Cara Menanam Bunga Lotus Dari Biji Dan Cara Merawatnya

Tanaman lotus atau dikenal juga dengan seroja (Nelumbo nucifera) yaitu salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh di air. Tanaman ini berasal dari India dan menyebar ke hampir seluruh dunia. Banyak orang yang yang menganggap lotus dan teratai yaitu flora yang sama padahal dari sistem taksonominya pun kedua flora ini berbeda, lotus dari genus Nelumbo sedangkan teratai dari genus Nymphea. Perbedaan lain dari kedua flora ini bisa dilihat dari bentuknya. Daun dan bunga lotus mempunyai tangkai yang panjang dan berada di atas air, sedangkan batang teratai terdapat di dalam air dan daunnya mengapung di atas air.


 Tanaman ini berasal dari India dan menyebar ke hampir seluruh dunia Cara Menanam Bunga Lotus dari Biji dan Cara Merawatnya


Lotus banyak diincar para kolektor dan pecinta flora hias alasannya yaitu mempunyai warna yang indah. Tanaman ini juga dekat dengan ritual keagamaan Hindu dan Buddha. Selain itu, lotus juga sanggup dimanfaatkan sebagai obat untuk beberapa penyakit menyerupai diabetes, demam, flu, diare dan bisa menjadi perhiasan untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal inilah yang menciptakan banyak orang tertarik untuk menanam dan membudidayakan flora lotus. Artikel referensi lain perihal manfaat lotus sanggup Anda temukan disini.


Cara Menanam Bunga Lotus


Menanam lotus bukanlah hal yang sulit. Kami tolong-menolong sudah pernah menulis perihal cara semai biji lotus untuk ditanam, namun pada artikel ini akan kami jabarkan versi lainnya. Lotus hanya butuh dua bulan dari penyemaian bibit hingga tumbuh dan berbunga. Salah satu cara menanam lotus yaitu dengan memakai biji lotus. Berikut yaitu cara menanam bunga lotus dari biji yang bisa Anda ikuti:


1. Siapkan biji lotus.

2. Iris sedikit kulit gelap dari biji lotus hingga terlihat bab dalamnya yang berwarna putih, hati-hati ketika mengiris biji lotus jangan hingga bab embrionya rusak terkena pisau.

3. Rendam biji yang sudah diiris ke dalam daerah berisi air. Ganti air di daerah tersebut setiap 2x sehari pada pagi dan sore hari.

4. Letakkan daerah tersebut di pinggir jendela supaya terkena sinar matahari, tapi jangan diletakkan di daerah yang terlalu terik. Benih biasanya mulai tumbuh sekitar 4 hari.

5. Setelah kira-kira 2 ahad akan muncul akar dan beberapa daun. Pada ketika ini benih lotus siap dipindahkan ke media berupa tanah yang direndam dengan sedikit air.

6. Saat dipindah ke media tanah, tanam lotus secara perlahan kemudian rendam tanah tersebut dengan sedikit air hingga batas daun, jangan hingga daun pada benih lotus terendam air.

7. Anda sanggup memberi pupuk sekitar 2 ahad sesudah benih lotus dipindah ke media tanah+air di atas.


 Tanaman ini berasal dari India dan menyebar ke hampir seluruh dunia Cara Menanam Bunga Lotus dari Biji dan Cara Merawatnya


Hal paling penting yang harus dilakukan pada ketika membudidayakan flora lotus yaitu merawat flora ini sebaik mungkin supaya flora sanggup tumbuh dan berbunga sesuai dengan yang kita inginkan.


Cara Merawat Bunga Lotus yang Baik & Benar


Lalu, bagaimana cara merawat flora lotus yang baik? Mari kita simak cara merawat flora lotus di bawah ini:


1. Letakkan flora lotus di daerah yang terkena sinar matahari eksklusif bukan di dalam ruangan atau daerah yang mempunyai atap. Lotus akan tumbuh dengan baik kalau mendapat sinar matahari langsung.

2. Letakkan flora di daerah yang jarang terkena angin supaya tangkai lotus tidak gampang patah alasannya yaitu tertiup angin.

3. Semprot lotus dengan pestisida setidaknya 2 ahad sekali supaya terhindar dari penyakit kutu daun yang kerap menyerang lotus ketika isu terkini hujan.

4. Berikan pupuk cair secara terencana sekitar 2 bulan sekali supaya flora mendapat cukup nutrisi dan zat hara.

5. Sesekali Anda harus memangkas daun lotus yang kering dan layu supaya lotus tetap terlihat cantik.

6. Untuk mencegah supaya air yang ditanami lotus tidak menjadi sarang nyamuk, isi bak dengan ikan yang sanggup memakan jentik-jentik nyamuk.


Bahkan kalau Anda ingin merawat lotus kesayangan dengan cara yang lebih rumit, berikut yaitu salah satu gambar ilustrasi yang mumpuni:


 Tanaman ini berasal dari India dan menyebar ke hampir seluruh dunia Cara Menanam Bunga Lotus dari Biji dan Cara Merawatnya


Itulah cara menanam lotus dan merawatnya. Kunci utama keberhasilan dalam merawat flora hias yaitu kesabaran dan ketelatenan. Jika kita bisa sabar dan telaten dalam merawat flora lotus kesudahannya pun akan menunjukkan kepuasan tersendiri. Selamat mencoba, semoga berhasil.


Kami menjual aneka bibit flora bunga lotus, kalau berminat silahkan klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Bunga Lotus Dari Biji Dan Cara Merawatnya"

Posting Komentar