Cara Merawat Bunga Petunia Biar Rajin Berbunga

Petunia tampak sangat indah dengan tipe pertumbuhan tumbuhan pendek dan berbunga banyak Cara Merawat Bunga Petunia Agar Rajin Berbunga
Petunia tampak sangat indah dengan tipe pertumbuhan tumbuhan pendek dan berbunga banyak.

Pada artikel ini kita akan bahas ihwal cara merawat bunga petunia. Jika Anda mempunyai tumbuhan petunia di rumah atau ingin menanam petunia dari biji, artikel ini wajib Anda baca. Nama dari tumbuhan ini sejatinya berasal dari nama genus yang dimilikinya, yakni Petunia. Tanaman petunia ialah tumbuhan dengan famili Solanodeae, yang juga beranggotakan tumbuhan ibarat tembakau, kentang, tomat, dan juga cabai (lombok).


Di samping mempunyai bunga yang indah, tanaman petunia juga dikenal dengan ketahanannya akan iklim dan cuaca yang panas, terutama sebagai tumbuhan gantung yang indah dan aduhai. Tapi, tahukah Anda cara merawat bunga petunia? Agar menjadi lebih jelas, jangan lewatkan banyak sekali cara yang dituliskan dibawah ini. Kami berikan beberapa aspek dalam menanam petunia semoga sanggup menghasilkan tumbuhan yang sehat dan bunga yang indah.


Penyiraman


Untuk menghasilkan tumbuhan Petunia yang sehat dengan bunga yang bagus, diharapkan pengairan atau penyiraman yang dilakukan secara rutin. Penyiraman ini dilakukan menurut kondisi cuaca dikala akan melaksanakan penyiramam.


Jika cuaca cerah dan udara sedang sejuk, maka penyiraman dilakukan 2 (dua) kali dalam seminggu, dengan selang waktu 3 -4 hari. Namun, kalau cuaca dikala penyiraman sedang panas, penyiraman sanggup dilakukan secara rutin setiap hari.


Juga, kalau Anda mendapati bahwa cuaca benar-benar panas, maka penyiraman dilakukan secara rutin ketika media tanah dari bunga petunia Anda mulai kering. Penyiraman dilakukan hingga air merembes melalui media tanam. Untuk memudahkan Anda dalam mengontrol waktu penyiraman, tepat ketika media tanam bunga petunia Anda mulai kering, segera lakukan penyiraman kembali.


Yang perlu diingat adalah, jangan pernah menyiram Petunia hingga terkena belahan daunnya. Siramlah pada belahan media tanam petunia milik Anda. Hal ini harus diperhatikan sebab kalau daun dalam terkena air, maka hal ini sanggup memicu abuh pada tumbuhan Petunia Anda, misalnya ialah bercak-bercak yang muncul pada mahkota bunga. Karena hal inilah, Anda diwajibkan untuk memindahkan tumbuhan petunia milik Anda ketika sedang hujan.


Intensitas Penyinaran Matahari


Petunia tampak sangat indah dengan tipe pertumbuhan tumbuhan pendek dan berbunga banyak Cara Merawat Bunga Petunia Agar Rajin Berbunga
Intensitas cahaya matahari yang cukup menciptakan petunia berbunga lebat.

Petunia milik Anda akan mempunyai bunga bermekaran kalau diberi penyinaran matahari yang cukup banyak. Sebisa mungkin, tempatkan bunga petunia Anda pada daerah yang mempunyai penyinaran matahari dengan intensitas yang besar.


Walaupun bunga ini sanggup tumbuh pada daerah dengan intensitas yang kecil, akan lebih baik kalau ditempatkan pada daerah yang mempunyai intensitas besar, sebab hal ini akan besar lengan berkuasa terhadap kualitas bunga.


Petunia akan menghasilkan bunga yang bermekaran dan bagus kalau mendapat penyinaran dengan intensitas besar. Hal sebaliknya juga berlaku. Penyinaran yang kurang akan menyebabkan bunga yang mekar tidak maksimal ukurannya serta jumlahnya akan lebih sedikit.


Pemupukan


Pemupukan bunga Petunia dilakukan sebulan sekali. Pupuk yang dipakai ialah jenis pupuk konsentrat yang sanggup dilarutkan dengan air. Pupuk yang dipakai ada banyak sekali macam, tetapi ada beberapa jenis merek pupuk yang direkomendasikan.


Pupuk ibarat Rustica Yellow (15-15-15), Nitrofoska (17-17-22), atau Dekastar (28-8-4), sangat disarankan sebagai pilihan pupuk petunia milik Anda. Anda boleh saja memakai pupuk yang tidak disebutkan, tetapi selalu ingat bahwa pupuk yang Anda gunakan mempunyai angka-angka perbandingan (yang berada dalam tanda kurung).


Intensitas pemupukan dilakukan sekali dalam sebulan. Jika Anda menanam petunia dengan bunga beragam (banyak), maka pemupukan dilakukan selama 2 ahad sekali. Pupuk diencerkan dengan perbandingan pupuk : air yakni 1 : 10.


Usahakan jangan memakai angka perbandingan air yang terlalu sedikit, sebab nantinya hal ini akan menciptakan tumbuhan petunia milik Anda menjadi kerdil, kualitas bunganya dan tanamannya jelek, atau bahkan mati.


