Faktor Penyebab Globalisasi

Hai sahabat bangkusekolah.com! Masih semangat berguru kan? Setelah kemarin kita membahas wacana pengertian globalisasi, kali ini kita akan membahas wacana faktor penyebab globalisasi. Tahukah kau kalau globalisasi tidak terjadi begitu saja. Ada banyak hal yang menjadikan terjadinya globalisasi. Banyak pakar yang menghubungkan globalisasi dengan semakin berkembangnya komunikasi, transportasi dan teknologi informatika.


Faktor Penyebab Globalisasi


1. Komunikasi


Dengan adanya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi informatika,biaya produksibisa dipotong hingga 90%. Biaya perbankan semakin menurun dengan banyaknya transaksi yang memakai komputer secara online dengan memanfaatkan koneksi internet. Di jaman kini ini, komputer sudah bukan menjadi barang yang asing lagi lantaran sudah banyak orang yang mempunyai komputer. Harga komputer semakin menurun sehingga menciptakan siapa saja sanggup membelinya.


Kemudian, ketika ini sudah banyak ditemukan aneka macam warung internet di mana-mana sehingga menciptakan siapa saja sanggup memakai komputer dengan saluran internet dengan mudah. kemudian, ketika ini alat komunikasi semakin banyak jenisnya. kalau dulu orang hanya mengenal komunikasi lewat surat, ketika ini sudah tersedia hp, email, fax, dan lain-lain. Dengan begitu, orang sanggup tetap bekerjasama dengan gampang meskipun berada di beda tempat. pegawai sanggup bekerjasama dengan atasannya dan setiap orang sanggup bekerjasama dengan teman, atau keluarga setiap waktu kapan saja bahkan selama 24 jam.



Dengan semakin majunya komunikasi, maka jangan heran kalau seorang nasabah bank dari Inggris ketika akan menelepon banknya, ia akan dihubungkan dengan pegawai bank di India. Hal ini lantaran memperkerjakan orang India lebih murah dibandingkan biaya menelepon ke India.


Majunya komunikasi juga menciptakan kita semakin gampang mendapat informasi yang sanggup menghipnotis keputusan kita. Satelit merupakan hal yang sangat penting lantaran menciptakan sanggup mengerti informasi yang ada di luar negeri menyerupai perang di negara lain. Jika dulu informasi didapatkan dalam waktu yang usang bahkan berminggu-minggu, kini informasi sanggup didapatkan dalam hitungan detik. Semua itu lantaran adanya internet. Adanya bencana di luar negeri sanggup menghipnotis keputusan seorang pengusaha yang bergerak di bidang internasional. Misalnya, seorang pengusaha tekstil internasional yang mempunyai perjuangan pabrik tekstil di Irak, ketika terjadi perang di Irak, beliau sanggup menarik pegawainya keluar Irak dan menghentikan operasinya dengan segera.


2. Transportasi


Jenis transportasi yang ada di jaman dahulu yaitu jenis kuda pedati, kereta kuda dan kapal. Oleh lantaran itu, hubungan antar insan sangat terbatas dan informasi sanggup hingga dalam waktu berbulan-bulan. Kemudian, alat transportasi semakin berkembang hingga ada banyak jenis transportasi yang sanggup ditemukan ketika ini mulai adanya jenis sepeda, mobil, sepeda motor, kereta api bahkan pesawat terbang. Dengan majunya alat komunikasi, mobilitas insan semakin cepat dan tak terbatas. Maka tak asing lagi kalau ada pengusaha yang naik pesawat keliling dunia untuk melancarkan perjuangan bisnisnya. Bisa saja pagi ini beliau ada di Singapura, sorenya ada di Jakarta dan sore atau malam harinya ada di Amerika Serikat. Hal ini mungkin saja terjadi lantaran semakin mudahnya transportasi sehingga insan sanggup berpindah daerah dari satu daerah ke daerah yang lainnya.


Karena itulah tidak heran kalau banyak perusahaan yang berani menciptakan pabrik di luar negeri. Misalnya, Toyota akan membangun pabrik terbesar di Purwakarta. Perusahaan internasional elextronik Internasional dari Amerika Serikat membangun pabrik di Meksiko, murahnya biaya transportasi di Meksiko menciptakan peruhaan Flextronik melirik Meksiko sebagai daerah yang tepat.


3. Teknologi Informatika


Perkembangan teknologi informasi juga mendorong terjadinya globalisasi. Dengan adanya internet, sebuah perusahaan sanggup menekan biaya produksi. Dengan adanya internet, orang tidak perlu bertatap muka untuk melaksanakan transaksi, hal ini menciptakan biaya  perjalanan dan fasilitas sanggup ditekan. selain itu, bertransaksi melalui internet juga menghemat waktu dan tenaga.


Itulah 3 faktor penyebab globalisasi. Jangan lupa like dan share ya….



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Faktor Penyebab Globalisasi"

Posting Komentar