Ciri Dan Bentuk Bakteri

Halo sahabat kursi sekolah, kali ini kita akan membahas wacana ciri dan bentuk bakteri. Di manakah kita sanggup menjumpai bakteri? Di mana saja kita bisa menjumpainya. Bahkan, di dalam permukaan kulit kamu, ada bakteri. Selain itu, basil juga terdapat di mulut, gigi, organ pencernaan dan sebagainya. Bakteri yang ada di dalam mulut, tepatnya di gigi mempunyai fungsi membusukan masakan yang tertinggal di sela-sela gigi.


Jadi, dalam badan insan yang sehat ada banyak sekali bakteri. Bakteri ada yang menguntungkan dan ada pula yang merugikan. Ada basil yang bersimbiosis mutualisme di badan manusia, ada juga basil yang bisa mengakibatkan penyakit. Tahukan kau bahwa 1 gram tanah mempunyai 100 juta basil dan dalam 1 liter susu terdapat 3 milyar bakteri.


Bakteri mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga tidak terlihat oleh mata telanjang. Jika kau ingin bisa melihat bakteri, kau harus memakai alat. Alat yang dipakai bukanlah mikroskop biasa namun jenis mikroskop cahaya dengan perbesaran minimal 1000 x.


1. Bentuk Bakteri


 Di manakah kita sanggup menjumpai basil Ciri dan Bentuk Bakteri


Hai sahabatbangkusekolah.com, bentuk basil ada 3 macam, yaitu:


a. Bakteri bentuk batang


Bakteri bentuk batang disebut juga sebagai basil. Basil berasal dari kata bacillus yang artnya batang. Bentuk basil sanggup dibedakan menjadi:


a) Basil tunggal : basil yang hanya berbentuk satu batang tunggal. Contohnya Salmonella typhi. Bakteri ini yang mengakibatkan penyakit typus.


b) Diplobasil : basil ini berbetuk batang yang bergandengan dua-dua.


c) Streptobasil : basil ini berbetuk batang yang bergandengan panjang mirip bentuk rantai. Contoh basil bentuk ini yakni Bacillus anthracis. Bakteri ini mengakibatkan penyakit antraks.


b. Bakteri bentuk bola


Baktei bentuk bola ada 5 macam, yaitu:


a) Monokus : mempunyai bentuk tunggal. Contohnya basil yang mengakibatkan penyakit infeksi yakni Neisseria gonorrhoeae.


b) Diplokokus : mempunyai bentuk mirip bola yang bergandengan dua-dua. Contohnya basil yang mengakibatkan penyakit pneumonia atau radang paru-paru yakni Diplococcus pneumonia.


c) Sarkina : mempunyai bentuk mirip bola yang bergandengan empat-empat sehingga bentuknya mirip kubus.


d) Streptokokus : mempunyai bentuk yang ibarat rantai alasannya basil ini berbentuk bola yang memanjang.


e) Stafilokokus : mempunyai bentuk mirip bola yang berkoloni membentuk sekelompok sel tidak teratur sehinggabentuknya mirip dompolan buah anggur.


c. Bakteri bentuk spiral


Bakteri bentuk spiral ada 3 macam, yaitu:


a) Spiral : jenis basil yang mempunyai bentuk spiral. Contohnya yakni Sprillum.


b) Vibrio : basil ini dianggap sebagai basil spiral yang tidak sempurna, disebut juga sebagai basil koma.Contohnya yakni Vibrio cholera penyebab penyakit kolera.


c) Spirochaeta : basil ini lentur, bentuknya spiral. Pada ketika bergerak, badan basil ini mengendur dan memanjang.



2. Ciri-ciri Bakteri


Bakteri mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, yaitu:


a. Bakteri merupakan mikroorganisme yang rata-rata berukuran lebar 0.5 – 1 mikron dan panjang sampai 10 mikron.


b. Dapat hidup di aneka macam lingkungan.


c. Dinding sel tersusun atas polisakarida yang berikatan dengan protein, membentuk peptidoglikan atau asam muramik. Dari dalam selnya mengeluarkan lendir. Bakteri ini termasuk basil pantogen.


d. Ada basil yang mempunyai flagela. Flagela atau cambuk berfungsi sebagai alat gerak. Akan tetapi, ada juga jenis basil yang tidak mempunyai flagela.


e. Bakteri akan membentuk spora ketika lingkungan buruk. Spora tersebut berada di dalam sel sehingga disebut sebagai endospora. Dinding endospora sangat tebal sehingga menjadi pertahanan yang anggun dan bisa hidup dalam keadaan kondisi lingkungan panas atau lingkungan yang buruk.


Itulah bahan mengenai ciri dan bentuk bakteri. Semoga bermanfaat. Silahkan like dan share.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ciri Dan Bentuk Bakteri"

Posting Komentar