Cara Menciptakan Pot Bunga Anggrek Dari Sabut Kelapa Kering Yang Gampang Dan Ekonomis

Anggrek merupakan salah satu jenis tumbuhan hias yang paling banyak diminati Cara Membuat Pot Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa Kering yang Praktis dan EkonomisAnggrek merupakan salah satu jenis tumbuhan hias yang paling banyak diminati. Bunga anggrek yaitu jenis bunga yang cocok untuk halaman rumah. Selain bunga anggrek, ada beberapa jenis tumbuhan hias yang cocok ditanaman di pekarangan menyerupai kembang sepatu, bunga hortensia, dan bunga krisan.


Anda perlu mengetahui cara menanam kembang sepatu, tips dan trik semoga bunga hortensia cepat berbunga, dan cara merawat bunga krisan di kawasan panas semoga tumbuhan ini sanggup tumbuh subur di halaman rumah Anda.


Cara menghilangkan zat tanin dalam sabut kelapa


Para pecinta tumbuhan anggrek pada umumnya sudah memahami cara menanam anggrek dengan sabut kelapa dan cara mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek. Sabut kelapa mengandung zat tanin yang berfungsi mencegah hama atau predator memakan kelapa. Namun, keberadaan zat tanin ini tidak baik bagi pertumbuhan tumbuhan anggrek.


Hal ini terjadi alasannya yaitu zat tanin yang termasuk ke dalam senyawa polifenol mengandung senyawa lainnya, yaitu galotanin. Senyawa inilah yang bersifat alelopati atau sanggup menghambat pertumbuhan tanaman. Kaprikornus jangan heran jikalau tumbuhan anggrek pertumbuhannya terhambat, bahkan terkesan mengerdil


Anda sanggup menghilangkan zat tanin ini dengan menjemur sabut kelapa hingga benar-benar kering atau dilakukan perendaman di dalam air tawas. Perendaman di dalam air tawas dilakukan selama semalam. Air rendaman akan berubah berwarna kemerahan.


Hal ini menerangkan bahwa zat tanin sudah lepas dari sabut kelapa. Selanjutnya, basuh sabut kelapa dengan air higienis yang mengalir dan tiriskan kemudian jemur hingga kering.


Cara menentukan sabut kelapa yang baik untuk pot bunga anggrek

Sabut kelapa sesungguhnya tidak hanya sanggup dipakai untuk media tanam anggrek saja. Sabut kelapa juga sanggup dipakai untuk menciptakan pot bunga anggrek. Lalu, bagaimanakah cara menciptakan pot bunga anggrek dari sabut kelapa?


Sabut kelapa yang akan dipakai untuk menciptakan pot bunga anggrek yaitu sabut kelapa kering. Sabut kelapa kering bersifat lembab dan gampang menyerap air.


Jadi pot dari sabut kelapa ini cocok untuk bunga anggrek. Sebenarnya sabut kelapa ini juga cocok untuk jenis tumbuhan lainnya menyerupai tanduk rusa, suplir, dan sejenisnya. Jika Anda tertarik dengan tumbuhan tanduk rusa dan suplir, Anda sanggup mempelajari cara menanam paku tanduk rusa dan cara merawat tumbuhan hias daun suplir.


Pilihlah sabut kelapa dari kelapa yang sudah renta dan kering untuk menciptakan pot bunga anggrek dari sabut kelapa. Warna sabut kelapa dari kelapa yang sudah renta dan kering biasanya berwarna coklat. Anda dihentikan memakai sabut kelapa dari kelapa yang masih muda. Sabut kelapa tersebut kurang baik dan rentan sebagai tempat hidup jamur.


Cara menciptakan pot gantung bunga anggrek dari sabut kelapa


Pot dari sabut kelapa yang akan dibentuk yaitu jenis pot gantung, sehingga cocok untuk bunga anggrek. Hali ini alasannya yaitu anggrek yaitu salah satu jenis bunga yang cocok untuk pot gantung di rumah kamu. Namun, Anda juga perlu mengetahui cara merawat bunga anggrek gantung semoga tumbuhan anggrek yang Anda rawat sanggup tumbuh dengan baik.


Setelah memahami cara menghilangkan zat tanin yang terkandung dalam sabut kelapa dan cara menentukan sabut kelapa yang baik untuk dijadikan pot bunga anggrek, selanjutnya akan dibahas cara menciptakan pot gantung dari sabut kelapa untuk tumbuhan anggrek. Cara menciptakan pot bunga anggrek dari sabut kelapa tersebut adalah:



  1. Alat



  • Pisau

  • Gunting

  • Pisau besar (golok)

  • Bor

  • Linggis

  • Spidol 








  1. Bahan



  • Sabut kelapa yang sudah kering

  • Tali ijuk atau sejenisnya



  1. Cara pembuatan



  • Ambilah sabut kelapa dari kulit kelapa yang sudah kering. Gunakan linggis untuk menguliti kelapa semoga sabut yang dikupas tidak rusak atau tetap terjalin.

  • Lebarkan sabut kelapa atau belah sabut kelapa menjadi 4 pecahan dan potong seperempat pecahan atas sabut kelapa dengan memakai pisau besar.

  • Tandai pecahan bawah dan pecahan atas memakai spidol pada setiap belahan sabut kelapa. Bagaian ini akan dilubangi dengan cara dibor. Lubang pecahan atas dan bawah berfungsi untuk mengaitkan belahan sabut kelapa dan sekaligus untuk tali ikatan pot.

  • Lubangi pecahan yang sudah diberi tanda memakai bor dengan hati-hati.

  • Masukkan tali ijuk ke dalam lubang dan kaitkan setiap lubang dari sabut kelapa supaya setiap belahan sanggup menyatu.

  • Ikatan dimulai dari luar dan menyilang ke arah dalam, sehingga ikatan antar belahan sabut kelapa terjalin dengan kuat.

  • Setelah ikatan dalam terbentuk, selanjutnya silanglah ikatan pada pecahan luar. Lakukan hal yang sama pada seluruh belahan sabut kelapa, sehingga terbentuk satu ikatan berpengaruh dan membentuk kulit kelapa yang terpancung pada pecahan atasnya.


Inilah uraian mengenai cara menciptakan pot bunga anggrek dari sabut kelapa yang gampang dan ekonomis. Anda sanggup mencoba mempraktikkannya di rumah. Pot ini sanggup Anda gantung di depan rumah atau pecahan sisi-sisi pekarangan rumah Anda.


Anggrek juga sanggup ditanam dengan metode hidroponik atau dengan media arang. Anda sanggup membaca cara menanam hidroponik anggrek dan cara menanam anggrek dengan media arang. Selamat mencoba dan semoga berhasil.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Pot Bunga Anggrek Dari Sabut Kelapa Kering Yang Gampang Dan Ekonomis"

Posting Komentar