Jika terdapat butiran-butiran berwarna putih pada media tanam beberapa waktu sehabis Anda melaksanakan penyiraman, maka sesegera mungkin siram media tanam dengan air hingga butiran-butiran itu hilang. Butiran-butiran pada media tanam yang Anda lihat itu ialah unsur-unsur garam yang berasal dari pupuk yang terlalu banyak, sehingga tidak larut tepat dengan air untuk penyiraman. Jika dibiarkan dan mengenai tumbuhan Petunia, maka tumbuhan akan kering sebab garam yang tidak larut justru menyerap air yang dikandung oleh tumbuhan petunia milik Anda.


Pemangkasan Ringan terhadap Batang


Pemangkasan ringan terhadap batang ini dilakukan tepat ketika Anda telah menanam bunga petunia pada media tanam. Caranya, potong setiap ujung batang sebanyak 2 – 3 cm. Maksud dari pemangkasan ini yakni merangsang pertumbuhan cabang batang, sehingga nantinya akan ada banyak cabang batang yang tumbuh. Alhasil, sebab terdapat banyak cabang batang, maka Anda juga akan mendapat banyak bunga yang tumbuh.


Jika Anda mendapati bahwa petunia milik Anda tidak bertumbuh atau kerdil, maka Anda hendaknya memotong separuh dari batang atas petunia Anda. Tapi, pemangkasan ini tidak serta merta mengharuskan Anda untuk memotong tepat separuh dari batang. Jika dedaunan tumbuh lebat pada belahan atas, maka pangkas kurang dari setengah. Tetapi kalau dedaunan tumbuh lebat pada belahan tengah atau bawah batang, maka pangkas setengah batangnya.


Tujuan dari pemangkasan batang ibarat ini ialah merangsang pertumbuhan sehingga batang yang gres dan lebih sehat.


Pemangkasan terhadap Bunga


Petunia tampak sangat indah dengan tipe pertumbuhan tumbuhan pendek dan berbunga banyak Cara Merawat Bunga Petunia Agar Rajin Berbunga
Rangsang tumbuhan petunia Anda untuk berbunga lebih banyak dengan cara mencubit (buang) beberapa bunga pertama sebelum mekar.

Pemangkasan bunga petunia tergolong gampang untuk dilakukan. Hal ini sanggup dilakukan dengan memotong bunga yang layu atau mati. Yang perlu diingat adalah, segera lakukan pemangkasan terhadap bunga yang sudah layu.


Jangan menunggu hingga bunga petunia milik Anda mati atau membusuk, sebab hal ini akan mengundang banyak sekali penyakit pada tanaman. Tujuan dari pemangkasan bunga ibarat ini ialah menjaga semoga bunga lain tumbuh semoga tetap sehat dan memperpanjang masa bunga petunia semoga tetap menghasilkan bunga.


Agar lebih mudah, ketika bunga sudah mulai lebat, pangkas beberapa bunga pada petunia milik Anda semoga tetap sanggup menghasilkan bunga. Pangkas bunga secara berkala, tetapi jangan memangkas hingga petunia Anda tidak mempunyai bunga.


Yang perlu diingat, ketika memangkas bunga, pangkas saja bunganya, jangan hingga daun yang berada bersahabat dengan bunga ikut dipangkas.


Salah satu teknik yang memancing petunia berbunga sangat banyak dan terlihat sangat bagus ialah dengan membuang beberapa kuncup bunga petunia pertama yang tumbuh sebelum mereka mekar, dengan cara dicubit. Hal ini akan membuat tanaman petunia menghasilkan bunga yang lebih banyak dan terlihat lebih indah.


Pengontrolan Hama


Mengontrol hama semoga tidak merusak petunia Anda ialah hal yang harus dilakukan dengan perhatian khusus. Setiap minggunya, periksalah bagian-bagian bunga Petunia Anda dengan secama.


Jika Anda mendapati beberapa hama serangga melekat pada daun, maka semprot daun petunia. Gunakan arus air sekedarnya saja, jangan hingga merusak daun. Seperti yang sudah dipaparkan pada poin penyiraman, daun dalam keadaan yang berair akan mengundang abuh pada Petunia Anda.


Tetapi hal ini sanggup disiasati dengan melaksanakan penyemprotan pada cuaca panas.

Tujuannya, semoga serangga tidak berbagi penyakit pada tumbuhan petunia Anda. Jika yang menjadi hama ialah siput, maka Anda daat memakai cara pengontrolan hama yang dipakai di Eropa, yakni memakai lempeng tembaga atau kawat tembaga.


Cara pengaplikasiannya ialah dengan menyelubungi belahan tumbuhan yang sanggup dilalui siput, ibarat pada belahan bawah batang yang bersahabat dengan media tanam. Secara ilmiah, pengendalian hama siput dengan cara ini sangat berkhasiat sebab siput akan tersengat fatwa listrik akhir reaksi kimia antara lendir siput dan tembaga.


Demikian cara merawat bunga petunia semoga selalu sehat cantik. Selalu ingat bahwa tumbuhan yang baik membutuhkan perawatan yang baik. Semoga bermanfaat dan semoga bunga petunia Anda tumbuh dengan subur 🙂


Kami menjual aneka benih tumbuhan bunga petunia silahkan klik disini untuk melihatnya. Tersedia juga dalam bentuk bibit tumbuhan yang sudah tumbuh disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Merawat Bunga Petunia Biar Rajin Berbunga"

Posting Komentar