Cara Menanam Bunga Geranium Dari Biji

 ternyata sanggup dengan gampang dihasilkan dari biji Cara Menanam Bunga Geranium dari Biji
Bunga geranium yang begitu indah (banyak warna) ternyata sanggup dengan gampang dihasilkan dari biji, asal tahu caranya.

Pada zaman dahulu, geranium tidak biasanya ditumbuhkan dari biji, melainkan melalui cara propagasi dengan stek batang. Namun seiring berjalannya waktu, benih geranium atau geranium seeds telah banyak diperdagangkan dan menjadi pilihan yang gampang dan murah bagi para pembudidaya tanaman hias untuk menumbuhkannya dari biji.


 ternyata sanggup dengan gampang dihasilkan dari biji Cara Menanam Bunga Geranium dari Biji


Penulis telah menanam geranium dari biji dan sangat menikmati tumbuhan yang sehat dan bunga yang menawan, terutama tersedia dalam aneka macam warna. Ada banyak perusahaan benih yang mengatakan benih geranium hasil persilangan (hybrid), misalnya Mr. Fothergills atau Thompson & Morgan. Kami mengatakan benih geranium, silahkan dipilih warna atau varietas geranium yang Anda inginkan.


Bagaimana Cara Menanam Biji Geranium


Geranium tumbuhnya lamban kalau dari biji, jadi pastikan menanam mereka lebih awal kalau menginginkan hasil yang lebih cepat. Tanaman geranium biasanya berbunga sekitar 12 hingga 16 ahad sehabis penyemaian biji.


Biji geranium mempunyai lapisan luar yang keras, sehingga untuk menghasilkan peluang kecambah (germination rate) yang baik, akan sangat membantu kalau melembabkannya terlebih dahulu sebelum disemai.


 ternyata sanggup dengan gampang dihasilkan dari biji Cara Menanam Bunga Geranium dari Biji
Benih geranium yang telah berkecambah.

Berikut cara menanam biji geranium yang telah Anda beli:



  1. Ambil tisu toilet atau paper towel selembar, basahkan dengan air tapi tidak terlalu lembap (indikasi paling tepat: air tidak menetes-netes, kalau menetes berarti terlalu basah, usahakan setengah lembap dari lembap maksimalnya).

  2. Lipat tisu yang telah dibasahi itu, masukkan dalam sebuah plastik cetik.

  3. Letakkan biji geranium dalam tisu yang lembap tersebut (lipatan dalam, sehingga biji geranium terbungkus atas bawah semuanya tertutup tisu basah).

  4. Tutup kembali dengan merapatkan klip dari plastik cetik yang telah dibuka semoga kelembaban senantiasa terjaga.

  5. Tunggu hingga bijinya agak berkecambah, biasanya 24 jam, ada juga yang 3-5 hari, bahkan seminggu, tergantung seberapa lembab tisu yang Anda gunakan.

  6. Setelah biji sudah agak berkecambah, kita akan memulai menanamnya di pot.

  7. Untuk menghindari serangan jamur, sebaiknya pastikan wadah tanam Anda higienis dan juga mempunyai lubang di dasar wadah semoga drainase bagus.

  8. Pindahkan media tanam yang telah disiapkan ke wadah yang besar kemudian basahkan dengan air, basahkan cukup hingga terlihat menyerupai sponge yang basah, tapi tidak hingga terlalu basah.

  9. Biarkan dalam 1 hingga 2 jam semoga air meresap dengan baik pada media tanam.

  10. Siapkan pot-pot tanaman yang ingin digunakan, isi masing-masing pot dengan media tanam yang telah dilembabkan tadi, isi hingga hampir full, kira-kira menyisakan 1 inci dari batas penggalan pot paling atas.

  11. Ambil benih yang mulai berkecambah tersebut kemudian semai 2 hingga 3 biji per pot. Tutup benih tadi dengan sedikit media tanam, sekitar 1/8 hingga 1/4 inci saja. Semprotkan sedikit air dengan sprayer.

  12. Label potnya dengan nama varietas benih geranium yang ditanam, kemudian masukkan dalam plastik bening dan ikat ujung plastik sehingga pot benar-benar lembab.

  13. Biji geranium tidak membutuhkan cahaya untuk sanggup berkecambah. Sebaiknya simpan pot-pot tadi di daerah dengan suhu kamar, 20-25 derajat Celsius.

  14. Ketika Anda melihat kecambah hijau mulai muncul, buka plastik untuk menyediakan sirkulasi udara yang lancar, tapi jangan pindahkan dari plastik dulu.

  15. Berikan cahaya yang cukup. Ketika sudah ada 2 (dua) daun sejati yang muncul, buang penutupnya, biarkan mereka tumbuh satu hingga dua ahad kemudian sanggup dipindahkan ke wadah pot individualnya.

  16. Jagalah semoga tanah media tanamnya tetap lembab tapi jangan terlalu basah. Menyiram dari bawah cukup ideal. Caranya ialah dengan meletakkan pot pada tray yang dangkal yang terisi dengan air (tatakan) dan keluarkan segera dikala permukaan media tanam sudah terlihat lembab.


Kami menjual aneka bibit tumbuhan bunga geranium, silahkan klik disini untuk melihatnya. Tersedia pula dalam bentuk bibit yang sudah tumbuh disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Bunga Geranium Dari Biji"

Posting Komentar