3 Cara Biar Bunga Lada Tidak Rontok Dengan Pengendalian Hama Dan Penyakit Terpadu

Kerontokan bunga pada lada sering terjadi lantaran beberapa hal. Bagi Anda para petani lada, hal ini termasuk ke dalam permasalahan serius yang harus diatasi. Anda perlu mengetahui cara biar bunga lada tidak rontok.


Lada ialah bumbu memasak yang memperlihatkan sensasi hangat, pahit, pedas. Lada sering juga disebut dengan merica atau sahang. Umumnya orang-orang hanya mengenal lada putih dan lada hitam untuk bumbu memasak. Anda sanggup mempelajari cara menanam lada hitam jikalau tertarik dengan jenis tumbuhan ini.


Lada mempunyai nama latin Piper Albi Linn. Lada kaya akan kandungan kimia menyerupai minyak lada, minyak lemak, dan pati. Lada disebut sebagai The King of Spice lantaran kebutuhan lada yang tinggi di dunia. Lada Indonesia hampir 80 persennya diekspor ke luar negeri.


Salah satu faktor yang menjadikan bunga lada gampang rontok ialah serangan hama dan penyakit. Jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tumbuhan lada diantaranya adalah:



  • Hama penggerek batang (Lophobaris piperis)


Hama penggerek batang ialah jenis hama yang paling merugikan tumbuhan lada. Larva hama ini sanggup merusak batang dan cabang tanaman. Sedangkan serangga dewasanya sanggup menyerang belahan tumbuhan menyerupai pucuk, buah, dan bunga.



  • Hama penghisap bunga (Diconocoris hewetti)


Hama penghisap bunga dikenal dengan sebutan enduk-enduk, nyamuk lada, dan kapal terbang. Pada ketika nimfa maupun remaja sanggup merusak bunga dan tandan bunga.


Serangan ringan menjadikan tandan rusak dan buah hanya sedikit. Apabila serangan berat maka akan menjadikan seluruh bunga rusak, tangkai hitam, dan bunga gugur sebelum waktunya.



  • Penyakit basi pangkal batang (BPB)


Penyakit ini disebabkan oleh jamur Phytopthora capsici. Penyakit basi pangkal batang menyerang seluruh belahan tumbuhan lada, terutama pada pangkal batang dan akar. BPB sanggup menjadikan ajal singkat.



  • Penyakit kuning


Penyakit kuning disebabkan oleh serangan nematoda Radopholus similis, Meloidogy incognita, dan jamur (Fusarium axysporum). Kesuburan tanah yang kurang dan rendahnya kelembaban tanah atau kadar air tanah juga sanggup menjadi penyebab munculnya penyakit kuning.


Tanaman lada yang terjangkit pertumbuhannya terhambat. Daun-daun akan menjadi kuning, kaku, dan tergantung tegak lurus. Daun-daun yang sudah menguning akan gugur, sehingga menjadikan tumbuhan menjadi gundul. Apabila penyakit ini menyerang belahan akar, maka sebagian akar rambut rusak. 



  • Penyakit kerdil/ keriting


Penyakit ini menghambat pertumbuhan tanaman, sehingga tumbuhan menjadi kerdil. Selain itu sanggup menurunkan produktivitas atau bahkan tidak berbuah. Penyebab penyakit ini ialah virusl Pepper Yellow Virus (PYMV) atau Cucumber Mosaic Virus (CMV). Tanaman lada yang sudah terjangkit penyakit ini dilarang dijadikan bibit. 







Setelah mengetahui hama dan penyakit yang sanggup menciptakan bunga lada gampang rontok, selanjutnya ialah mencari tahu cara biar bunga lada tidak rontok. Cara biar bunga lada tidak rontok diantaranya ialah dengan menerapkan Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu (PHT). Hal ini terdiri dari:



  1. Pengendalian secara kultur teknik


Pengendalian secara kultur teknik dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, yaitu:



  • Bahan tanaman


Bahan tumbuhan sanggup menjadi sumber inokulum hama dan penyakit dan menjadi sumber penyebaran dan penyakit di lokasi baru. Makara Anda perlu menentukan tumbuhan yang sehat untuk dijadikan bibit tumbuhan lada. Jangan menentukan tumbuhan bibit yang sudah terkena hama dan penyakit.



  • Pemanfaatan biomas


Biomas dari hasil pemangkasan tajar (dadap dan gliricidae) jikalau dibenamkan dalam tanah akan meningkatkan kesuburan tanah dan merangsang pertumbuhan serta perkembangan mikroorganisme tanah yang bermanfaat.


Media tanam atau tanah akan menjadi lebih baik apabila diberi pupuk organik dari kotoran ternak atau kompos. Proses pelapukan materi organik terjadi lebih cepat dan menghambat perkembangan patogen berbahaya di dalam tanah. Anda perlu mengetahui cara menciptakan pupuk organik untuk lada, cara menciptakan kotoran kambing menjadi pupuk kompos berkualitas, dan cara menciptakan pupuk kompos dari kotoran sapi dengan em4.



  • Pemangkasan dan terusan drainase


Anda perlu menciptakan terusan drainase biar tumbuhan lada tidak tergenang air di isu terkini hujan. Air tergenang ialah media yang baik untuk perkembangan patogen BPB. Pemangkasan sulur cacing dan sulur gantung yang tidak berkhasiat sanggup mengurangi kemungkinan terinfeksinya tumbuhan lada oleh P. capsici dari tanah. Bekas pangkasan diolesi dengan vaselin/ lilin/ teer atau insektisida.



  • Pemupukan


Pemupukan meningkatkan pertumbuhan vegetatif dan generatif. Dosis, komposisi, dan cara pinjaman pupuk perlu diperhatikan. Anda perlu mengetahui cara menciptakan pupuk perangsang bunga dan buah








  1. Pengendalian hayati


Pengendalian hayati untuk BPB sanggup dilakukan dengan pinjaman kotoran ternak dicampur dengan alang-alang dan agensi hayati T. harzanium. Aplikasi alang-alang, agensi hayati, dan aplikasi pupuk sangkar sanggup dilakukan untuk mengurangi serangan P. capsici.


Pemberian materi organik dibenamkan dalam tanah yaitu di bawah tajuk tumbuhan lada sehingga berfungsi sebagai sumber nutrisi, meggemburkan tanan, dan meningkatkan populasi mikroorganisme antagonis.


Sedangkan untuk mengatasi hama peggerek batang, Anda sanggup memangkas gulma antara tumbuhan atau menanam tumbuhan berbunga diantara tumbuhan lada menyerupai kumis kucing. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan keragaman dan populasi parasitoid serta menghambat penyebaran patogen pada isu terkini hujan.



  1. Pengendalian mekanis


Fase pradewasa (larva dan pupa) dari hama penggerek batang yang berada di dalam jaringan tumbuhan yang mati secara periodik dimabil untuk menekan atau memutus populasi.


Pengendalian mekanis sanggup dilakukan dengan mengambil belahan tumbuhan yang mati berupa batang, cabang, dan ranting untuk lalu dimasukkan dalam kantong plastik dan dimusnahkan.


Inilah cara biar buga lada tidak rontok. Meskipun jenis hama dan penyakit yang telah disebutkan tidak menyerang bunga lada secara langsung, tetapi terserangnya belahan lain menyerupai batang atau daun pastinya memperlihatkan imbas pada bunga lada. Semoga artikel ini bermanfaat.






Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "3 Cara Biar Bunga Lada Tidak Rontok Dengan Pengendalian Hama Dan Penyakit Terpadu"

Posting Komentar