun apabila dalam suatu forum sosial sudah tidak ada lagi perilaku-perilaku warga masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai yang ada, maka sanggup dikatakan bahwa telah terjadi disintegrasi.


norma atau pendapat bagaimana semestinya orang bertindak merupakan suatu pokok bahasan ter √ FUNGSI LEMBAGA SOSIAL



3. Memberikan aliran kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial (kontrol sosial). Kontrol sosial dalam suatu forum sosial sanggup dilakukan melalui berikut ini.

a. Proses didik atau pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya.
b. Sanksi-sanksi, baik yang berupa dukungan eksekusi maupun dukungan penghargaan.
c. Suatu ritus kolektif, yaitu peringatan bersama suatu insiden yang dihayati bersama untuk mengenang tujuan yang ingin dicapai bersama dalam rangka mengadakan introspeksi atau evalusi. Misalnya memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.
d. Alokasi posisi-posisi dalam masyarakat yang akrab hubungannya dengan peranan-peranan yang harus dijalankan oleh pemegang posisi tertentu itu. 

Selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi forum sosial yang tercermin dalam lima pranata utama dalam masyarakat, yaitu pranata keluarga, pendidikan, agama, ekonomi, dan politik. Masing-masing pranata sosial ini mempunyai fungsi fungsi khusus yang sangat fundamental bagi pelaksanaan kehidupan bermasyarakat. Keberadaan fungsi ini memang konkret dan sangat diharapkan oleh anggota masyarakat secara menyeluruh. Ini akan saya posting di materi materi selanjutnya.





Versi materi oleh Bondet Wrahatnala


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Fungsi Forum Sosial"

Posting Komentar