√ Efek Kasatmata Dan Negatif Tenaga Endogen Dan Eksogen

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen dan Eksogen bagi Kehidupan - Proses alami pembentukan permukaan bumi lantaran faktor tenaga endogen dan tenaga eksogen sanggup menghasilkan dampak-dampak tertentu baik yang bersifat aktual maupun negatif.




Dampak Positif Tenaga Endogen dan Eksogen

Dampak aktual tenaga endogen antara lain sebagai berikut.
a. Tenaga endogen mempunyai efek aktual yang sanggup kita rasakan melalui proses pembentukan patahan dan lipatan yang mengakibatkan adanya keanekaragaman bentuk permukaan bumi menyerupai adanya danau, pegunungan, sungai dan dataran. Hasil bentukan ini sanggup kita nikmati sebagai suatu keindahan alam dan juga memberi manfaat besar bagi manusia. Contoh manfaat tersebut misalnya, pegunungan yang memengaruhi cuaca di sekitarnya, atau fatwa sungai yang airnya sanggup dimanfaatkan oleh manusia.
b. Selain itu, proses vulkanisme lantaran tenaga endogen sanggup menyuburkan tanah, lantaran letusan gunung api biasanya memuat bubuk vulkanik. Pembentukan batuan juga memperlihatkan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia, contohnya granit dan fosfat yang menjadi bahan-bahan dasar industri.
c. Dampak aktual lainnya, contohnya sanggup ditemukan pada pembentukan logam-logam di perut bumi yang bermanfaat, semacam besi, baja, timah.

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen dan Eksogen √ DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF TENAGA ENDOGEN DAN EKSOGEN


Dampak aktual tenaga eksogen, antara lain sebagai berikut.
a. Di kawasan pesisir, tenaga eksogen menghasilkan delta-delta di muara sungai yang subur sangat bermanfaat bagi manusia.
b. Hasil pengikisan dan sedimentasi di pesisir sangat baik untuk pertanian, dan perikanan. Di pantai utara Pulau Jawa banyak dijumpai sawah-sawah yang subur di sepanjang pantai. Demikian juga tambak-tambak udang dan bandeng.




Dampak Negatif Tenaga Endogen dan Eksogen

Selain dampak-dampak aktual tersebut, kita tetap harus meragukan beberapa efek negatif yang disebabkan oleh tenaga endogen dan eksogen. Misalnya insiden vulkanisme atau tektonisme sanggup mengakibatkan gempa yang sanggup mengancam keselamatan manusia. Selain itu, lava yang keluar dari sentra erupsi biasanya diikuti oleh proses hujan bubuk dan awan panas.

Dampak negatif akhir tenaga endogen dan eksogen yaitu sebagai berikut.
a. Gunung yang meletus akan mengeluarkan lava, awan panas, dan material vulkanis yang sanggup merusak lingkungan yang terkena menyerupai hutan, lahan pertanian, dan permukiman penduduk. Contoh meletusnya Gunung Merapi.
b. Gempa tektonik menjadikan rusaknya bangunan, retaknya tanah memutus jalan, listrik dan sarana-sarana lainnya, serta korban jiwa yang banyak. Contohnya gelombang tsunami di Naggroe Aceh Darussalam dan gempa di Jogjakarta.
c. Gas beracun yang keluar dari letusan gunung berapi sanggup mengancam penduduk di sekitarnya.
d. Keadaan relief Indonesia yang garang dan banyak mempunyai gunung, menjadikan banyak kejadian pengikisan dan tanah longsor.
e. Tenaga eksogen lain yaitu angin yang sanggup menjadikan efek negatif yaitu topan yang merusak pemukiman, sarana umum, dan pertanian.

Dampak negatif lain tenaga eksogen ialah sebagai berikut.
a. Kesuburan tanah makin berkurang akhir erosi.
b. Selain subur dan bermanfaat, sedimentasi di muara sungai mengakibatkan pendangkalan. Akibatnya kemudian lintas air terhambat dan menjadikan banjir.
c. Abrasi yang terus-menerus terjadi menjadikan garis pantai makin maju ke arah daratan. Akibatnya banyak rumah di pantai yang hancur dan terendam laut.
d. Longsor tanah atau lahan di kawasan berlereng yang menjadikan kerusakan lahan dan bangunan.
e. Angin kencang dan angin puting beliung menjadikan kerusakan tanaman dan bangunan.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Efek Kasatmata Dan Negatif Tenaga Endogen Dan Eksogen"

Posting Komentar