Cara Menanam Pakcoy Di Polybag Atau Pot

 atau wadah lain selain tanah yaitu metode berkebun yang tak jarang dijumpai pada urban g Cara Menanam Pakcoy di Polybag atau Pot
Cara menanam pakcoy di polybag, pot, atau wadah lain selain tanah yaitu metode berkebun yang tak jarang dijumpai pada urban gardening. Pada gambar diatas varietas pakcoy yang ditanam yaitu pakcoy merah.

Bagi penggemar sayuran hijau, niscaya sudah tidak ajaib lagi dengan yang namanya pakcoy. Pakcoy yaitu jenis sayuran hijau yang termasuk ke dalam keluarga sawi-sawian. Pakcoy atau pakchoy atau pak choi biasa disebut juga dengan sebutan sawi sendok. Ada aneka macam jenis pakcoy yang ada, contohnya pakcoy merahhijau, pakcoy putih, baby pakcoy, dan lain sebagainya.


Anda dapat melihat koleksi benih pakcoy secara lengkap disini.


Pakcoy yaitu salah satu dari banyak jenis sayuran hijau yang gampang dan cepat untuk dibudidayakan. Jenis-jenis pakcoy juga merupakan salah satu jajaran benih sayuran paling laris. Waktu panennya sangat singkat, yaitu antara 30 hingga 45 hari sehabis ditanam.


Menanam pakcoy tidak harus di tanah yang luas. Pakcoy dapat juga ditanam di pot atau polybag berukuran relatif kecil. Berikut ini yaitu cara menanam pakcoy di polybag atau pot.


Tahap Penyemaian


 atau wadah lain selain tanah yaitu metode berkebun yang tak jarang dijumpai pada urban g Cara Menanam Pakcoy di Polybag atau Pot



  1. Siapkan biji pakcoy, media tanam, sprayer, dan kawasan penyemaian.

  2. Semaikan biji pakcoy terlebih dahulu. Gunakan nampan khusus penyemaian atau tray semai (seedling tray) atau dapat juga memakai pot, polybag, atau wadah lain.

  3. Media tanam untuk penyemaian sebaiknya berupa media tanam selain tanah contohnya sekam bakar, kompos, atau cocopeat. Jika hendak memakai tanah, usahakan tanahnya berupa tanah yang gembur dan subur, yang telah diberi adonan pupuk sangkar (1:1).

  4. Lubangi media tanam di wadah penyemaian dengan ujung jari. Kedalamannya sekitar satu ruas jari.

  5. Masukkan dua biji per lubang. Maksud dari dua biji ini adalah, jikalau satu biji mati, satu bijinya yang lain dapat menggantikannya untuk tumbuh. Untuk penyemaian, dalam polybag berukuran 15 cm dapat dibentuk menjadi lima lubang.

  6. Kubur lubang yang sudah diberi biji dengan cara menutupnya dengan media tanam yang berada di bibir setiap lubang. Anda tidak perlu menekan-nekannya.

  7. Siram memakai sprayer (semprotan air) dengan lembut setiap pagi dan sore.

  8. Simpan di kawasan yang tidak terkena sinar matahari langsung.

  9. Jauhkan dari gangguan hewan, menyerupai ayam atau burung.

  10. Tunggu sekitar dua ahad hingga pakcoy tumbuh dan berdaun dua.


Tahap Pemindahan Media Tanam


 atau wadah lain selain tanah yaitu metode berkebun yang tak jarang dijumpai pada urban g Cara Menanam Pakcoy di Polybag atau Pot


Jika benih pakcoy telah tumbuh menjadi pakcoy muda (seedling pakcoy), ciri khasnya berdaun dua (atau kira-kira berumur sekitar dua minggu) pakcoy dapat dipindahkan ke pot yang lebih besar untuk dapat ditanam secara mandiri. Siapkan pot atau polybag dengan minimal ukuran 15 cm. Gunakan media tanam berupa adonan tanah dan pupuk sangkar (1:1) atau dapat juga memakai sekam bakar.



  1. Isi pot atau polybag dengan media tanam. Jangan terlalu penuh, jangan juga terlalu dangkal.

  2. Lubangi media tanam sempurna di tengah-tengah pot. Ukuran lubang diadaptasi dengan ukuran gundukan akar pakcoy.

  3. Tanam pakcoy sesegera mungkin sehabis dicabut. Hati-hati ketika mencabutnya, jangan hingga akarnya patah. Gunakan sendok atau sekop untuk mempermudah proses pencabutan.

  4. Tepuk-tepuk cuilan media tanam sekitar akar pakcoy yang sudah dikubur. Jangan terlalu keras. Fungsinya, semoga pakcoy tidak miring ketika disiram air.

  5. Siram pakcoy memakai semprotan air setiap pagi dan sore hari.

  6. Selama seminggu pertama, jauhkan dari sinar matahari langsung. Simpanlah di kawasan teduh.

  7. Setelah seminggu, pot atau polybag pakcoy dapat dipindahkan pada kawasan yang terkena sinar matahari sepanjang hari.

  8. Hati-hati dengan sinar matahari langsung. Daun pakcoy dapat terbakar alasannya sinar matahari yang terlalu panas.

  9. Berilah pupuk secara berkala. Pupuk organik atau pupuk sangkar yaitu pilihan yang terbaik


Pakcoy dapat dipanen sekitar 30 hingga 45 hari sehabis ditanam di pot atau polybag mandirinya. Pemanenan dapat dilakukan dengan mencabutnya pribadi dari tanah atau dengan memotong batang pakcoynya.


Anda dapat melihat koleksi benih pakcoy secara lengkap disini. Selain itu, kami juga menyediakan aneka benih sayuran lainnya, silahkan klik disini.


 



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Pakcoy Di Polybag Atau Pot"

Posting Komentar